Buat Persiapan Idul Adha, Ini 5 Resep Sate Kambing Lezat dan Murah Meriah

6 menit
resep sate kambing
Resep sate kambing lezat dan gurih. (Shutterstock)

Menjelang hari raya Idul Adha, pasti banyak orang yang mencari resep sate kambing untuk disajikan di meja makan. Walaupun bentuknya secara umum sama, tapi rasa yang ditawarkan berbeda-beda lho sesuai bahan dasar dan cara memasak yang digunakan. 

Kalau kamu lagi bingung mau buat tapi gak tau caranya, kebetulan banget nih karena kita bakal mengupas tuntas habis tentang resep sate kambing yang super lezat. Penasaran? Mending kamu lihat aja langsung di bawah ini ya!

Manfaat makan Sate Kambing

resep sate kambing
Manfaat makan sate kambing. (Shutterstock)

Karena satu dan lain hal, banyak orang menghindari makanan ini karena alasan kesehatan. Gak salah sih memang, tapi ternyata di balik fakta tersebut ada hal positif yang bisa dirasakan oleh seseorang jika mengonsumsinya dalam takaran yang tepat, Apa aja ya kira-kira?

Di samping risiko gangguan kesehatan yang bisa dialami usai menyantap sate kambing berlebihan, terdapat pula beberapa khasiat memakan daging kambing yakni:

1. Meningkatkan tekanan darah untuk pasien Hipotensi

Siapa bilang daging kambing cuma menimbulkan masalah buat tubuh? Nyatanya daging merah ini mempunyai khasiat yang bagus untuk pasien darah rendah atau yang sering disebut hipotensi. Tentunya dalam jumlah yang terbatas ya jangan sampai berlebihan.

2. Mencegah peradangan pembuluh darah

Peradangan pembuluh darah atau yang biasa dikenal dengan inflamasi pembuluh darah adalah masalah yang bisa terjadi oleh penderita diabetes terutama laki-laki. Gangguan peradangan pembuluh darah bisa membuat aktivitas seksual kamu menjadi bermasalah.

Sedangkan fungsi daging kambing disini adalah untuk mencegah terjadinya penyakit seperti ejakulasi dini serta disfungsi ereksi.

3. Sumber protein yang nikmat

Untuk bisa sehat ternyata bisa dari makanan yang enak juga lho termasuk yang satu ini. Daging kambing terkenal memiliki kandungan protein yang tinggi guna mengembalikan sel-sel tubuh yang rusak.

Protein juga cocok banget buat kamu yang suka olahraga untuk memperbesar massa otot dibandingkan lemak. Tapi sekali lagi, harus diingat bahwa menyantapnya dalam batas yang wajar ya. Kalau bingung seberapa banyak bisa konsultasikan ke dokter. 

Baca juga: Ini 5 Pilihan Restoran Sop dan Sate Kambing Seharga Rp 60 Ribuan di Jakarta

1. Resep Sate Kambing Bumbu Kecap

resep sate kambing
Sate kambing bumbu kecap. (Shutterstock)

Racikan rahasia yang bisa kamu coba buat sendiri dirumah pertama adalah resep sate kambing bumbu kecap. Biarpun ini udah banyak ditemukan dimana-mana namun rasanya bisa beda kalau orang rumah yang membuatnya langsung, mengutip dari Notepam.

Bahan dasar:

  • 750 gram daging kambing

Bahan bumbu:

  • 10 siung bawang merah dan potong halus
  • 15 buah cabai rawit dan iris halus
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan jeruk limau

Cara membuat:

  1. Bersihkan daging kambing dan keringkan. Lalu tancapkan ke tusuk sate.
  2. Campur semua bahan dan bumbu utama ke daging kambing.
  3. Bakar sate sampai berwarna cokelat gelap.
  4. Siapkan bumbu utama di sebuah piring
  5. Sajikan sate kambing bersama bumbu utama

Baca juga: Gak Sampai Rp 100 Ribu, 5 Sajian Kuliner Jakarta Ini Punya Rasa yang Menggoda

2. Resep Sate Kambing Bumbu Kacang

resep sate kambing
Sate kambing bumbu kacang. (Shutterstock)

Selanjutnya ada bumbu kacang yang juga cocok dengan sate kambing. Yuk lihat cara membuatnya.

Bahan dasar:

  • 750 gram daging kambing dan dipotong kotak
  • 200 gram kacang tanah lalu disangrai
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 5 buah cabai rawit
  • Garam, minyak goreng, dan kecap manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Tancapkan daging yang udah dibersihkan ke tusuk
  2. Haluskan kacang tanah yang sudah di sangrai dengan bawang merah, bawang  putih, kemiri, dan cabai rawit.
  3. Bakar sate kambing yang telah dibumbui bumbu kacang. Setelah matang siap   disajikan!

Gimana, mau coba ikutin resep sate kambing yang satu ini?

3. Resep Sate Kambing Solo

resep sate kambing
Sate kambing Solo. (Notepam.com)

Datang dari kota asal Presiden Jokowi, ada racikan spesial sate kambing yang rasanya lezat banget. 

Bahan dasar:

  • 750 gram daging kambing dan potong dadu
  • 15 sendok makan kecap manis
  • 4 sendok teh air asam Jawa
  • Mentega secukupnya
  • 6 buah daun jeruk

Bumbu halus:

  • 12 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 sendok teh biji ketumbar
  • 1 sendok makan jintan
  • 1 buah jahe
  • Gula pasir dan merica bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan wajan lalu taruh mentega 1 sendok makan
  2. Tumis bumbu halus hingga matang. Campur dengan kecap manis dan air asam jawa
  3. Campurkan daging kambing dengan bumbu tersebut
  4. Tusuk daging kambing yang udah dibumbui
  5. Bakar sate hingga matang dan lumuri dengan bumbu lagi.

4. Resep Sate Kambing Madura

resep sate kambing
Sate kambing Madura. (Shutterstock)

Dari Pulau Madura, ada resep sate kambing yang paling terkenal seantero Indonesia. Yuk simak cara membuatnya. 

Bahan dasar:

  • 750 gram daging kambing
  • Jeruk limau secukupnya
  • 150 ml kecap manis
  • Tusuk sate 10 sampai 20 buah
  • Daun pepaya secukupnya

Bahan bumbu:

  • 300 gram kacang tanah yang udah digoreng
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Cabai merah dan cabe rawit secukupnya
  • Garam dapur secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong daging kambing lalu balut dengan daun pepaya supaya empuk
  2. Masak bumbu kacang yang udah dihaluskan sampai mengeluarkan minyak. Lalu beri sedikit air dan taruh di wadah piring
  3. Setelah daging terasa empuk, potong dadu lalu tancapkan ke tusuk sate
  4. Bumbui daging dengan bumbu kacang, bakar hingga matang
  5. Sajikan di piring yang telah diberi bumbu serta perasan jeruk limau

5. Resep Sate Kambing Goreng

resep sate kambing
Sate kambing goreng. (ksmtour.com)

Terakhir ada sate kambing goreng, penasaran gimana cara membuatnya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

Bahan dasar:

  • 250 gram daging dan jeroan kambing
  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 sendok makan minyak samin
  • 3 buah tomat hijau
  • 5 sendok makan kecap manis
  • Lada dan garam secukupnya
  • 100 ml air
  • Nanas secukupnya

Bahan bumbu:

  • 5 siung bawang putih
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 5 buah kemiri
  • 5 buah daun jeruk
  • 100 gram gula merah
  • Asam jawa, kecap manis, dan air secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong daging kambing lalu rendam ke dalam parutan nanas selama 5 menit.
  2. Tiriskan daging lalu lumuri dengan bumbu sate.
  3. Panaskan minyak samin di wajan dan tumis bawang merah dan putih. Lalu masukan cabai rawit dan tomat.
  4. Tambahkan daging kambing lalu aduk rata hingga warnanya berubah. Tambahkan kecap manis secukupnya.
  5. Tuangkan air, garam dan lada secukupnya sampai meresap dan matang. Sajikan di sebuah piring.

Tips memilih daging kambing untuk disate

resep sate kambing
Pilih daging yang masih segar. (Shutterstock)

Sebelum mempraktekkan resep sate kambing di atas, kamu perlu juga memperhatikan daging kambing yang mau digunakan. Untuk mendapatkan tekstur dan kualitas daging kambing terbaik, kamu harus pintar dalam memilih. Yang paling pertama adalah lihat warna dagingnya. Kalau warnanya merah muda maka artinya itu masih segar dan baru dipotong.

Lalu pastikan yang kamu beli adalah daging kambing muda agar gak alot pas dimakan. Kamu bisa menanyakan langsung ke penjualnya. 

Cari lemak yang berwarna putih agar menambah kenikmatan sate kambing yang bakal kamu sajikan nanti. 

Berapa biaya membuat sate kambing?

resep sate kambing
Bujet buat bikin sate kambing. (Shutterstock)

Untuk berbelanja daging kambing di pasar harga per kilonya sekitar Rp 100 ribuan tergantung kualitas daging dan usia kambing tersebut. Tapi, kalau pas Idul Adha, tentunya kamu bisa mendapatkan daging kambing gratis dari pemotongan hewan kurban yang ada di lingkungan rumahmu. Ya kalau kebagian sih.

Lalu, untuk membeli bahan-bahan lain seperti tusuk sate, kecap manis, kacang tanah, bawang merah dan putih secukupnya, paling gak kamu membutuhkan dana sekitar Rp 50 hingga 70 ribuan jika bisa membelinya di pasar terdekat. Jadi total biayanya sekitar Rp 150 ribuan sampai Rp 200 ribuan. 

Dengan komposisi seperti itu kamu bisa membuat sajian ini untuk sekitar 5 sampai 8 porsi. Pas banget untuk kamu yang pengin bikin pesta atau makan bareng keluarga besar.

Nah itulah resep sate kambing yang murah dan hemat. Sekarang kamu gak perlu bingung lagi deh gimana cara membuat sajian khas Idul Adha ini ketika hari raya datang. (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1