Banner ImageBanner Image

Pengin Banyak Uang di Tahun Depan? Ini Hal-hal yang Mesti Dilakukan

4 menit
Pengin Banyak Uang di Tahun Depan Ini Hal-hal yang Mesti Dilakukan, (Ilustrasi/Pixabay).

Tahun 2019 emang tinggal menghitung hari dan pastinya kamu udah menyusun resolusi buat tahun depan. Buat yang belum punya resolusi ada baiknya nih menyusun segudang rencana buat keuangan kamu.

Pastinya kamu pengin keadaan keuangan semakin membaik di tahun depan, betul gak? Oleh karena itu kamu menyusun segala rencana yang nantinya bakal menjadi resolusi dalam pengaturan keuangan mu.

Mungkin di tahun 2018, kamu udah banyak melakukan hal sehingga keadaan keuangan gak mengalami peningkatan. Meskipun penghasilan kamu udah terasa cukup banget buat menghidupi mu.

Di akhir tahun ini pastinya kamu kilas balik nih udah melakukan apa aja sepanjang tahun 2018. Mungkin kamu udah banyak belanja beli tas, sepatu, bahkan buat liburan yang pastinya menguras dompet kamu.

Baca juga: 6 Hal Seputar Keuangan Rumah Tangga yang Harus Dirahasiakan ke Anak

Nah, gak ada salahnya nih di tahun mendatang keadaan keuangan kamu semakin membaik. Kalau bisa malah pundi-pundi kamu semakin menggendut.

Kamu dari sekarang mesti memikirkan pengeluaran demi menjaga kestabilan keuangan mu. Jika keadaan keuangan kamu membaik otomatis nih perasaan tenang bisa menghampiri mu.

Jangan sampai lho di tahun mendatang kamu malah semakin banyak utang. Gak lucu banget, kamu udah kerja bagai kuda tetapi gak bisa menikmati jerih payah sendiri yang ada malah buat bayar utang.

Pengen tahu apa aja yang mesti kamu lakukan di tahun depan demi memperbaiki keuangan? Yuk, kita simak bareng-bareng di bawah ini apa aja yang mesti kamu lakukan di tahun depan demi memperkaya diri.

1. Jangan pernah tergiur dengan diskon

Jangan pernah tergiur buat belanja diskonan di tahun depan buat menjaga keuangan kamu, (Ilustrasi/Pixabay).

Buat kamu yang suka belanja ada baiknya nih coba puasa gak mengunjungi pusat perbelanjaan. Kalau kamu sering ke mall atau pusat perbelanjaan yang ada malah bikin tergiur buat belanja.

Baca juga: Gak Pengin Penyusunan Anggaran Keuangan Gagal? Hindari Kesalahan Ini

Gak cuma itu, adanya diskon besar-besaran atau promo juga bisa bikin kamu tergiur buat menghabiskan uang buat barang-barang yang semestinya gak dibeli. Jadi ada baiknya kamu mencoba gak melirik diskonan atau promo lainnya.

2. Sibukan diri dengan kegiatan bermanfaat

Lakukan hal-hal yang bermanfaat demi memecah konsentrasi buat belanja, (Ilustrasi/Pixabay).

Nah, buat kamu yang emang “gatelan” buat belanja ada baiknya mencari kesibukan demi menjaga keuangan kamu. Misalkan dengan berolahraga atau kumpul dengan keluarga di rumah.

Baca juga: Anak Bakal Jago Mengatur Keuangan Kalau Orangtua Gak Membiasakan Hal-Hal Ini

Cara ini bisa dibilang cukup efektif lho buat meminimalisir pengeluaran kamu. Kamu gak bakal tergiur nih buat nongkrong atau pergi ke luar rumah.

3. Gunting kartu kredit

Gunting kartu kredit agar keuangan kamu di tahun depan semakin membaik dan terwujud resolusi, (Ilustrasi/Pixabay).

Buat kamu yang memiliki artu kredit ada baiknya nih menggunting kartu sakti mu ini. Dengan kartu kredit kamu pasti bakal tergiur banget buat belanja gak karuan.

Apalagi, kartu kredit kamu bisa belanja dulu dan bayar belakangan alias ngutang. Nah, kalau hal ini terus kamu lakukan dengan kartu kredit yakin deh dirimu gak bakal punya tabungan.

4. Tahan hawa nafsu buat belanja

Tahan hawa nafsu biar keuangan kamu membaik dan menjadi salah satu resolusi di tahun depan, (Ilustrasi/Pixabay).

Hawa nafsu buat belanja emang salah satu hal yang susah banget ditahan. Demi resolusi keuangan kamu tahun depan, ada baiknya nih gak memikirkan buat belanja.

Biasanya kalau hawa nafsu kamu besar buat belanja yang ada uang bakal habis gak karuan. Jadi buat melakukan resolusi di tahun depan demi menjaga keuangan ada baiknya kamu menahan hawa nafsu belanja.

5. Jangan terbesit buat liburan keseringan

Jaga keuangan kamu dengan gak banyak liburan, (Ilustrasi/Pixabay).

Kamu yang suka traveling emang gak bakal bisa dilarang ya. Apalagi, traveling ke tempat-tempat yang eksotis mau gak mau mesti mengeluarkan uang banyak.

Buat menjaga keuangan kamu tetap stabil dan gak banyak pengeluaran, ada baiknya hal ini kamu tulis ke dalam resolusi tahun depan. Kalau udah begini dijamin deh kamu gak bakal banyak mengeluarkan uang buat jalan-jalan.

6. Niat dan tekad mesti bulat

Niat dan tekad yang bulat mesti kamu terapkan saat mengelola keuangan di tahun depan, (Ilustrasi/Pixabay).

Hal ini emang gak terlihat kasat mata tapi datangnya dari dalam hati. Buat menjalankan hal-hal di atas emang kamu mesti memiliki niat dan tekad yang bulat.

Kalau niat dan tekad udah bulat, buat melakukan hal-hal di atas bakal terasa mudah dan lancar. Jadi niat dan tekad mesti kamu bulatkan demi menjalankan resolusi buat keuangan semakin baik.

Buat kamu yang belum memiliki resolusi buat keuangan di tahun depan, bisa lho menyontek hal-hal di atas. Siapa tahu kamu bisa menjalankannya dan keadaan keuangan bakal semakin membaik.

Kamu gak mau kan tahun ke tahun keadaan keuangan maupun finansial kamu “stuck” begitu aja? Nah, dari sekarang deh coba bikin daftar resolusi yang mesti kamu lakukan demi menjaga kuangan stabil. (Editor: Mahardian Prawira).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan