Dijual Rp 78 Miliar, Ini Rumah Bekas Peristiwa Pembunuhan yang Kayak Istana

3 menit
Rumah bekas
Dijual Rp 78 Miliar, Ini Rumah Bekas Peristiwa Pembunuhan yang Kayak Istana, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebuah rumah bekas mewah di California, telah resmi dijual di pasaran di harga US$ 5,5 juta atau Rp 78 miliar. Bentuknya memang mirip istana, dan rumah ini ternyata adalah lokasi di mana produser musik Phil Spector menembak mati Lana Clarkson di tahun 2003.

Wah, males amat ya menempati rumah bekas peristiwa penembakan alias pembunuhan. Udah mahal, ternyata bekas TKP pembunuhan. Tapi buat yang punya uang tentu rumah ini bisa jadi investasi karena nilai historisnya.

Bangunan yang megah ini kerap disebut dengan nama Pyrenees Castle. Bangunan ini merupakan bangunan tua yang sudah ada di tahun 1920-an, namun Spector membelinya pada tahun 1998 di harga US$ 1,1 juta.

Penasaran sama sejarah dan fakta-fakta rumah bekas yang kayak istana ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: Hingga Rp 21 Triliun, Ternyata Ini 6 Rumah Termewah dan Termegah di Dunia!

1. Dulu dibangun buat seorang ekspatriat Perancis

Rumah bekas
Rumah yang dulunya ditempati oleh produser musik kenamaan dijual, (Variety.com).

Menurut informasi dari situs Variety, rumah ini didesain oleh arsitek bernama John Walker Smart. Dan pembangunannya rampung di pertengahan 1920-an.

Pemilik rumah pertama ini adalah Sylvester Dupuy, seorang ekspatriat asal Perancis sekaligus pengusaha kaya. Keluarga Dupuy meninggalkan rumah itu di tahun 1940-an dan akhirnya rumah bekas itu dijadikan sebuah apartemen.

Alhasil, di tahun 1980 seorang pengusaha asal Hong Kong membelinya dan melakukan renovasi. Tapi sayangnya, di tahun 1990 rumah itu malah disita dan dijual ke Spector di tahun 1998.

Baca juga: Harganya Bisa buat Beli Mobil Jepang, Ini Deretan Mainan Lego Termahal!

2. Luasnya sampai 1 hektare

Rumah bekas
Rumah yang memiliki luas hingga 1 hektare ini terbilang mewah, (Variety.com).

Setelah membeli rumah bekas ini, Majalah Esquire kabarnya pernah memuji keindahan hunian ini. Pyrenees Castle disebut sebagai sebuah kastil terindah yang berdiri di kota tersebut, yang tinggal di sana dijamin betah.

Kabarnya, di dalam kastil itu ada sembilan kamar tidur dan 10 kamar mandi! Dindingnya pun dihiasi kristal dan mural yang semuanya diukir tangan.

Rumah bekas
Luasnya mencapai 1 hektare, rumah ini dijual dengan harga selangit, (Variety.com).

Sekilas penampakannya memang terlihat kayak kastil Drakula di Rumania. Benar-benar megah, dan klasik. Ini sih cocoknya mungkin jadi museum kali ya.

Baca juga: Habiskan Rp 200 Ribu Sehari, Padahal Penjual Susu Ini Orang Terkaya Sejagat

3. Interior mewah ini mengusung desain Eropa

Rumah bekas
Rumah yang mengusung desain Eropa ini terbilang masih mewah, (Variety.com).

Berhubung ini merupakan hunian yang didesain buat warga berkebangsaan Perancis, gak heran kalau interiornya memang berbau Eropa. Jelas banget, rumah ini memang tampak bak rumah bangsawan. Lampu gantung dan tema interiornya pun terbilang klasik dan mahal.

Rumah bekas
Dengan mengusung tema Eropa, rumah ini memakai material kayu, (Variety.com).

Penggunaan lantai dan ornamen-ornamen kayu di rumah itu juga semakin membuat rumah ini terlihat sangat mahal dan mewah.

4. Dapur justru terlihat agak modern

Rumah bekas
Desain dapur rumah ini terbilang modern, (Variety.com).

Tapi jika kita melihat suasana dapurnya, rumah bekas pembunuhan ini justru punya dapur unik yang memiliki unsur modern.

Sebagian dindingnya menggunakan bata ekspos, namun di sisi lain dilengkapi dengan lemari-lemari dinding berwarna putih. Benar-benar mirip dengan dapur rumah Amerika pada umumnya.

5. Terdapat balkon yang cukup panjang dan lebar

Rumah bekas
Balkon di rumah ini terbilang megah dan luas banget, (Variety.com).

Bagian rumah yang satu ini tentunya yang membuat hunian ini jadi mirip istana. Bentuk balkonnya benar-benar lebar, dan dari balkon, terlihat atap rumah berbentuk runcing yang menyerupai kastil Eropa.

Tempat ini memang cukup asyik digunakan sebagai tempat santai di malam hari. Atau bisa juga buat outdoor party di tempat ini.

Itulah penampakan rumah bekas pembunuhan yang lagi dijual di pasaran. Tertarik beli buat investasi? Silahkan kalau ada uangnya.

Intinya, makin besar sebuah rumah maka makin besar juga biaya perawatannya. Walaupun harga jualnya juga mahal, tapi jangan harap cepat laku lho ya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.