Jadi Raja Terkaya Sejagat, Daftar Harta Raja Thailand Ini Bikin Silau

3 menit
raja thailand
King Maha Vajilalongkorn (dhakatribune.com)

Titel raja terkaya di dunia gak lagi disandang oleh Raja Arab Saudi dan Sultan Brunei. Mereka semua “dikudeta” oleh Raja Thailand, Maha Vajilalongkorn, setelah menerima warisan dari sang ayah yang udah mangkat pada 16 Juni 2018.

Aset-aset yang dimiliki Raja Thailand cukup beragam, mulai dari properti hingga investasi. Semuanya diatur oleh Crown Property Bureau (CPB). Sayangnya lembaga ini kurang transparan, jadi kita gak tahu persis berapa kekayaannya.

Tapi sebagai gambaran, total kekayaan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah aja udah Rp 287 triliun, sementara itu Raja Salman dari Arab Saudi di angka Rp 244 triliun.

Kebayang gak seberapa kayanya Raja Vajilalongkorn ini?

Penasaran sama aset-aset kekayaan apa aja yang kiranya diwariskan oleh mendiang Raja Bhumibol? Yuk kita intip di bawah ini.

1. Total warisan yang diterima Raja Vajilalongkorn berjumlah Rp 431 triliun?

raja thailand
Raja Maha Vajiralongkorn (Kompas)

Total aset kekayaan yang dimiliki mendiang Raja Bhumibol emang gak pernah diumbar ke publik, namun Forbes mengestimasikan bahwa jumlah itu mencapai US$ 30 miliar alias Rp 431 triliun!

Bayangin aja kalau jumlah aset sebesar ini masuk ke kantong Raja Thailand sekarang. Gak heran kan kalau dia jadi raja terkaya di dunia.

Selain analisa Forbes, situs berita Telegraph bahkan memberitakan bahwa ada prediksi analis lain yang menyebutkan kalau total kekayaan Vajilalongkron sampai US$ 60 miliar atau Rp 862 triliun.

Makin besar aja yah. Tapi di antara dua media itu sepertinya Forbes lebih andal deh soal menghitung kekayaan seseorang.

2. Raja Thailand pemilik berlian 545 karat

raja thailand
Berlian mahal milik sang raja (Pinterest)

Saat Bhumibol genap memimpin Thailand selama 50 tahun, dia menerima hadiah berupa The Golden Jubilee Diamond. Berlian ini diambil dari tambang di De Beers, Afrika Selatan, tahun 1985. Golden Jubilee memiliki bobot 755 karat dan setelah diasah menjadi 545,6 karat.

Berlian ini berwarna champaigne dan terlihat eksotis.

Pemilik pertama berlian ini adalah seorang pengusaha Thailand bernama Henry Ho. Setelah itu, berlian ini berpindah tangan ke mendiang mantan Pemimpin Gereja Katolik Paus Yohanes Paulus II, lalu ke Imam Besar Thailand, dan pada akhirnya diberikan ke Raja Rama IX Bhumibol Adulyadej.

Harga berlian ini diprediksi mencapai US$ 12 juta atau setara dengan Rp 172 miliar. Saat ini, The Golden Jubilee dipamerkan di Pimammek Golden Temple Throne Hall dalam Royal Museum Bangkok.

3. Menguasai saham perusahaan top di Thailand

raja thailand
Raja sekaligus komisaris? Mantap banget (Pixabay)

Selain jadi kepala negara, Raja Thailand juga jadi komisaris bagi perusahaan-perusahaan top di negaranya lho.

Bayangin aja, di Siam Cement Group PCL dia menguasai nyaris US$ 150 juta atau setara Rp 2,1 triliun saham perusahaan tersebut. Sementara itu dia juga dikabarkan memiliki saham lebih dari US$ 500 juta atau Rp 7,1 triliun di Siam Commercial Bank.

4. Properti seluas puluhan ribu hektare

raja thailand
Bangkok (Pixabay)

Gak di Indonesia, Thailand, atau negara manapun di dunia ini, properti adalah aset termahal yang pasti dimiliki orang kaya. Forbes juga melaporkan kalau aset properti Bhumibol yang diwariskan ke putranya gak sedikit.

Kabarnya, sang Raja Thailand memiliki 3.320 hektare tanah di pusat Bangkok dan 13.200 hektare di seluruh negeri Gajah Putih ini.

Kabarnya sih, cuma tujuh persen lahan yang disewa buat kepentingan komersial. Itu pun menghasilkan pendapatan US$ 80 juta pada tahun 2010.

Seperti itulah kira-kira harta warisan yang diterima Raja Vajilalongkorn dari mendiang ayahnya. Jelas banget, jumlah kekayaan sebesar itu jelas ada di atas orang terkaya di dunia Jeff Bezos.

Dengan mengantongi kekayaan sebesar ini, tentunya sang Raja Thailand udah bukan cuma bebas secara finansial lagi deh.

Orang terkaya di dunia mungkin punya pesawat luar angkasa, tapi yang namanya raja ya punya negara. Kalau Raja Thailand pengin bikin satelit atau pesawat luar angkasa juga bisa kok sebetulnya. Yang penting ada modal dan tenaganya.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.