Pengin Buka Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil, Bisa Kok! Ini Tipsnya

4 menit
Rental mobil
Pengin Buka Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil, Bisa Kok! Ini Tipsnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bisnis rental mobil emang dari zaman ke zaman pasti sangat menggiurkan nih bagi yang melakukannya. Banyak orang berpikiran kalau bisnis rental mobil ini gede, ternyata gak juga kok.

Kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda empat emang sangat tinggi nih. Apalagi bagi yang pengin pulang ke kampung halaman atau emang sengaja digunakan sehari-hari.

Terkadang bisnis ini juga sangat membantu bagi orang-orang yang berprofesi sebagai driver online. Dengan adanya bisnis ini, orang yang bekerja sebagai driver online bakal terbantu dengan adanya bisnis ini.

Ya, mereka gak mesti beli mobil sendiri dengan biaya cicilan mobil yang terkadang bikin geleng kepala. Meskipun driver online mesti bayar sewa, setidaknya nih mereka mendapatkan penghasilan buat menutup biaya sewa mobil yang digunakan.

Seperti dikutip dari Jurnal.id, Kamis, (4/4/2019), bisnis rental mobil juga bisa kamu lakukan dengan modal kecil lho. Ya, emang selama ini bagi yang pengin membuka bisnis ini selalu mengibaratkan kalau usaha tersebut modalnya gede banget.

Jangan salah bisnis ini juga bisa kamu lakukan dengan modal kecil, asalkan? Pengin tahu apa aja tipsnya biar bisa buka bisnis ini dengan modal yang gak gede-gede banget? Yuk, kita simak di bawah ini:

Baca juga: Punya Banyak Bisnis, 5 Artis Muda Indonesia Ini Hidup Bergelimang Harta

Beli atau pilih mobil yang digemari

Rental mobil
Buka bisnis ini usahakan gunakan mobil yang banyak digemari, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat memulai bisnis rental ini, sebisa mungkin kamu pilih mobil yang banyak digemari oleh orang awam. Misalkan mulai dari MPV hingga SUV.

Mobil dengan kabin yang banyak memuat orang biasanya bakal banyak dicari nih sama penyewa mobil. Biasanya mereka menggunakan buat pulang ke kampung halaman atau acara keluarga.

Mobil-mobil seperti Avanza, Xenia, Innova, Gran Mx dan lainnya bisa dijadikan pilihan saat pengin memulai bisnis rental ini.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menentukan Lokasi Bisnis Startup

Hindari beli mobil bekas

Rental mobil
Jangan sekali-kali beli mobil bekas buat buka bisnis ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika membuka bisnis ini emang disarankan jangan pernah membeli mobil-mobil bekas. Pasalnya ketika kamu membeli mobil bekas, biaya perawatan bakal banyak banget nih.

Mobil baru bisa menjamin dan menjadi nilai tinggi bagi pelanggan saat pengin menyewa mobil di tempat mu. Beli mobil bekas pasti biaya perawatannya juga bakal lebih banyak nih.

Baca juga: 6 Strategi Bisnis Kuliner yang Paling Jitu Nih buat Pengusaha Makanan

Beli mobil dengan cara kredit

Rental mobil
Beli kredit aja pas buka bisnis rental, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat memulai bisnis ini tentunya mobil menjadi pondasi utama nih agar pundi-pundi tercipta. Nah, membeli mobil baru dianggap mahal nih harganya apalagi dengan modal gak gede-gede amat.

Kamu bisa membeli mobil secara kredit lho. Biaya cicilan bisa kamu ambil dari pendapatan uang sewa mobil dari pelanggan. Dengan begitu bakal meringankan beban cicilan mobil mu setiap bulannya.

Bikin syarat dan ketentuan buat sewa mobil

Rental mobil
Syarat dan ketentuan sangat diperlukan nih ke pelanggan saat menyewa mobil, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hal ini sangat krusial banget nih saat memulai bisnis rental mobil. Sangat diperlukan sekali nih bikin syarat dan ketentuan buat pelanggan yang pengin menyewa mobil dari usaha mu.

Kamu bisa meminta data-data pribadi agar keamanan mobil rental mu tetap terjaga. Misalkan dengan meminta KTP, SIM, dan identitas lainnya. Buat juga surat perjanjian sewa yang ditandatangani oleh pelanggan.

Dan jangan lupa pasang teknologi GPS di mobil sewaan mu. Hal ini sangat penting bagi kamu pengusaha rental.

Daftarkan mobil sewaan ke asuransi

Rental mobil
Daftarkan ke asuransi setiap armada kendaraan rental mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi sangat diperlukan nih bagi pemilik rental. Hal ini buat menghindarkan hal-hal yang gak diinginkan. Jadi ketika terjadi kerusakan mobil bakal ditanggung oleh pihak asuransi.

Jangan sampai kamu yang mesti mengeluarkan uang buat biaya perbaikan mobil sewaan. Kalau udah begitu yang ada pengeluaran mu makin besar nih.

Sebisa mungkin manfaatkan mobil sewaan agar mendapatkan pendapatan tambahan

Rental Mobil
Agar cuan bertambah sebisa mungkin manfaatkan kendaraan mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, ini nih salah satu cara uang dijamin bisa mempercayai kamu bakal mendapatkan pendapatan tambahan. Misalkan manfaatkan mobil mu bisa digunakan buat media promosi.

Gak cuma itu, kamu juga bisa manfaatkan mobil sewaan mu buat promosi jadi bakal banyak orang yang melihat bisnis rental mobil mu.

Nah, itu dia beberapa tips membuka bisnis rental mobil dengan modal kecil. Hal-hal di atas mesti kamu lakukan agar  bisnis ini bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan cuan banyak nih. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan