Kabarnya Raja Arab Kalah Kaya dengan Raja Thailand, Begini Faktanya

3 menit
terkaya di dunia
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn didamping Ratu Suthida. (Shutterstock)

Maha Vajiralongkorn kini telah menjadi raja baru Thailand. Ia menggantikan ayahnya Bhumibol Adulyadej yang wafat pada tahun 2016. Kabarnya nih Raja Thailand yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu raja terkaya di dunia.

Kurang kaya apa coba? Penobatannya aja menghabiskan biaya yang gak sedikit. Berbagai media menyebut sekitar 1 miliar baht atau sekitar Rp 448 miliar digelontorkan buat acara penobatan Maha Vajiralongkorn yang berlangsung dari 4 – 5 Mei 2019.

Itu baru pestanya, belum mahkota yang melekat di kepalanya. Dari laporan yang disiarkan CNN, mahkota yang dikenakan Maha Vajiralongkorn dibuat sepenuhnya dari emas dengan berat 7,3 kg.

Kalau harga 1 kg emas Antam sekitar Rp 614 juta, itu berarti nilai mahkotanya sekitar Rp 4,4 miliar. Nilai yang benar-benar fantastis!

Nah, pertanyaannya sekarang, adakah raja-raja terkaya di dunia lainnya selain Raja Thailand? Siapakah yang paling kaya? Dikutip dari Business Insider, berikut ini adalah raja-raja terkaya di dunia.

Baca juga: Penobatan Raja Thailand Mewah Banget! Sampai Pakai Mahkota 7,3 Kg

1. Maha Vajiralongkorn, masih yang terkaya di dunia

terkaya di dunia
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. (Shutterstock)

Dengan kekayaan yang mencapai US$ 30 miliar, Maha Vajiralongkorn diposisikan sebagai raja terkaya di dunia. Nilai kekayaannya tersebut setara dengan Rp 429 triliun.

Orang terkaya di Thailand nomor satu, yaitu Dhanin Chearavanont, masih kalah besar dengan kekayaan Maha Vajiralongkorn. Nilai kekayaan Dhanin Chearavanont seperti yang dilaporkan Forbes sekitar US$ 16,2 miliar atau Rp 231 triliun.

Sebenarnya, hal yang wajar kalau Maha Vajiralongkorn punya kekayaan segitu besarnya. Sebab apa yang diperolehnya merupakan warisan dari ayahnya Bhumibol Adulyadej.

Baca juga: Jadi Rumah Terbesar di Dunia, Ini Lho Isinya Rumah Sultan Brunei

2. Hassanal Bolkiah

terkaya di dunia
Sultan Brunei Hassanal Bolkiah. (Shutterstock)

Negaranya aja masuk daftar negara terkaya di dunia. Pastilah rajanya juga ikutan kaya. Situasi inilah yang tergambar pada Hassanal Bolkiah yang merupakan Sultan Brunei Darussalam.

Kekayaannya dilaporkan mencapai US$ 20 miliar atau sekitar Rp 285 triliun. Malahan di istananya yang kabarnya paling megah di dunia, Hassanal Bolkiah mengoleksi lebih dari 600 Rolls-Royce.

Seluruh kekayaan tersebut bisa diperolehnya karena status Brunei sebagai negara sumber minyak dan gas. Sejak penemuan minyak tahun 1930-an, Brunei yang tadinya negara miskin menjelma menjadi negara kaya.

Baca juga: Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Ini Lho 4 Harta sultan Hamengkubuwono 

3. Salman bin Abdulaziz al-Saud

terkaya di dunia
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud. (Hareetz)

Minim sekali informasi mengenai kekayaan Raja Arab Saudi. Namun, informasi pada 2016 menyebut kekayaan Salman bin Abdulaziz al-Saud sekitar US$ 17 miliar atau Rp 243 triliun.

Arab Saudi yang kaya dengan cadangan minyaknya sangat memungkinkan Raja dan keluarga kerajaan memiliki harta yang melimpah. Berkat Saudi Aramco, perusahaan minyak milik Arab Saudi yang berdiri tahun 1933, Arab Saudi menjelma menjadi negeri yang kaya raya.

Kabarnya nih Saudi Aramco bakal dicatatkan di bursa saham. Nilai perusahaan ini ditaksir mencapai US$ 1 triliun atau sekitar Rp 14.231 triliun. Jauh lebih mahal daripada Apple.

4. Khalifa bin Zayed Al Nahyan

terkaya di dunia
Khalifa bin Zayed al Nahyan (kanan). (Shutterstock)

Raja terkaya di dunia berikutnya berasal dari Uni Emirat Arab, yaitu Khalifa bin Zayed Al Nahyan. Presiden UEA ini dilaporkan memiliki kekayaan sekitar US$ 15 miliar atau setara Rp 214 triliun.

Sama seperti Arab Saudi, negara Timur Tengah ini berubah jadi negara kaya sejak ditemukannya cadangan minyak pada tahun 1966. Mulai sejak itulah perlahan-lahan negara ini berbenah dan sekarang memiliki kota metropolitan seperti Dubai.

5. Mohammed VI

terkaya di dunia
Raja Maroko, Mohammed VI. (Shuttersstock)

Ada juga nama Raja Morocco yang tercatat sebagai raja terkaya di dunia. Raja yang diketahui bernama Mohammed VI ini memiliki kekayaan senilai US$ 5,7 miliar atau Rp 81 triliun.

Informasinya nih kekayaan yang diperoleh Raja Morocco ini berasal dari Perusahaan Investasi Nasional Maroko yang dimiliki keluarganya.

Perusahaan tersebut diketahui menanamkan modal investasinya di negara-negara Afrika yang kegiatan bisnisnya mencakup perbankan, telekomunikasi, dan energi terbarukan.

Nah, itu tadi lima raja terkaya di dunia dengan nilai kekayaan mulai dari puluhan triliun hingga ratusan triliun rupiah. Gak disangka ya, ternyata peringkat nomor satu didapat Raja Thailand. Benar-benar luar biasa deh Raja Thailand itu. (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!