Banner ImageBanner Image

5 Resep Hidangan Tempe Sedap dan Murah, Mulai dari Rp 12 Ribu Aja

4 menit

Harga kedelai emang naik tapi nyatanya hal itu gak lantas membuat tempe jadi mahal. Malahan, perajinnya yang mengalami kerugian. Di masa sulit seperti ini, kita bisa bantu para perajin tempe dengan cara lebih sering membeli produk mereka. Gak usah takut bosan makan tempe karena MoneySmart punya beberapa resep masakan sederhana berbahan dasar tempe dan cukup dengan modal mulai dari Rp 12 ribu aja.

Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar justru membuat harga kedelai naik. Akan tetapi, perajin tetap menjual tempe ukuran panjang 30 cm dan 10 cm di harga Rp 5 ribu perak saja.

Salah satu perajin tempe di Jakarta bilang, dari 50 kg kedelai biasanya mereka bisa meraup untung Rp 300 ribu. Namun dengan situasi saat ini, untung yang mereka dapatkan cuma Rp 200 ribuan per 50 kg.

Gimana tanggapanmu terhadap fenomena ini? Apa gak tersentuh tuh buat membantu para perajin dengan cara ngelarisin dagangan mereka? Toh kita juga gak rugi kok beli tempe.

Asal kamu tahu, tempe merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Selain itu makanan ini juga pas sebagai alternatif protein buat mereka yang gak doyan atau gak boleh mengonsumsi daging merah.

Penasaran dengan resep masakan sederhana bujet Rp 12 ribu sampai Rp 20 ribuan dengan bahan dasar tempe? Tapi biaya resep ini bawah ini gak termasuk garam, gula, minyak, merica, dan air ya. Bahan baku itu pasti sudah ada kan di dapur kamu. Yuk simak ulasannya!

1. Tempe penyet

Harga cabai memang turun karena stoknya melimpah, nah itu berarti membuat tempe penyet gak bakal bikin kantong jebol. Penasaran dengan resep masakan sederhana ini? Siapkan bahan baku di bawah ini.

– Satu papan tempe Rp 5 ribu

– 5 buah cabai rawit Rp 2 ribu

– 5 buah cabai merah Rp 3 ribu

– 2 buah kemiri, goreng Rp 1.000

– 1 sendok teh terasi Rp 4 ribu  

– 1 mata asam jawa tanpa biji Rp 250

– garam dan gula secukupnya

Total : Rp 15.200

Cara membuat

– Haluskan semua bahan sambal, letakkan tempe di atasnya lalu ulek tempe hingga agak pipih.

– Setelah itu, sajikan langsung dengan nasi putih yang hangat

2. Tempe bakar

Gak cuma ayam atau ikan bakar saja yang enak disantap. Tempe bakar pun gak kalah enaknya. Tertarik mencoba bikin lauk yang satu ini? Siapkan bahan baku di bawah ini.

– 150 gr tempe, potong dadu, lalu goreng ½ matang Rp 5 ribu

– 3 lembar daun jeruk Rp 2.500

– 1 batang serai, geprek Rp 2.500

– 3 cm lengkuas, geprek Rp 4 ribu

– 3 sendok minyak dari sisa menggoreng tempe untuk menumis

– 8-10 batang tusukan sate Rp 2 ribu

– 3 buah cabe merah Rp 1.000

– 3 siung bawang putih Rp 1.000

– 2 butir bawang merah Rp 1.000

– 2 butir kemiri Rp 1.000

– ½ sdt merica

– 1½ cm kunyit Rp 1.000

– 1 cm jahe Rp 1.000

– ½ sendok teh terasi Rp 2 ribu

– ½ sendok teh garam

Total: Rp 24 ribu

Cara membuatnya:

– Haluskan cabe, bawang-bawang, kemiri, merica, kunyit, jahe, terasi, dan garam, sebagai bahan dasar bumbu tempe bakarnya.

– Panaskan minyak dan tumis seluruh bumbunya hingga harum. Jangan lupa tambahin lengkua dan serai juga ya.

– Masukkan tempenya aduk rata dan angkat

– Tusuk tempe dengan tusukan sate dan bakar hingga berwarna kuning kecoklatan

– Sajikan dengan nasi hangat

3. Tempe orek

Resep masakan sederhana berbasis tempe selanjutnya, apalagi kalau bukan tempe orek yang pas dicampur oleh hidangan apapun. Gak susah kok membuat masakan ini, kamu cuma butuh:

– Satu papan tempe Rp 5 ribu

– Empat siung bawang merah : Rp 1.500

– Dua siung bawang putih: Rp 800

– Tiga buah cabe rawit merah: Rp 2.500

– Tiga buah cabe merah besar: Rp 2 ribu

– Empat buah cabe hijau besar: Rp 2 ribu

– Gula dan garam

– Air (-+300 ml)

– Dua sendok makan minyak goreng

– Kecap manis (-+4sdm) Rp 5.000

Total: Rp 18.800

Cara membuatnya

– Iris tempe menyerong tipis atau kotak kecil. Lalu goreng setengah matang dan sisihkan

– Tumis bumbunya hingga harum, masukkan air lalu aduk dan tambahkan gula dan garam. Aduk lagi dan koreksi rasanya hingga pas.

– Saat mendidih, tuang tempe yang udah digoreng setengah matang. Aduk rata hingga bumbunya tercampur rata. Sajikan deh.

4. Tempe goreng keju

Ini mungkin jadi satu-satunya resep masakan sederhana paling ngehits. Karena, jarang banget ada yang mau repot-repot bikin tempe goreng terus dikasih keju.

– 150 gram tempe, iris tipis jadi 12 bagian lalu kukus Rp 5 ribu

– 1½ lembar keju slice, potong jadi 6 bagian Rp 5 ribu

-3 siung bawang putih, haluskan segera Rp 1.000

– 50 ml air

– 1 butir telur Rp 1.500

– garam secukupnya

– tepung panir Rp 6 ribu

– minyak untuk menggoreng secukupnya

Total: Rp 18.500

Cara membuatnya:

– Rendam tempe ke dalam larutan air, garam, dan bawang putih sampai benar-benar meresap.

– Angkat tempe, selipkan irisan keju di setiap 2 irisan tempe gulingkan ke tepung panir.

– Celupkan tempe ke dalam kocokan telur dan garam lalu gulingkan lagi ke tepung panir.

– Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Lalu, sajikan deh.

5. Tempe goreng doang

Kalau yang terakhir ya kamu tentu adalah resep masakan sederhana termurah di antara yang lain. Caranya juga bisa dibilang paling gampang kok. Siapin saja bahan-bahan di bawah ini.

– 1 papan tempe, potong panjang Rp 5 ribu

– 4 siung bawang putih Rp 3.500

– 1 ruas kunyit Rp 1.000

– 1 sendok teh ketumbar Rp 2.500

– sesuai selera Garam

– Air secukupnya untuk merendam tempe

Total: Rp 12 ribu

Cara membuatnya

– Haluskan bawang putih, kunyit, ketumbar, tambahkan air dan garam secukupnya

– Rendam tempe dan diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit

– Goreng tempe hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan dan sajikan deh

Itulah lima resep masakan sederhana berbasis tempe yang murah meriah. Bahkan gak ada di antara resep menu ini yang harganya sampai Rp 25 ribu.

Tunggu apalagi, yuk bantu para pengrajin tempe dengan rame-rame makan hidangan tempe.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong