Buat Warga Jakarta, Ini 6 Rekomendasi Wisata Pantai Termurah

4 menit

Bagi banyak orang termasuk warga Jakarta, wisata pantai ke Bali atau Raja Ampat mungkin jadi salah satu impian yang didamba-dambakan.

Banyak orang menganggap liburan ke pantai-pantai tersebut adalah hal yang prestise. Tapi, ada satu kendalanya: mahal.

Tapi jangan dulu kecewa dan sedih ya. Buat warga Jakarta, selain Bali dan Raja Ampat, banyak kok pantai indah yang bisa didatangi dengan bujet minim yang tak kalah menarik. Berikut di antaranya:

1. Ancol

Wisata pantai
Pantai Ancol merupakan satu dari sekian banyak pantai yang berbujet murah (iradio)

Tempat wisata satu ini udah jadi ikon pantai di Jakarta. Pantai ini sangat terkenal, sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Buat warga Jakarta, kamu gak perlu ngeluarin ongkos tinggi buat sampai ke Pantai Ancol. Selain bisa menggunakan kendaraan sendiri, juga banyak transportasi umum yang melewati Ancol.

Pantai Ancol
Alamat: Jalan Pasir Putih No. 1. Jakarta Utara – DKI Jakarta
Tiket masuk: Rp 25.000
Transportasi umum: Rp 30.000 (PP)

2. Kepulauan Seribu

wisata pantai
Pulau Bira, Kepulauan Seribu (kitanesia)

Salah satu wisata pantai termurah yang biasa dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara adalah Kepulauan Seribu. Ada banyak pulau indah di tempat wisata ini yang bisa dikunjungi untuk liburan.

Sebagai contoh, pulau yang sering dijadiin tempat berwisata di Kepulauan Seribu adalah Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Bira, dan Pulau Pari.

Akses untuk menuju Kepulauan Seribu ini juga tergolong mudah. Ada beberapa transportasi yang bisa mengantarkan wisatawan ke sejumlah pulau ke Kepulauan Seribu. Kamu bisa naik kapal tradisional, kapal PELNI, kapal feri, sampai speedboat.

Di tempat wisata ini juga kamu bisa menyelam, snorkeling, melihat indahnya terumbu karang, dan menikmati wisata pantai lainnya.

Kepulauan Seribu
Alamat: Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta
Transportasi umum: Rp 60.000-Rp 250.000 (PP)
Penginapan: mulai Rp 150.000 per malam

3. Pantai Sawarna

wisata pantai
Pantai Sawarna (youtube)

Bicara tempat wisata dengan bujet murah tapi indah, tentu gak boleh melewatkan Pantai Sawarna. Pantai satu ini pernah dijuluki sebagai “The Hidden Paradise in Banten”.

Pantai ini juga sudah menjadi favorit wisata bagi warga Jabodetabek, Bandung, dan sekitarnya. Gak jarang pula wisatawan mancanegara yang menikmati indahnya pantai ini.

Hanya saja, fasilitas di pantai ini gak selengkap pantai-pantai lain seperti di Raja Ampat, Bali, Lombok, dan daerah lainnya. Layanan kesehatan, ATM, tempat ibadah, dan POM bensin masih jarang di area wisata ini.

Meski begitu, kamu tetap bisa menikmati pantai ini. Karena untuk bisa liburan ke Pantai Sawarna, bujet yang dikeluarkan relatif terjangkau. Untuk menghemat bujet tersebut, sebaiknya kamu ajak beberapa orang teman untuk memilih paket liburan ke sini.

Pantai Sawarna
Alamat: Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.
Tiket masuk: Rp 5.000
Transportasi umum: Rp 120.000 (PP)
Penginapan: mulai Rp 150.000 per malam

[Baca: Gak Mahal, Ini 10 Tempat Wisata di Bodetabek Berbujet Rp 50.000]

4. Tanjung lesung

wisata pantai
Tanjung Lesung (pegipegi)

Jalan-jalan ke Pandeglang, Banten mungkin belum lengkap kalau gak berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung. Di pantai ini kamu bakal terpukau karena kondisi lingkungan dan lautnya yang begitu indah.

Kalau kamu warga Jakarta, kamu perlu memakan waktu sekitar 180 km buat sampai di Pantai Tanjung Lesung. Kamu bisa mengeksplor liburan kamu di pantai ini dengan snorkeling dan diving. Selain itu, kamu bisa menikmati keindahan alam berupa aneka biota laut yang tampak cantik dan masih terjaga dengan baik.

Di tempat wisata ini juga, wisatawan bisa menikmati banana boat, jetski, dan permainan air lainnya.

Pantai ini juga sudah diresmikan sebagai kawasan ekonomi khusus di Provinsi Banten oleh Presiden Joko Widodo pada 2015 lho. Nah, berarti pantai ini punya nilai tersendiri kan?

Pantai Tanjung Lesung
Alamat: Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten
Tiket masuk: Rp 25.000 (hari biasa) dan Rp 40.000 (hari libur)
Transportasi umum: Rp 150.000 (PP)
Penginapan: mulai dari Rp 150.000 per malam

5. Anyer

Anyer merupakan salah satu pantai yang jadi tujuan warga Jakarta dan sekitarnya. Untuk sampai ke pantai ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 160 km. Menggunakan transportasi umum ke pantai tersebut diperlukan waktu sekitar 2,5 jam hingga 3 jam.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati di Pantai Anyer antara lain snorkeling, speedboat, jetski, banana boat, dan lainnya.

Pantai Anyer
Alamat: Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten
Tiket masuk: Rp 25.000 per orang
Transportasi umum: Rp 100.000 (PP)
Penginapan: mulai dari Rp 250.000

[Baca: 5 Cara Menghemat Uang Makan Saat Menikmati Liburan]

6. Pantai Carita

Banten memang gudangnya wisata pantai yang bisa diakses oleh warga Jakarta dan sekitarnya. Dari sekian banyak pantai yang ada di Banten, Pantai Carita adalah salah satu yang patut dikunjungi.

Menikmati Pantai Carita, kamu bakal takjub akan pesona pasir putih kecokelatan sepanjang 3 km. Selain itu, tentu saja kamu bisa merasakan diving, surfing, hingga jetski di pantai tersebut.

Kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, hanya perlu menempuh jarak sekitar 160 km untuk sampai Pantai Carita. Pantai ini terbilang gampang diakses, dan bisa dilalui kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Pantai Carita
Alamat: Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten
Tiket masuk: Rp 20.000 per orang
Transportasi umum: Rp 100.000 (PP)
Penginapan: mulai Rp 150.000

Nah itulah beberapa pantai indah yang bisa dinikmati warga Jakarta meski punya bujet pas-pasan. Meski tergolong murah, pantai-pantai di atas ini gak murahan lho.

Tapi jangan lupa ya siapin bujet secukupnya. Karena meski harga tiket masuknya tergolong murah, kamu pasti perlu ngeluarin biaya ini dan itu kalau ingin menikmati wahana-wahana air yang seru. So, udah siap wisata pantai weekend ini?

[Baca: 7 Tips Buat yang Mau Liburan Hemat tapi Tetap Berkesan]

 

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.