Ruangguru Sabet Penghargaan Bergengsi, dan Satu-Satunya Pemenang Asal Indonesia

2 menit
Aplikasi Pendidikan Ruangguru Raih Penghargaan (Shutterstock)
Aplikasi Pendidikan Ruangguru Raih Penghargaan (Shutterstock)

Ruangguru, aplikasi bimbingan belajar di Indonesia, menjadi perusahaan asal Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang menerima penghargaan tunggal ITU Global Industry Awards. Penghargaan diberikan untuk kategori Digital Inclusion & Principles dalam forum internasional ITU Telecom World 2019 yang diselenggarakan di Budapest, Hungaria, 9-12 September.

Penghargaan Global Industry Awards diberikan kepada sebuah perusahaan besar sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi terhadap solusi menjanjikan dan inovatif yang dihasilkannya untuk memperjuangkan inklusi digital dan kemajuan sosial. 

Salah satu inovasi Ruangguru dalam hal ini adalah keberhasilan Ruangguru untuk mendorong aksesibilitas pendidikan berkualitas di Indonesia. 

Selain memberikan konten-konten yang berkualitas, Ruangguru juga berhasil mengurangi konsumsi kapasitas data (bandwidth). Rata-rata sebanyak 80 persen untuk setiap dari ribuan video belajar yang ada di aplikasi Ruangguru. 

Dengan demikian, pengguna aplikasi di daerah dengan konektivitas rendah pun dapat mengakses produk Ruangguru dengan baik.

Penyetaraan Akses Pendidikan

“Berkat karya tim teknologi kami, kami bisa membuktikan dukungan penuh kami terhadap penyetaraan akses. Khususnya bagi semua pelajar di daerah-daerah terpencil (last mile connectivity solution).

Selain itu, hal ini juga merupakan bentuk nyata dukungan kami terkait perkembangan SDM untuk visi Indonesia Maju dan sustainable development goals yang dicanangkan PBB. Khususnya pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta mengurangi kesenjangan sosial,” ujar Vice President Ruangguru Ritchie Goenawan.

Pendiri dan Chief Product Officer Ruangguru Iman Usman, mengatakan hal ini merupakan pertama kalinya perusahaan Indonesia menjadi penerima penghargaan tunggal dalam ITU Global Industry Awards. 

“Jarang sekali sebuah startup bisa memenangkan penghargaan di kategori untuk perusahaan besar seperti ini. Misalnya, tahun ini di kategori lain, penghargaan serupa diperoleh oleh Huawei China dan KT Corporation Korea,” ujar Iman.

Menurutnya, momen ini menjadi kehormatan yang luar biasa, bahwa dampak sosial, inovasi teknologi, model bisnis, skala penggunaan, dan program-program sustainability (berkelanjutan) yang  dilakukan Ruangguru bisa diakui dan bersaing secara global.

15 Juta Pengguna

Sebagai informasi, Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan pendidikan. Saat ini telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna terdaftar. 

Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman. Keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia. 

Salah satu produk unggulan Ruangguru yaitu ruangbelajar menawarkan video belajar beranimasi. Kemudian latihan soal dan rangkuman berbentuk infografis serta tryout persiapan ujian. Ruangguru saat ini memiliki 2.000 pegawai dan juga memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat. 

Saat ini Ruangguru telah dipercaya oleh 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Ruangguru juga menjadi salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia Google Play User’s Choice Award 2018.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.