Ngidam Makanan Makassar? Ini 5 Resto dengan Bujet Terjangkau di Jakarta

3 menit
restoran makassar
Ngidam Makanan Makassar? Ini 5 Resto dengan Bujet Terjangkau di Jakarta, (Instagram/@sulawesirestaurants).

Selain seafood atau hidangan khas Timur Tengah, makanan di restoran Makassar juga tentunya cukup menggoda selera. Sop konro, konro bakar, es palu butung, sop saudara dan lainnya tentu punya cita rasa yang gak tertandingi. Di Jakarta ada nih restoran Makassar yang harganya terjangkau.

Dan gak susah juga kok mencari restoran khas Sulawesi yang satu ini di Jakarta. Karena jumlahnya cukup banyak dan setiap restorannya punya karakteristik rasa yang cukup beragam.

Berikut adalah daftar restoran Makassar yang bisa kamu pertimbangkan buat jadi tempat buka puasa bersama. Silahkan tentukan dari lokasi dan bujetnya ya.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Mamink Daeng Tata

restoran makassar
Mamink Daeng Tata harganya terjangkau, (Instagram/@maminkdaengtatadelivery).

Resto ini cukup terkenal di kalangan resto Makassar lainnya. Menu andalannya adalah Tata Ribs, merupakan menu yang terbuat iga sapi yang ukurannya luar biasa besar! Lokasinya berada di seberang SMA 115 tepatnya di Tebet.

Daerah ini memang jadi langganan macet, tapi gak apa-apalah buat demi bisa menikmati nikmatnya sajian di sini. Yang jelas mereka memiliki paket hidangan ekonomis yang harganya Rp 49 ribuan. Walaupun banyak yang bilang enak, tetapi gak semua orang cocok juga dengan restoran ini.

Beberapa di antaranya bilang kalau rasa hidangan di sini terlalu asin. Tapi penilaian itu kan subyektif, mana bisa tahu kalau kamu sendiri belum mencoba.

Baca juga: Ngidam Makan Bakso? 6 Rekomedasi Tempat Makan Ini Enak dan Murah

2. Sop Konro Karebosi

restoran makassar
Sop Konro Karebosi ini harganya gak mahal-mahal banget, (Instagram/@sopkonrobakarkarebosi).

Restoran Makassar ini juga sangat terkenal di wilayah Kelapa Gading, lebih tepatnya di Jl. Boulevard Raya Blok TA 2 No. 38. Lokasinya juga terbilang cukup rawan macet tapi ya kalau memang kamu merasa Kelapa Gading kejauhan, silahkan kunjungi Kota Kasablanka ya.

Apa yang menarik di Sop Konro Karebosi? Tentu saja sop konronya yang kuahnya diracik dengan rempah-rempah pilihan. Harga menu makanan di sini juga dimulai dari Rp 38 ribuan saja.

Baca juga: 3 Resep Menu Kolang Kaling yang Menggugah Selera

3. Rumah Makan Marannu

restoran makassar
Rumah Makan Marannu ramah kantong nih buat kamu yang pengin berbuka puasa, (Instagram/@jktfoodbang).

Marannu tampil sebagai salah satu kompetitor beratnya Karebosi. Resto ini  terletak di Jl. Boulevard Raya Blok TA 2 No. 27 – 28, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menu andalannya adalah konro bakar yang gak ada duanya! Dijamin kamu bakal ketagihan ketika mencicipi ini. Dan kalau kamu kerepotan, mereka juga menyediakan menu konro bakar yang sudah dipreteli dagingnya dari tulang.

Dan jangan lupa juga buat sajian takjil atau penutupnya, kamu wajib hukumnya pesan es pisang ijo. Ini juga nagih banget lho.

Bisa dibilang harga menu-menu andalan di sini memang sedikit lebih mahal dari Karebosi yaitu Rp 60 ribuan. Tapi soal rasanya jangan ditanya, pasti cocok deh!

4. Sulawesi

restoran makassar
Restoran Sulawesi yang ada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan ini bisa dijadikan referensi kamu, (Instagram/@adelfoodjournal).

Beh! Namanya aja udah Sulawesi, pastinya restoran ini emang punya cita rasa yang khas dari provinsi tersebut. Kalau yang di atas menu andalannya adalah daging sapi di restoran ini sangat berbeda lho. Restoran Sulawesi ini banyak menyajikan menu seafood yang diolah dengan bumbu khas Makassar!

Sambal mangganya udah pasti sedap banget dan kamu juga mesti mencoba pastel Makassar yang isinya sayur-sayuran, tauge, telur rebus, dan wortel. Pastel ini dinikmati dengan saus asam manis yang bisa bikin kamu melek!

Lokasi restoran ini ada di Jl. Kemang Selatan Raya No. 2A, Kemang, Jakarta Selatan. Harga hidangannya mulai dari Rp 40 ribuan.

5. Kedai Pelangi

restoran makassar
Nasi goreng merah khas Makassar ini enak banget nih, (Instagram/@toekangmakan).

Restoran yang terakhir berlokasi di Jl. H. Agus Salim No. 18B, Menteng, Jakarta Pusat. Restoran ini menyajikan nasi goreng merah Makassar. Nasgor itu isinya telur mata sapi, seafood dan potongan ayam.

Selain itu kamu juga bisa menikmati hidangan Bandeng Pallumara yang benar-benar sedap! Aromanya yang sedap sangat menusuk hidung banget. Harga makanannya gak mahal-mahal banget kok, Nasi Goreng Merahnya mulai dari Rp 38 ribuan.

Itulah lima restoran Makassar yang paling direkomendasikan buat buka puasa bersama tahun ini. Yuk tunggu apalagi, segera meluncur sebelum ramai. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!