Petenis Paling Tajir yang Berjiwa Sosial Tinggi, Ini 5 Fakta Roger Federer

4 menit
roger federer
Roger Federer. (Shutterstock)

Roger Federer tumbang setelah berhadapan Novak Djokovic di final Wimbledon 2019. Berlangsung selama 5 jam, final yang berlangsung di Centre Court, All England Club, London pada 15 Juli 2019 berakhir dengan kemenangan Djokovic.

Dalam pertandingan yang terdiri dari lima set ini, terjadi susul-menyusul angka yang sengit antara Roger Federer dan Novak Djokovic. Set kelima yang lebih lama dari set-set sebelumnya menjadi penentuan yang berujung dinobatkannya Novak Djokovic sebagai juara.

Kenyataan tersebut mau gak mau harus diterima Federer. Petenis asal Swiss ini harus puas berada di posisi runner-up. Walaupun begitu, Federer berhak atas hadiah uang sebanyak 1,175 juta Poundsterling atau sebesar Rp 20,55 miliar. Besar banget ya?

Dengan hadiah yang sebesar itu, gak heran kalau Federer bisa menjadi petenis paling kaya di dunia lho. Forbes mencatat kekayaan yang dihasilkan Federer sepanjang kariernya mencapai US$ 93,4 juta atau sekitar Rp 1,63 triliun.

Di balik kesuksesannya sebagai petenis terkaya di dunia, ada beberapa fakta menarik dari seorang Roger Federer. Penasaran seperti apa fakta-faktanya? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: 10 Atlet dengan Bayaran Tertinggi Tahun 2019, Messi di Posisi Puncak

1. Jadi petenis asal Swiss, tapi Roger Federer ternyata memegang dua kewarganegaraan

roger federer
Punya dua kewarganegaraan. (Shutterstock)

Faktanya nih Roger Federer emang dilahirkan di Basel, Swiss pada 8 Agustus 1981. Menariknya, orang tuanya menamakannya Roger agar lebih mudah diucapkan dalam bahasa Inggris. Padahal, nama Roger sendiri gak umum lho di Swiss.

Bertanding buat Swiss, Federer diketahui memiliki dua kewarganegaraan, yaitu Swiss dan Afrika Selatan. Orang tuanya sendiri emang berasal dari dua negara yang berbeda. Ayahnya Robert Federer dari Swiss, sedangkan ibunya Lynette Federer dari Afrika Selatan.

Baca juga: Jumlah Harta Turun, Conor McGregor Terdepak dari 5 Besar Atlet Terkaya Sejagat

2. Berkenalan dengan tenis sejak kecil dan menjadi petenis dengan banyak gelar juara

roger federer
Udah kenal tenis sejak kecil. (Shutterstock)

Dibesarkan kedua orang tua yang hobi olahraga, wajar aja kalau Roger Federer akrab dengan tenis. Kedua orang tuanya saat tinggal di Afrika Selatan menjadikan tenis sebagai hobi. Walaupun cuma hobi, ayahnya tercatat menjadi petenis tingkat regional di Swiss.

Federer yang bersentuhan dengan tenis sejak masa kecilnya akhirnya memilih olahraga tenis menjadi jalan kariernya. Selama menjalani kariernya tersebut, Federer menjadi atlet dengan banyak gelar juara.

Ia memenangkan Australian Open sebanyak enam kali, French Open sebanyak satu kali, Wimbledon sebanyak delapan kali, US Open sebanyak lima kali, hingga mendapat medali emas di Olimpiade Beijing 2008.

Dengan semua prestasi yang dicapainya tersebut, Roger Federer pernah dinobatkan sebagai petenis nomor satu di dunia versi Association of Tennis Professionals’ (ATP) pada tahun 2004. Sampai akhirnya ia tergeser Rafael Nadal pada tahun 2008.

Baca juga: 5 Atlet Terkaya Dunia Ini Dulunya Hidup Miskin Lho

3. Roger Federer lebih suka tenis ketimbang sekolah

roger federer
Bersama Bill Gates. (Instagram/@thisisbillgates)

Pernah mengenyam pendidikan, gak disangka Federer gak menunjukkan minat buat bersekolah. Bahkan, selama belajar di kelas, ia pernah tertidur tiga hingga empat kali.

Minimnya antusiasme dalam menjalani pendidikan akademik bikin dirinya gak punya prestasi yang bagus-bagus amat di sekolah. Ia lebih menyenangi tenis ketimbang duduk di kelas buat mengikuti pelajaran.

Kegemarannya pada tenis pada akhirnya membawa Federer sebagai salah satu atlet tenis terbaik di dunia. Asal tahu aja nih, Federer pada tahun 1998 berhasil menjadi juara dalam kejuaraan junior Wimbledon.

4. Dapat bayaran sebesar US$ 7,4 juta dan endorsement US$ 86 juta

roger federer
Termasuk petenis terkaya di dunia. (Shutterstock)

Dengan kekayaan yang mencapai US$ 93,4 juta atau sekitar Rp 1,63 triliun, Roger Federer diketahui mendapat bayaran sekitar US$ 7,4 juta atau sekitar Rp 102,95 miliar. Belum lagi bayaran endorsement yang mencapai US$ 86 juta atau Rp 1,19 triliun.

Sepanjang kariernya sebagai petenis profesional, Federer telah memenangkan hadiah sebanyak US$ 124 juta atau sekitar Rp 1,72 triliun. Beberapa brand ternama tercatat pernah bekerja sama dengannya, seperti Credit Suisse, Mercedes-Benz, Rolex, dan Uniqlo.

5. Mendirikan yayasan dan telah mengumpulkan US$ 40 juta

roger federer
Gemar melakukan kegiatan sosial. (Rogerfedererfoundation.org)

Di balik prestasinya yang mentereng, Federer juga punya jiwa sosial yang tinggi. Ia mendirikan yayasan yang diberi nama Roger Federer Foundation.

Kabarnya nih, yayasan tersebut telah mengumpulkan dana sebanyak US$ 40 juta atau sekitar Rp 556 miliar. Yayasan ini, seperti yang dipublikasikan di website-nya, memberi dukungan pada pengembangan pendidikan di negara-negara Afrika dan Swiss.

Nah, itu tadi beberapa fakta mengenai Roger Federer yang menjadi salah satu petenis terbaik sekaligus terkaya di dunia. Udah gitu jiwa sosialnya begitu tinggi sampai-sampai mendirikan yayasan. Hebat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!