Dari Taco Bell Sampai Subway, Ini 7 Restoran Cepat Saji Besar yang Belum Ada di Indonesia!

4 menit
restoran cepat saji
Ilustrasi sandwich. (Shutterstock)

Di Indonesia, makanan restoran cepat saji udah jadi menu sehari-hari yang umum dikonsumsi setiap kalangan masyarakat. Bahkan, dalam beberapa tahun belakangan makin banyak aja brand baru yang masuk dalam kompetisi dagang Tanah Air. 

Rasanya yang relatif enak dan disajikan dengan cara instan menjadi alasan paling mendasar kenapa banyak orang Indonesia yang rutin pergi ke restoran fast food macam KFC, McDonald ataupun Burger King. Pola konsumsi masyarakat yang seperti itu bikin para pebisnis resto cepat saji asing tergiur untuk melebarkan sayapnya ke Indonesia.

Namun pada kenyataannya gak semua perusahaan asing memiliki pandangan yang serupa lho! Buktinya terdapat paling gak 7 restoran cepat saji yang belum hadir di Indonesia sampai tahun 2019 ini. Siapa aja mereka?

Baca juga: 10 Perusahaan Ini Pengendali Restoran Terbesar di Dunia, Ada Favoritmu?

1. Tim Horton’s – 4.774 gerai

restoran cepat saji
Resto Tim Horton’s. (Shutterstock)

Pernah mendengar Tim Horton’s? Mereka adalah perusahaan asal Toronto, Kanada, yang menjual berbagai macam kopi dan donat semenjak tahun 1964.

Selain menjajakan makanan tersebut, Tim Horton’s juga menyediakan beberapa kue pastry yang lezat. Cocok banget deh pokoknya buat yang suka nongkrong sambil mencari wifi.

Secara keseluruhan, Tim Horton’s memiliki lebih dari 4.774 gerai yang tersebar di Kanada dan beberapa negara di benua lain.

Baca juga: Inilah 6 Restoran Terbaik Dunia yang Mendapatkan Bintang Michelin

2. Little Caesars – 4.800 gerai

restoran cepat saji
Little Caesars. (Shutterstock)

Mengutip dari World Atlas, restoran cepat saji kedua yang absen di Indonesia pada hari ini adalah Little Caesars yang menjual berbagai macam Pizza.

Perusahaan ini udah berdiri dari tahun 1959 di Michigan, Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam sendiri, merek ini menjadi yang terbesar nomor 3 bersaingan dengan Pizza Hut dan Domino’s Pizza. 

Yang bikin orang mengingat tempat ini adalah logo orangnya yang khas sambil memegang sepotong pizza. Di seluruh dunia sendiri total gerai yang udah dibuka mencapai sekitar 4.800 unit

Baca juga: Deretan 5 Restoran Mewah Terbaik di Asia, Ada yang dari Indonesia?

3. Papa John’s Pizza – 5.318 gerai

restoran cepat saji
Papa John’s Pizza. (Shutterstock)

Yang ketiga, masih datang dari menu makanan pizza yakni Papa John’s. Berbeda dengan Little Caesars yang umurnya lebih dari setengah abad, restoran ini baru berdiri pada tahun 1984 lalu.

Papa John’s sendiri memiliki spesialisasi di bidang delivery atau pesan antar ke rumah. Di Amerika Serikat, brand ini menjadi yang terbesar keempat setelah Little Caesars.

Salah satu brand ambassador dari Papa John’s adalah mantan pebasket terkenal NBA yakni Shaquille O’neal. Di seluruh dunia sendiri mereka telah memiliki lebih dari 5.318 gerai yang tersebar di 45 negara.

4. Orange Julius – 5.700 gerai

restoran cepat saji
Orange Julius. (Wikimedia Commons)

Selanjutnya ada Orange Julius yang bukan menjual makanan melainkan, sesuai namanya, minuman sari buah. Restoran cepat saji ini udah berdiri semenjak tahun 1926. Artinya, resto ini udah berumur lebih dari 90 tahun.

Gak cuma minuman buah, Orange Julius juga menyajikan beberapa minuman lain seperti susu dan minuman aneka rasa buah lainnya.

Franchise mereka udah berekspansi ke luar Amerika Serikat dengan jumlah gerai yang telah dibuka mencapai 5.700 gerai. 

5. Taco Bell – 7.000 gerai

restoran cepat saji
Taco Bell. (Shutterstock)

Kelima, ada brand yang pasti kamu udah sering denger namanya yakni Taco Bell. Merek yang khusus menyajikan makanan khas Meksiko yakni Taco serta Nachos ini udah berdiri sejak tahun 1962 di California, Amerika Serikat.

Walaupun namanya udah terkenal seantero dunia, tetapi brand ini belum masuk ke Indonesia. Bisa dibilang Taco Bell adalah restoran cepat saji penjaja makanan Meksiko terbesar yang pernah ada.

Jumlah gerai yang tersebar di seluruh dunia mencapai 7.000 unit. 

6. Hunt Brothers Pizza – 7.300 gerai

restoran cepat saji
Hunt Brothers Pizza. (Wikimedia Commons)

Di posisi keenam ada Hunt Brothers Pizza yang lagi-lagi menyiapkan menu makanan asal Italia yakni Pizza. Brand ini telah berdiri semenjak tahun 1990 di kota Nashville, Amerika Serikat.

Sebagian besar gerai restoran cepat saji Hunt Brothers Pizza digabung dengan mini market, SPBU dan arena olahraga.

Total gerai yang dimiliki oleh Hunt Brothers Pizza di seluruh dunia mencapai 7.300 unit.

7. Subway – 42.998 gerai

restoran cepat saji
Subway. (Shutterstock)

Terakhir dan yang menjadi restoran cepat saji terbesar di dunia adalah Subway. Perusahaan ini telah berdiri dari tahun 1965 di kota Bridgeport, Amerika Serikat.

Subway menyajikan menu roti sandwich yang punya rasa beda dari yang lainnya. Yang terkenal adalah daging ayamnya yang lembut sehingga bikin para pelanggannya datang terus ke tempat ini. Secara global, Subway udah memiliki lebih dari 42.998 gerai. 

Nah itulah 7 restoran cepat saji terbesar yang hari ini masih absen ada di Indonesia. Kira-kira kapan ya mereka menjejakkan kakinya di Tanah Air? (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1