Ramayana Makin Eksis Hingga ke Kalangan Atas, Ini Strateginya

3 menit
Ramayana store dan strategi bisnisnya (Instagram/@ramayanadeptstore)
Ramayana store dan strategi bisnisnya (Instagram/@ramayanadeptstore)

Ramayana Store, kamu pasti tahu dong brand ritel fesyen satu ini? Berada di bawah naungan perusahaan Ramayana Lestari Sentosa, toko busana tersebut udah berdiri sejak tahun 1978. Cukup tua, ya?

Beragam produk pakaian, sepatu, dan lainnya yang tersedia di department store satu ini terkenal murah meriah. Menyasar kalangan menengah ke bawah, nyatanya Ramayana kini malah makin eksis hingga ke semua kalangan.

Hampir semua orang tahu swalayan satu lho! Kok bisa sih?

Meski digempur beragam toko online, bahkan store lainnya, Ramayana sampai sekarang masih menancapkan kukunya. Terbukti, Ramayana Department Store hadir di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Seperti apa sih fakta departemen store satu ini, untuk mengetahui lengkapnya yuk simak di sini:

1. Iklan YouTube yang viral

Ramayana bikin iklan YouTube yang viral (Instagram/@ramayanadeptstore)
Ramayana bikin iklan YouTube yang viral (Instagram/@ramayanadeptstore)

Ramayana berhasil menarik perhatian pengguna internet lewat iklan YouTube mereka, sekitar tahun 2016. Hadir dengan slogan #KerenHakSegalaBangsa, iklan YouTube Ramayana tersebut jadi viral.

Pasalnya, iklan tersebut menghadirkan konsep yang benar-benar baru. Stigma Ramayana yang selama ini dikenal dengan fesyennya yang gak terlalu menarik mulai berubah.

Bahkan, efek strategi iklan tersebut berimbas sangat positif. Iklan tersebut jadi salah satu iklan terbaik di YouTube.

Awalnya ditonton oleh 4 juta orang, iklan yang lainnya yang bertajuk #KerenLahirBatin delapan bulan lalu ditonton 16 juta orang.

Baca juga: 5 Trik Aman Belanja Online yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Kena Tipu!

2. Endorse artis yang tepat

Ramayana endorse artis tepat salah satunya Nagita Slavina istri Raffi Ahmad (Instagram/@ramayanadeptstore)
Ramayana endorse artis tepat salah satunya Nagita Slavina istri Raffi Ahmad (Instagram/@ramayanadeptstore)

Sepertinya pihak Ramayana Store tahu segmen pasar mereka. Mereka pun gak asal memilih artis. Artis-artis yang terpilih buat meng-endorse Ramayana disesuaikan dengan karakter pasar Ramayana.

Dimulai dari Aliando Syarief yang jadi brand ambassador mereka. Kemudian, Ramayana juga bekerja sama dengan artis ternama Raffi Ahmad.

Selain menjadi ambassador, Ramayana juga menempatkan produk RA Jeans milik suami Nagita Slavina itu. Selanjutnya, Ramayana juga bekerja sama dengan Ayu Ting Ting.

Gak sampai di situ aja, Ramayana Store juga cukup jeli buat meminta endorsement dari selebriti YouTube dan Instagram.

Salah satu yang cukup banyak dilihat adalah tayangan YouTube Arief Muhammad dengan total 22 juta views. Video tersebut hadir dengan judul “Beti Pergi ke Mall”.

Baca juga: 7 Putri Kerajaan di Eropa Ini Gemar Belanja Baju, Meghan Markle Paling Mahal 

3. Bekerja sama dengan e-commerce

Ramayana kerja sama dengan ecommerce salah satunya Lazada (Instagram/@ramayanadeptstore)
Ramayana kerja sama dengan ecommerce salah satunya Lazada (Instagram/@ramayanadeptstore)

Meski pihak Ramayana Store tampak berfokus pada ritel offline, bukan berarti mereka anti-belanja online. Terbukti, Ramayana menghadirkan situs belanja online mereka.

Selain bikin website sendiri, Ramayana turut bekerja sama dengan e-commerce. Jadi, mereka bukan menjadikan e-commerce sebagai kompetitor tetapi sebagai rekan.

Mulai dari Shopee hingga Tokopedia, Ramayana menempatkan lapak official store mereka di e-commerce tersebut.

4. Perbaiki toko offline dengan hiburan

Ramayana perbaiki toko offline dengan hiburan (Instagram/@ramayanadeptstore)
Ramayana perbaiki toko offline dengan hiburan (Instagram/@ramayanadeptstore)

Bila pernah menyambangi Ramayana Store, maka kamu udah gak asing lagi dengan strategi promosi offline mereka.

Sering menghadirkan hiburan berupa pentas musik termasuk musik dangdut, Ramayana tampil stand-out dibandingkan ritel lain.

Bahkan, riuh ritel Ramayana dengan pentas musik dan cukup sering menggunakan toa jadi ciri khas ritel tersebut.

Gak cuma itu aja, pihak Ramayana berfokus buat memperbaiki tampilan toko offline mereka. Dengan begitu, pengunjung semakin nyaman berada di sana.

5. Diskon besar-besaran

Ramayana melakukan diskon besar-besaran (Instagram/@ramayanadeptstore)
Ramayana melakukan diskon besar-besaran (Instagram/@ramayanadeptstore)

Yang pasti, ingat Ramayana pasti bakal terbersit soal diskon gede-gedeannya. Gak jarang ritel tersebut menyediakan diskon hingga 70 persen! Emang benar murah pula dengan kualitas yang gak bisa diremehkan.

Strategi seperti inilah yang akhirnya bikin Ramayana bisa masuk ke semua kalangan. Memadukan promosi offline yang unik dengan promosi online yang cerdas, gak heran kalau Ramayana kini semakin eksis.

Nah, itu dia fakta menarik tentang bisnis departemen store Ramayana yang membidik kalangan bawah dan hingga saat ini masih eksis dengan beragam inovasi pemasaran produknya.

Kalau kamu termasuk salah satu konsumen Ramayana, perkembangan cara pemasaran produk departemen store satu ini memang tepat dan membidik pasar yang pas. (Editor: Chaerunnisa)

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.