Rentetan Smartphone Kekinian di Sepanjang 2018, Punya Kamu yang Mana?

3 menit
Xiaomi Pocophone F1 (Shutterstock).

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun kian melaju pesat. Tak terkecuali penggunaan smartphone atau ponsel pintar. Indonesia menjadi salah satu pasar penting bagi produsen smartphone.

Pelbagai produsen mulai menjagokan produk masing-masing. Mereka bukan hanya menawarkan kualitas smartphone itu sendiri yang mampu mengalahkan merek premium, tetapi berani pasang harga rendah.

Gak ayal perang harga juga masih sering terjadi. Bermunculannya merek-merek Cina menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia yang memiliki bujet terbatas, namun tetap ingin update.

Gimana enggak, merek tersebut menawarkan produk smartphone yang gak kalah dari Apple tetapi dengan harga jauh dibawahnya. Hal ini yang membuat merek Cina laku di pasaran, bahkan mengalahkan kompetitor lain.

Dari maraknya ponsel pintar yang hadir, berikut daftar paling hype sepanjang 2018. Uniknya, ada merek yang terbilang baru masuk Indonesia mendapat sambutan positif dari masyarakat. Berikut deretan ponsel pintar beserta spesifikasinya dilansir laman Suara.com.

Baca juga: Tidak Hanya Pantai yang Indah, Banten Miliki Segudang Destinasi Wisata Lainnya

1. Realme C1

Realme C1 (Shutterstock).

Realme C1 berhasil masuk sebagai smartphone low-end yang mendapatkan antusias tinggi oleh masyarakat Indonesia. Meski merek ini masih baru dan masuk ke Indonesia di tahun 2018 juga, tapi sambutan yang diraih pun positif.

Perangkat ini mengusung layar sebesar 6,2 inci dan dilengkapi baterai sebesar 4.230 mAh. Realme C1 didukung dengan chipset Snapdragon 450 yang dipasangkan dengan RAM 2 GB serta memori internal 16 GB.

Berkat layarnya yang lebar dengan tampilan poni kekinian, popularitas smartphone ini bahkan mengalahkan Redmi 6A di kelas yang sama. Realme C1 varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dibanderol dengan harga Rp 1.499.000.

Baca juga: Rentetan Mobil Baru yang Meluncur di Sepanjang Tahun 2018, Apa Saja?

2. Xiaomi Pocophone F1

Xiaomi Pocophone F1 (Shutterstock).

Xiaomi berhasil membuat kaget dan senang para pecinta spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau. Dengan Xiaomi Pocophone F1, perusahaan asal Cina tersebut membuat senang penggemar gadget sekaligus membuat sedih produsen smartphone .

Membawa chipset terbaik Qualcomm di tahun 2018, Snapdragon 845, Xiaomi Pocophone F1 justru dibanderol dengan harga menengah. Itu menjadikan Xiaomi Pocophone F1 masuk sebagai “flagship termurah” mulai bulan Agustus 2018.

Perangkat memiliki layar sebesar 6,2 inci dengan resolusi Full HD Plus (2246 x 1080). Xiaomi Pocophone F1 memiliki kamera belakang ganda dengan konfigurasi 12 MP (f/1.9) + 5 MP (f/ 2.0). Di sektor kamera depan, smartphone sudah dibekali dengan sensor sebesar 20 MP. Ini deretan harga flagship termurah milik Xiaomi:

Xiaomi Pocophone F1 (RAM 6 GB + internal 64 GB) – Rp 4.499.999.

Xiaomi Pocophone F1 (RAM 6 GB + internal 128 GB) – Rp 4.999.000.

Xiaomi Pocophone F1(RAM 6 GB + internal 128 GB) – Rp 5.199.000.

Harga ini membuat jajaran smartphone langsung melibas smartphone lain di rentang harga yang sama. Xiaomi Pocophone mendapat hype tinggi berkat harganya yang terjangkau.

Baca juga: Sambut Tahun Babi Tanah, 6 Zodiak Ini Bakal Sukses Berkarier di 2019

3. Vivo Y91

Vivo Y91 (Youtube).

Berkat harganya yang sangat terjangkau namun dengan tampilannya yang premium, Vivo Y91 berhasil menjadi salah satu smartphone paling hype 2018. Layar berukuran 6,22 inci dengan resolusi HD Ultra All Screen pada Vivo Y91 dilengkapi dengan rasio screen-to-body sebesar 88,6 persen. Itu membuatnya semakin stylist dengan bezel super tipis yang mengelilinginya.

Beralih ke dapur pacu, Vivo Y91 menggunakan chipset Snapdragon 439 terbaru dari Qualcomm yang memiliki fabrikasi 12 nanometer. Dapur pacu pada chipset anyar ini menggunakan CPU Octa-core dengan clock speed 1,95 GHz.

Soal memori, chipset Snapdragon 439 dipadukan sempurna dengan RAM sebesar 2 GB dan internal storage berkapasitas 16 GB. Vivo Y91 dibanderol dengan harga Rp 1.999.000, yang membuat smartphone ini banyak dilirik.

Itulah tadi tiga smartphone paling hype 2018 di Indonesia. Nah kira-kira mana nih dari ketiga merek itu yang sudah kamu pakai, atau pernah kamu gunakan di sepanjang tahun ini? (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan