6 Resep Tajir Tukul Arwana, Artis Kocak dengan Kekayaan Rp 28 Miliar

4 menit
artis terkaya di Indonesia 2018
Tukul Arwana (kapanlagi.com)

Beberapa waktu terakhir, media massa menyebut Tukul Arwana adalah salah satu artis terkaya di Indonesia. Dia lebih kaya dari artis lain dan cuma kalah dari Raffi Ahmad yang dinobatkan sebagai artis terkaya di Indonesia 2018.

Emangnya berapa sih honor mas Tukul ini sampai bisa jadi salah satu artis terkaya?

Tribunnews memberitakan bahwa pada awal 2012, dalam satu jam alias satu episode acara Bukan Empat Mata, Tukul bisa meraup Rp 35 juta. Pada tahun 2013, honor tersebut dikabarkan udah naik jadi Rp 60 juta. Cuma selang satu tahun kenaikannya hampir 100 persen.

Itu baru honor tampil di televisi lho, belum lagi kalau dia diundang ke acara off air. Sebut aja seperti jadi motivator di seminar, jadi host, dan acara Mister Tukul Jalan-Jalan.

Selain di dunia hiburan, Tukul juga punya bisnis, termasuk kuliner, properti, hingga hiburan. Dari sana dia dapat segudang uang.

Apa sih yang bisa kita tiru dari orang ini? Ternyata oh ternyata, di balik kekayaannya itu, dia punya gaya hidup yang bisa kita teladani lho.

Pengin tahu apa aja? Berikut ulasannya.

1. Jadi omnivora

artis terkaya di Indonesia 2018
Foto keluarga Tukul (Tribunnews)

Soal makan, artis terkaya di Indonesia 2018 urutan kedua ini tergolong omnivora alias pemakan segala. Omnivora di sini artinya bukan berarti kayak gorila ya, yang makan buah dan daging mentah-mentah.

Omnivora yang dimaksud mas Tukul adalah gak pilih-pilih soal makanan. Dalam acara Hotman Paris Show pada Mei 2018, Tukul mengatakan bahwa soal urusan makanan ya sederhana aja.

Ada telur mata sapi dan oseng-oseng kangkung pun dia tetap makan. Pokoknya gak pilih-pilih harus makanan sehat yang harganya Rp 100 ribu seporsi atau yang catering sehat yang luar biasa mahal.

Ketika bujet makan sehari-hari bisa dimaksimalkan dengan baik, maka keuangan bisa jadi jauh lebih sehat. Toh yang penting empat sehat lima sempurna bukan?

2. Berpakaian sederhana

Kebiasaan lain sang artis terkaya di Indonesia 2018 urutan kedua yang patut dicontoh adalah berpakaian sederhana.

Ya emang sih kalau lagi isi acara dia pakai jas. Tapi kalau di rumah? Ya biasa aja.

“Masih pakai kaus polos oblong dan warnanya udah bule,” kata Tukul di acara Hotman Paris Show.

Soal berpakaian ini emang unik sih. Coba deh kamu lihat orang-orang sukses di dunia. Pendiri Facebook Mark Zuckerberg, mendiang Steve Jobs pendiri Apple, atau mungkin mantan Presiden Amerika Barack Obama, gak pernah neko-neko soal pakaian.

Yang penting, baju itu sopan dan fleksibel. Udah gitu aja. Buat apa mahal-mahal. Setuju gak?

3. Gak suka pamer harta, tapi pamer bisnis

artis terkaya di Indonesia 2018
Ngapain pamerh harta, bisnis aja yang dipamerin biar bisa promosi (Kompas)

Sebagai artis terkaya di Indonesia 2018 urutan kedua, Tukul juga gak pernah pamer-pamer barang mewah. Konon kabarnya, Tukul punya 12 mobil dan motor. Tapi toh kita jarang lihat dia pamer kan?

Satu hal yang sering dipamerkan oleh Tukul bukanlah kekayaan, melainkan bisnis. Terutama bisnis kos-kosan yang belakangan ini dia jalankan.

Malah bagus kan kalau pamer bisnis? Bayangin aja, bisnisnya diliput media secara gratis. Itung-itung promosi juga pastinya. Bisa aja nih ya mas Tukul.

4. Memprioritaskan menabung

artis terkaya di Indonesia 2018
Nabung itu jadi prioritas jangan malah pakai sisa duit (Okezone)

Ketimbang menghabiskan uang buat jalan-jalan, beli barang mewah, atau sejenisnya, Tukul ternyata lebih memilih buat menabung.

Tukul sendiri bilang bahwa ada baiknya buat gak terlalu bergantung pada orang lain soal hidup. Di situlah pentingnya menabung bagi seseorang biar kebebasan finansial bisa terwujud.

Istri Tukul yang kini sudah meninggal selalu diingatkan buat menabung dan hidup hemat.  Tukul bilang kalau apa yang dia dapat sekarang ya gak bakal selamanya.

Yang namanya artis, di mana-mana, pasti ada masa pudarnya. Dan mas Tukul tahu itu.

5. Bersyukur

Tukul pernah mengaku bahwa dirinya gak pernah menetapkan target tertentu dalam hidup.

Kok bisa ya? Dan herannya kok bisa sampai sesukses itu?

Menurut Tukul, ketika dirinya memasang target, maka pasti muncul kekecewaan besar jika targetnya meleset. Intinya, biarkan semuanya mengalir. Yang penting dirinya tetap bersyukur dan selalu totalitas dalam berusaha.

“Harus disiplin, punya komitmen, dapat dipercaya, jangan merugikan pihak lain. Yang terpenting selalu bersyukur dan biarkan semuanya mengalir gitu aja,” demikian pernyataan Tukul yang dikutip dari Kompas.

So, lewat prinsip itulah Tukul bisa yakin bahwa rezeki bakal datang dengan sendirinya. Prinsip itu juga menjadi hal yang menguatkannya di tahun 2016 ketika sang istri berpulang.

6. Gak peduli kabar miring

artis terkaya di Indonesia 2018
Apapun gosip yang beredar, cuek aja lah (WartaKota)

Sebagai artis terkaya di Indonesia 2018 dan seorang selebriti yang tenar, tentu aja mas Tukul sering diterpa kabar miring. Udah pasti kabar-kabar itu gak ada yang isinya positif.

Menyikapi hal tersebut, Tukul memilih buat cuek aja. Karena mereka yang berbicara tersebut gak ngerti soal apa yang sebenarnya terjadi.

Selain itu mereka juga gak bakalan tahu apa yang udah dikonsepkan Tuhan terhadap kita. Kasarnya, mereka juga gak ngasih kita apa-apa, untuk apa juga didengarkan. Bener gak?

Dulu hidup susah sekarang salah satu artis terkaya di Indonesia 2018

Ngomong-ngomong, berapa sih sebetulnya kekayaannya mas Tukul ini?

Menurut laporan di berbagai media, kekayaan Tukul saat ini mencapai Rp 28 miliar!

Angka ini sangat fantastis apalagi kalau kita ingat dia mulai semua dari nol. Tukul pernah hidup susah. Pernah jadi sopir, kernet angkot, ngamen di terminal, dan kuli. Yang lebih mendingan, dia pernah jadi penyiar radio. Itu juga bayarannya cuma Rp 75 ribu.

Tukul sendiri pernah bilang, kalau banyak orang sukses cerita kalau mereka itu from zero to hero, dia sendiri lebih parah: from minus zero to hero.

Bukan dari nol lagi, melainkan dari minus.

Kisah artis terkaya di Indonesia nomor dua ini tentu mengajari kita tentang gimana manisnya hasil yang bisa dipetik lewat perjuangan keras. Benar-benar deh mas Tukul ini ibarat berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.

Tertarik buat sukses seperti artis terkaya di Indonesia 2018 nomor dua yang terkenal dengan wajah ndeso ini? Bisa kok. Asal kamu siap berkorban tenaga, waktu, dan pikiran.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Pensiunan jurnalis, praktisi humas, dan seseorang sempat aktif di dunia beladiri campuran. Sekarang telah menjadi perencana keuangan yang sangat antusias dengan hal-hal yang berkaitan dengan pasar modal.