6 Restoran Timur Tengah yang Pas buat Buka Puasa Bareng, Harganya?

6 menit
6 Restoran Timur Tengah yang Pas buat Buka Puasa Bareng, Harganya?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Restoran Timur Tengah emang pas banget dijadikan tempat buka puasa di bulan Ramadan. Tentunya, bukan cuma karena nuansa yang erat dengan kebudayaan Islam saja lho. Resto-resto ini tentu punya kelebihan yang gak dimiliki restoran lain dan cukup menguntungkan buat kita yang buka puasa.

Hidangan yang ada di restoran Timur Tengah memang cukup menggugah selera buat disantap.

Menu-menu mereka rata-rata dipenuhi dengan daging merah. Buat yang gak suka daging merah, ayam pun ada. Selain itu, rempah-rempah yang digunakan di hidangan mereka juga lain dari yang lain.

MoneySmart telah menghimpun enam restoran bertema Middle East atau Timur Tengah di Jakarta, yang bisa kamu pertimbangkan buat acara buka puasa ala Negeri 1001 Malam bareng keluarga maupun  teman. Yuk, simak aja nih di bawah ini:

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Al Nafoura

Restoran Timur Tengah
Al Nafoura salah satu restoran middle east yang bisa kamu kunjungi buat buka puasa, (Instagram/alnafourarestaurant).

Al Nafoura merupakan restoran khas Lebanon yang letaknya di hotel bintang lima Le Meridien, Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Pusat. Soal interior restorannya, keren banget! Dindingnya berwarna terracota dan dihiasi oleh aksesoris seperti lampu dan hiasan dinding khas Mediterania dan Timur Tengah.

Salah satu yang jadi menu andalan di Al Nafoura adalah Haruf Ouzi, daging kaki domba yang dihidangkan dengan nasi dan dilengkapi dengan kacang mete serta saus dari yogurt. Hidangan pembukanya ada sambosa (pastry), kebbeh laham (daging kambing dengan rempah), dan lainnya.

Biaya makan di restoran ini kurang lebih Rp 800 ribuan buat dua orang. Bisa dibilang ini adalah salah satu restoran Timur Tengah dengan segmen menengah ke atas. Tentunya, pas banget jika kamu ingin menjamu klien di sini.  

Baca juga: Manjakan Lidah tanpa Menyiksa! Ini 10 Ide Menu Buka Puasa Irit di Bawah Rp 30 Ribu

2. Al Jazeerah

Restoran timur tengah
Nah, restoran ini wajib banget kamu kunjungi buat bukber, (Instagram/@eatandtreats).

Restoran ini letaknya di Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat. Karena letaknya di tengah-tengah kota, ya bisa dibilang cukup strategis.

Sebelum makan di sini, kamu wajib tahu kalau porsi makanan di restoran ini cukup besar. Kalau kamu biasa makan porsi kecil, mungkin kamu bakal merasa kebanyakan.

Seperti restoran middle east pada umumnya, menu-menunya juga disajikan dengan Bahasa Arab. Tapi kalau kamu bingung bisa langsung menanyakan ke pramusajinya daripada salah pesan dan gak sesuai dengan lidah mu gimana?

Selain porsinya besar, restoran ini bikin “nagih” lho. Nasinya gurih, rasa rempah-rempahnya juga gak lebay dan sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Pas deh buat menikmati nasi mandi laham (kambing) nasi mandi dulhaj (ayam) dan biryani dulhaj. Dan lainnya, intinya biaya makan di sini ada di kisaran Rp 350 ribu buat dua orang.

Kalau bicara soal tempat, restoran ini luas banget. Kamu bisa pilih mau lesehan atau duduk di kursi. Sayangnya, tempat parkirnya memang agak sempit dan sebisa mungkin kamu datang lebih awal ya.

Baca juga: Nikmeh! 7 Menu Berbuka Puasa yang Menggoda dari Berbagai Negara

3. Hadramout

Restoran timur tengah
Restoran yang paling pas buat bukber, (Instagram/@hadramoutresto).

Hadramout merupakan restoran khas Yaman, jelas banget dari namanya aja Hadramout yang merupakan salah satu provinsi di negara tersebut. Lokasinya juga di tengah kota, yakni di Jl. Tambak, Manggarai, Jakarta Pusat.

Saran saja, kalau kamu memilih Hadramout, pilih tempat duduk di dekat dapur agar  bisa melihat aksi para koki tengah asyik bermain dengan alat masak alias masak.

Hadramout menyediakan tempat makan lesehan di karpet yang masing-masing punya sekat. Interior restorannya dihiasi dengan dekorasi khas Yaman.

Lantas seperti apa menunya? Kalau kamu familiar dengan kuliner khas Timur Tengah, Yaman identik dengan nasi basmati dan nasi mandi kambing dengan bumbu khasnya yang kaya akan rempah. Dagingnya juga di masak sangat empuk sekali bahkan tersedia juga kepala kambing utuh yang bisa disantap ramai-ramai di sini.

Buat harganya cukup terjangkau nih buat kamu-kamu yang pengin pergi beramai-ramai. Dan bisa dibilang paling terjangkau dari yang lain buat dua orang bisa makan kenyang dengan Rp 150 ribuan di Hadramout.

