Inilah 6 Restoran Terbaik Dunia yang Mendapatkan Bintang Michelin

4 menit
Restoran Terbaik Bintang Michelin (Shutterstock).

Kalau lagi traveling keluar negeri salah satu rutinitas yang biasa dilakukan adalah wisata kuliner. Untuk mencari makanan yang pasti enak kamu bisa coba samperin beberapa restoran terbaik di dunia yang menyandang gelar bintang Michelin.

FYI bintang Michelin sendiri adalah salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia gastronomi dunia. Gak sembarangan tempat makan atau chef yang bisa mendapatkannya gitu aja.

Bagi siapapun yang pengin bergabung harus menjalani serangkaian penilaian yang sangat sulit. Mulai dari rasa makanannya, tekstur hingga tingkat kehigienisannya. Hanya sebagian kecil tempat makan ternama yang bisa menembus daftarnya tersebut.

Kalau kamu pernah nonton film kartun Ratatouille besutan Walt Disney tahun 2007 lalu itu paling gak kamu bisa mengerti sedikit banyak tantangan yang harus dilewati oleh kandidatnya.

Nah daripada berlama-lama lagi langsung aja nih kamu lihat 6 restoran terbaik  di dunia yang punya bintang Michelin berikut ini:

6. Restoran Alinea – Amerika Serikat

Restoran Terbaik
Restoran Alinea

Mengutip dari Travel Triangle, tempat kuliner pertama yang bisa kamu kunjungi kalau lagi ke daerah Chicago, Amerika Serikat adalah Alinea. Didirikan oleh chef Grant Achatz tahun 2005 ciri khas dari menu-menunya adalah cita rasa yang unik.

Selain dari cita rasa makanan yang tentunya lezat pelayanan disini juga tergolong sangat baik layaknya makan di hotel berbintang. Salah satu sajian spesialnya adalah pasta ravioli yang dibuat bersama dengan truffle di atasnya.

Kalau kamu pengin makan di Alinea harga per orangnya rata-rata sekitar Rp 3,2 jutaan.

5. Restoran The Fat Duck – Inggris

Restoran Terbaik
Restoran The Fat Duck

Seperti namanya tempat ini menyajikan menu makanan utama berbahan dasar daging bebek. Lokasinya ada di kota Bray, Inggris.

Pendirinya adalah seorang chef bernama Heston Blumenthal. Ia mulai menjajakan makanannya pada tahun 1995 atau udah lebih dari 20 tahun. Selain menu bebek Blumenthal juga memiliki resep rahasia yang bikin pelanggannya ketagihan yakni Turtle Soup.

Untuk harganya sendiri berkisar di rata-rata Rp 4,7 jutaan per orangnya. Tertarik untuk mencobanya?

4. Le Bernardin – Amerika Serikat

Restoran Terbaik
Restoran Le Bernardin

Dibuat pada tahun 1972 di kota Paris, Perancis, oleh Maguy dan Gilbert Le Coze tempat makan ini banyak mendapat perhatian banyak orang karena rasanya yang lezat. Namun kedua orang ini memutuskan untuk pindah ke New York untuk bisa menampung lebih banyak orang.

Secara umum di Le Bernardin cuma menyajikan menu makanan utama berbahan dasar ikan aja. Chef handal yang mengepalai bagian dapur adalah Eric Ripert. Kepopuleran Le Bernardin kini bahkan udah terkenal sampai mancanegara.

Kalau kamu mau mampir ke tempat ini bisa menyiapkan uang sekitar Rp 3,6 jutaan per orangnya.

3. Restoran Robuchon Au Dome – Makau

Restoran Terbaik
Restoran Robuchon Au Dome

Datang dari kawasan Asia ada Robuchon Au Dome yang namanya sedikit sulit disebut. Chef Joel Robuchon adalah orang dibalik dapur yang berhasil membawa tempat makan ini terkenal sampai luar negeri.

Lokasinya ada di hotel Grand Lisboa dan berada di lantai 48. Selain karena makanan Caviar dan King Crabnya yang super lezat disini kamu bakal disajikan sama pemandangan kota yang sangat indah.

Guna bisa mencicipi makanan itu sambil menikmati pemandangan spektakuler kamu paling gak harus bawa uang sekitar Rp 1,7 jutaan aja kok.

2. Restoran Per Se – Amerika Serikat

Restoran Terbaik
Restoran Per Se

Per Se adalah salah satu tempat makan dengan predikat bintang Michelin paling terkenal di dunia hari ini. Lokasinya ada di gedung Time Warner di kota New York, Amerika Serikat.

Setiap menu yang datang ke meja pelanggan diperhatikan dengan sangat teliti oleh chef Thomas Keller. Beberapa menu yang jadi andalannya adalah daging-dagingan dan olahan hasil laut.

Ongkos makan per orangnya rata-rata sekitar  Rp 5,1 jutaan dan menjadi yang termahal.

1. Restoran Azurmendi – Spanyol

Restoran Terbaik
Restoran Azurmendi

Yang terakhir dan sekaligus menempati posisi puncak adalah Azurmendi yang lokasinya ada di negara Matador. Spotnya yang sangat strategis membuat setiap pelanggan bisa menikmati pemandangan alam yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Salah satu makanan  yang menjadi ciri khas Azuermendi adalah The Balcony yang berisikan dagung kerang yang dipadukan dengan minyak zaitun dan bumbu rahasia.

Untuk mencoba pengalaman tersebut kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp 1 jutaan aja.

Nah itulah 6 restoran terbaik yang menyandang gelar bintang Michelin di dunia. Gak perlu semua kamu kunjungi cukup 1 atau 2 aja untuk bisa mencicipi sajian paling sempurna di muka bumi ini. (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1