Harganya Ribuan Triliun Rupiah, Ini 5 Restoran Cepat Saji Terbesar di Dunia

3 menit
restoran cepat saji
McDonald's, satu di antara jajaran restoran cepat saji termahal di dunia. (Pexels)

Di mana-mana, yang namanya restoran cepat saji (fast food) itu jarang sekali sepi pembeli. Pasti ada aja orang-orang yang mampir untuk makan atau memesan dari rumah dengan mekanisme food delivery. Namun, kamu tahu gak? Di dunia ini ada beberapa resto fast food yang menyandang status sebagai restoran cepat saji termahal di dunia.

Beberapa dari restoran fast food tersebut pastinya udah gak asing lagi buat kamu. Soalnya namanya gak cuma terkenal di negara asalnya, tapi juga di Indonesia.

Status “termahal” yang disandang restoran-restoran ini dilihat berdasarkan kapitalisasi pasarnya yang luar biasa buat ukuran bisnis kuliner. Seperti yang diungkap Investopedia, berikut ini adalah beberapa restoran cepat saji yang paling kaya di dunia.

Baca juga: Mahal, Interior Biasa Aja, Terpencil Pula! Ini 4 Fakta Restoran Terbaik di Dunia

1. McDonald’s

restoran cepat saji
McDonald ternyata ada di peringkat pertama. (Pexels)

Restoran cepat saji yang namanya populer di dunia ini menjadi restoran terbesar sekaligus termahal di dunia. Kapitalisasi pasar McDonald’s diketahui mencapai US$ 150,6 miliar atau Rp 2.121 triliun.

Dengan kata lain, harga jual McDonald’s telah tembus ribuan triliunan rupiah. Restoran yang berdiri sejak 15 April 1955 ini diketahui telah memiliki 35 ribu outlet yang tersebar di banyak negara.

Baca juga: 5 Restoran Seafood di Jakarta Utara dengan Bujet Rp 50 Ribu

2. Starbucks

restoran cepat saji
Siapa sih yang gak kenal sama kopi ini? (Pexels)

Kalau restoran cepat saji yang identik dengan jualan kopinya ini, pasti udah kamu kenal. Kapitalisasi pasar restoran yang melantai di bursa ini mencapai US$ 94,51 miliar atau Rp 1.333 triliun.

Starbucks sendiri mulai dirintis sejak 31 Maret 1971. Jumlah outlet Starbucks yang tersebar di dunia disebut-sebut telah mencapai lebih dari 27 ribu.

Baca juga: 6 Tempat Makan Murah di Kemang dengan Bujet Rp 30 Ribu

3. Yum! Brands

restoran cepat saji
Banyak resto ternama yang bernaung di bawah bendera Yum! (Pexels)

Berikutnya adalah Yum! Brands, Inc. yang merupakan perusahan yang membawahi beberapa restoran cepat saji terbesar di dunia. Beberapa di antaranya udah gak asing buat kamu, seperti KFC, Pizza Hut, dan Taco Bell.

Kapitalisasi pasar Yum! Brands terakhir telah menyentuh angka US$ 33,02 miliar atau Rp 465 triliun. Tentu aja jumlah outlet restoran yang dimiliki perusahaan ini sangat banyak.

Sebut aja KFC yang memiliki outlet dengan jumlah mencapai 23 ribu di banyak negara. Kalau Pizza Hut, jumlah restorannya di dunia mencapai 18 ribu. Sementara Taco Bell memiliki 7.000 lebih restoran di dunia pada tahun 2018.

4. Restoran cepat saji Chipotle Mexican Grill

restoran cepat saji
Udah ada yang pernah cobain makanan khas Mexico? (Pexels)

Lalu ada Chipotle Mexican Grill yang menjadi restoran fast food dengan harga yang sangat mahal. Restoran yang khas dengan makanan Meksiko ini punya kapitalisasi pasar sekitar US$ 19,61 miliar atau Rp 276 triliun.

Chipotle Mexican Grill didirikan pada 13 Juli 1993 di Amerika Serikat. Pada 2018, jumlah outlet restoran ini berada di angka 2.500.

5. Restaurant Brands International

restoran cepat saji
Burger King termasuk salah satu resto di bawah bendera bisnis resto ini. (Pexels)

Di posisi kelima ada Restaurant Brands International yang menjadi perusahaan restoran fast food terbesar sekaligus termahal di dunia. Perusahaan ini merupakan induk dari Burger King dan Tim Hortons.

Kapitalisasi pasar Restaurant Brands International dilaporkan mencapai US$ 30,92 miliar atau Rp 436 triliun. Dengan nilai yang tinggi tersebut, Restaurant Brands memiliki 17 ribu outlet Burger King dan 4.846 outlet Tim Horton di seluruh dunia.

Nah, itu tadi beberapa restoran cepat saji yang dilaporkan menjadi yang terbesar sekaligus termahal di dunia. Hebat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!