4. Abu Nawas

Restoran timur tengah
Abu Nawas salah satu restoran middle east bisa jadi rekomendasi kamu buat bukber, (Instagram/@abunawasrestaurant).

Restoran Abu Nawas punya dua gerai di Jakarta, yaitu di Matraman, Jakarta Timur dan di Kemang, Jakarta Selatan. Restoran ini pernah jadi tempat makan pilihan mantan Menteri Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast saat menyambangi Jakarta lho.

Abu Nawas menyajikan nasi briyani khas India dengan porsi cukup besar. Meski begitu, rasanya pas alias gak berlebihan dan bikin eneg. Padahal biasanya menu masakan India itu bumbu rempahnya cukup tajam.

Abu Nawas menawarkan makanan khas Timur Tengah dari negara mana pun, termasuk Yaman. Salah satu menu favorit di sini juga berasal dari Yaman, yaitu nasi mandhi. Dan ada sambal khas Timur Tengah yang gak terlalu pedas dan agak asam. Sambal itu bisa menetralisir rasa panas usai kamu menyantap daging kambing.

Selain punya interior yang keren, Abu Nawas juga punya tempat salat yang nyaman lho. Makan berdua di sini, biayanya kurang lebih Rp 250 ribuan.

5. Warung Turki by Turkuaz

Restoran timur tengah
Nih satu lagi restoran middle east yang bisa jadi rekomendasi kamu buat bukber, (Instagram/@warungturki).

Kalau yang ini dari namanya sudah jelas kalau makanan khasnya dari Turki. Restoran Timur Tengah ini terletak di Kemang, Jakarta Selatan, punya interior yang cukup menarik dan penuh pernak-pernik gantung khas Turki. Pencahayaannya cenderung sedikit gelap.

Turki memang bisa dibilang sebagai negara Mediterania antara Arab dan Eropa. Bagian utaranya memiliki budaya dan aristektur khas Eropa tapi di bagian selatan justru terasa seperti di Arab. Suasana unik begini bisa ditemukan kalau makan di Warung Turki. Pokoknya, Instagrammable banget deh.

Pastinya ada lamb shank atau daging betis domba yang benar-benar enak. Dan buat kudapannya, kamu mesti cobain sigara boregi, lumpia dengan isian keju. Bayangkan tekstur kulit lumpia yang gurih dan keju creamy banget. Cocok buat hidangan pembuka saat bedug Magrib tiba.

Lalu ada juga kebab khas Turki yang namanya kuzu adana kebab yang jadi favorit. Aroma dombanya sangat menggugah selera. Sajian ini dihidangkan bersama dua lembar yufka (roti khas Turki) dan salad,enak deh pokoknya!

Buat harga makanannya, kurang lebih Rp 400 ribuan buat dua orang. Memang agak mahal, tapi gak semahal yang nomor satu ya.

6. Beirut

Restoran timur tengah
Beirut salah satu restoran middle east yang bisa jadi rekomendasi buat buka puasa, (Instagram/@beirutlebanon.id).

Sesuai dengan namanya, Beirut itu adalah Ibu Kotanya Lebanon. Jelas banget ini adalah restoran khas Lebanon.

Lokasinya di Jl. H. Agus Salim Menteng, alias di dekat jalan Sabang. Restonya terletak di lantai dua, jadi kamu harus naik tangga dulu ya.

Bicara soal hidangan Lebanon, mereka punya menu enak yang namanya kofta on skewers. Kofta on skewers merupakan hidangan yang terbuat dari daging cincang yang dipanggang dengan parsley, bawang, dan rempah-rempah asal Lebanon. Pokoknya, dijamin ketagihan deh makan di restoran Timur Tengah ini.

Selain itu mereka juga menyediakan minuman bernama jallab yang gak lain adalah jus kurma. Jus ini pas banget lho dijadikan menu buka puasa, dijamin langsung segar mendadak mengingat kandungan gula di kurma itu cukup banyak.

Soal harga cukup terjangkau kok, kurang lebih Rp 200 ribuan buat berdua. Tapi usahakan buat bayar dengan tunai ya.

Kenapa restoran Timur Tengah pas buat dijadikan tempat bukber?

Restoran timur tengah
Kenapa restoran Timur Tengah pas buat dijadikan tempat bukber?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bukan rahasia lagi bahwa restoran Timur Tengah umumnya menyediakan Musala. Tentunya, gak perlu repot nyari tempat salat lagi bagi kamu yang beragama Islam. Selain itu, gak sedikit dari mereka yang memberikan takjil gratis buat para pengunjungnya. Asyik kan!

Fitur-fitur seperti di atas tentu jarang ditemukan di restoran lain di Jakarta.

Di samping itu, hidangan di restoran ini 100 persen halal. Gak perlu khawatir soal bahan-bahan yang digunakan buat masak, dijamin gak ada penggunaan arak, wine, dan lainnya

Gimana guys, makin lapar pastinya ya kalau ngebahas soal makanan dan restoran pas Bulan Ramadan.

Pokoknya selalu ingat kalau mau pilih restoran Timur Tengah buat bukber, jangan lupa ya dengan enam restoran ini. Selamat menunaikan ibadah puasa! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.