Pengin Uang Tambahan, Ini Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Kerjakan di Rumah

4 menit
Desain grafis salah satu kerja sampingan yang bisa dilakukan dari rumah (Shuttertsock).

Banyak orang yang masih belum puas dengan pendapatan yang ia dapatkan dari pekerjaan tetap. Demi menambah pundi-pundinya mereka rela menambah beban kerjanya dengan kerja sampingan di rumah.

Kerja sampingan di rumah mungkin terlihat sepele dan mudah dilakukan. Tapi lagi-lagi semua itu harus disesuaikan dengan waktu pekerjaan utamamu. Kan gak mungkin juga kamu sampingan di sela-sela kantor. Yang ada nanti malah ditegur atau lebih parahnya lagi bisa dipecat.

Harapannya dengan kerja sampingan, kamu bisa mengimbangi beban pengeluaran yang mungkin gak cukup kalau cuman ditanggung dengan gaji kerja utama. Kalau kamu pintar menjalankannya, siapa tahu kerja sampinganmu justru bisa menjadi sumber pundi-pundi utama.

Kerja sampingan juga cocok banget nih buat kamu-kamu yang memiliki banyak waktu luang diluar jam kerja. Demi mengisi kekosongan itu ada baiknya kalau kamu mengambil kerja sampingan di rumah.

Kamu bisa mengerjakannya sebelum berangkat kerja, atau malam hari sehabis pulang kerja dan sebelum tidur. Buat kamu yang pengin mencoba, ini kita kasih beberapa rekomendasi kerja sampingan di rumah yang bisa dilakukan. 

Baca juga: Gak Usah Takut Apalagi Ragu, Begini Tips Membeli Saham Bagi Wanita Pemula

1. Freelance writer

Freelance writer (Shutterstock).

Ini cocok banget deh buat kamu yang memiliki kesenangan dalam membuat tulisan. Bagi dia yang hobi nulis tentu menulis bukanlah hal yang sulit lagi, bisa dikerjakan dalam hitungan jam bahkan menit. Kamu bisa melakukannya dengan mudah di rumah bermodalkan internet dan laptop.

Kamu bisa menjadi kontributor untuk media dalam negeri atau media asing. Setiap artikel yang naik kamu akan mendapatkan bayaran tergantung kebijakan dari perusahaan tersebut.

Untuk media riset, kamu gak perlu kok ke lapangan, bisa juga melalui internet dengan mengambil dari sumber-sumber yang terpercaya.

2. Jualan kue

Jualan kue (Shutterstock).

Nah bisnis kue rumahan sekarang juga tengah menjamur di Indonesia. Kamu gak perlu buka toko fisik untuk memperdagangkannya, cukup tawarkan saja melalui media sosial. Pengirimannya pun mudah, bisa menggunakan jasa ojek online yang praktis dan murah.

Pekerjaan ini bisa kamu kerjakan sepulang bekerja atau bahkan pagi hari sebelum kerja. Semuanya bisa kamu lakukan di rumah, mulai dari membuat adonan, hingga memanggang menjadi sebuah kue.

Kamu hanya tinggal perlu membeli bahan-bahannya pada saat weekend di toko atau supermarket terdekat. Yang terpenting, jangan sampai kerja sampinganmu ini mengganggu tanggung jawabmu di kantor. Kalau dirasa masih ada tugas yang membebani, ada baiknya kamu selesaikan dulu tugas tersebut, baru jika lowong melanjutkan kegiatan membuat kue.

Baca juga: Pengin Jadi Generasi Milenial yang Kaya Raya, Yuk Ikuti Tips Mengelola Gaji Ini

3. Buka les private

Buka les private (Shutterstock).

Les private sudah menjadi alternatif baru bagi para pelajar untuk meraih kesuksesan di bidang akademik. Biasanya les private bakalan ramai saat-saat mau ujian sekolah ataupun ujian masuk ke sekolah dengan jenjang lebih tinggi.

Biasanya, les private yang paling marak adalah untuk mata pelajaran, matematika dan bahasa asing. Bagaimanapun juga, banyak dari siswa yang kurang puas dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah.

Untuk mengatasi kesulitan tersebut les private menjadi salah satu pilihan terbaiknya. Karena rata-rata materinya juga mengulang dari materi yang diberikan di sekolah.

Nah kalau kamu hobi banget mengajar dan merasa ahli dalam beberapa bidang pendidikan, gak ada salahnya membuka les private. Dimulai dari skala kecil saja dulu, menawarkan diri tetangga atau kerabat yang memiliki anak yang masih duduk di bangku sekolah untuk belajar bersama di rumahmu.

Kamu bisa mengajar saat pulang kerja atau sekitar pukul 19.00 sampai 21.00. Biayanya pun bisa kamu tentukan sendiri. Kalau muridmu banyak kan lumayan banget buat tambahin pendapatan bulananmu.

Yang lebih hebatnya lagi, kalau nama kamu sudah dikenal dan memiliki banyak murid, kamu bisa memanfaatkannya menjadi peluang bisnis dengan membuka lembaga pengajaran yang lebih besar lagi.

4. Jasa translator

Jasa translator (Shutterstock).

Kamu mahir bahasa asing, seperti Inggris, Jepang, Cina, Jerman, atau Prancis? Selain bisa membuka jasa les private, kamu juga bisa lho membuka jasa translator.

Kamu hanya meminta klien untuk mengirimkan file yang ingin di terjemahkan ke bahasa Indonesia melalui email, lalu kamu bisa mengerjakannya di rumah saat waktu senggang.

Selain mendapatkan keuntungan berupa uang, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain dari mengambil kerja sampingan ini. Salah satunya adalah, meningkatkan dan tetap menjaga kemampuan bahasa asingmu. Coba kalau jarang digunakan, lama-lama kamu bakal kehilangan perbendaharaan katamu dan bahkan jadi lupa sama sekali.

Baca juga: 5 Industri dengan Gaji Terbesar di Indonesia, Kamu Berminat yang Mana?

5. Desain grafis

Desain grafis (Shutterstock).

Kerja sampingan yang satu ini cocok banget buat kamu yang memang berkecimpung di industri kreatif. Apalagi kalau pekerjaan utama kamu juga sebagai desain grafis. Jadi bukan hal sulit lagi buat kamu yang memang udah jago mendesain.

Biar bisa semakin menarik klien, kamu bisa memajangkan karya-karya kamu di akun media sosialmu seperti Instagram. Dijamin deh kalau karyamu bagus pasti banyak yang mau minta bantuan kamu. Kerja sampingan ini bisa kamu kerjakan sendiri dari rumah dengan bermodalkan laptop tentunya.

Itu tadi 5 kerja sampingan di rumah yang bisa kamu jadikan rekomendasi. Lumayan kan buat menambah pundi-pundi bulananmu. Tapi perlu diingat, jangan karena keasikan kerja sampingan, kamu jadi melalaikan pekerjaan utamamu. Kerja sampingan itu hanya dikerjakan ketika tugas dan tanggung jawab kantoranmu sudah terpenuhi atau saat kamu memiliki banyak waktu luang. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan