Intip Rumah Masa Kecil Trump yang Bergaya Eropa Klasik Tahun 1400-an

3 menit
Rumah Donald Trump di New York Dilelang (Shutterstock).
Rumah Donald Trump di New York Dilelang (Shutterstock).

Rumah Donald Trump di New York kembali dijual. Rumah yang terletak di daerah Queens ini sudah melewati dua kali pelelangan, pada tahun 2017 dan 2019 ini.

Pelelangan pertama yang digelar pada tahun 2017 lalu dan laku di harga US$ 2,1 juta atau Rp 30 miliaran. Rumah tersebut pun jatuh ke tangan seorang investor properti Michael Davis. 

Rumah yang menjadi tempat tinggal Trump sewaktu kecil itu kemudian dilelang kembali pada Februari 2019 lalu. Davis membuka pelelangan dengan harga US$ 2,9 juta atau Rp 40 miliaran. Tapi sayangnya gak ada yang mau beli di harga segitu. Kini rumah tersebut kembali dilelang dengan harapan bisa mendapatkan harga sekitar US$ 2 juta sampai US$ 6 juta. 

Trump tinggal di rumah ini semenjak ia lahir sampai berusia 4 tahun, atau sekitar tahun 1946-1950-an. Saat Trump dilantik menjadi Presiden pada tahun 2017, rumah ini pun mendadak tenar. 

Memanfaatkan hal tersebut, Davis pun mendaftarkan rumah ini ke dalam Airbnb. Bagi siapa saja yang mau merasakan tinggal di rumah masa kecil Presiden AS ini harus membayar sewa US$ 725 per malam atau Rp 10 jutaan. 

Penasaran dengan rumah Donald Trump saat ia kecil? Yuk intip arsitektur serta jeroannya. 

Arsitekturnya bergaya Tudor atau era Inggris tahun 1400-an 

Rumah Donald Trump
Rumah Trump Bergaya Tudor

Rumah Donald Trump masa kecil ini memiliki gaya arsitektur Tudor. Arsitektur ini diterapkan dan sering dijumpai di Inggris era tahun 1400-an sampai 1600-an. 

Karakteristiknya adalah atapnya yang berbentuk lancip, ada cerobong asapnya, serta materialnya yang didominasi oleh kayu. 

Berhubung rumah Trump ini dibangun di era 1900an, trend pembangunan rumah tudor pun sudah beralih, dari kayu menjadi tembok bata. Namun, untuk menjaga nuansa Tudornya, catnya diberi warna coklat yang seolah-olah menyerupai kayu. 

Untuk beberapa part seperti langit-langit, pintu, dan list jendela masih menggunakan material kayu.

Terletak di kompleks elite Jamaica Estates 

Rumah Donald Trump
Rumah masa kecil Trump

Letaknya berada di Jamaica Estates, Queens, New York. Daerah ini bisa dibilang kompleks untuk orang-orang kaya pada masanya hingga saat ini. Harga rumah di sana rata-rata sekitar US$ 980 ribu atau Rp 13,8 miliaran. 

Wilayahnya sangat adem, karena masih banyak pohon-pohon di pinggir jalan. Sementara suasananya juga tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Karena Jamaica Estates berjarak sekitar 40 menit berkendara mobil dari pusat Manhattan. 

Punya lima kamar tidur bergaya klasik 

Rumah Donald Trump
Kamar tidur di rumah masa kecil Trump

Rumah Donald Trump semasa kecil ini memiliki lima kamar tidur. Satu di antaranya adalah kamar tidur untuk anak-anak yang memiliki dua kasur tingkat. Desain interiornya terlihat klasik karena materialnya serba kayu, mulai dari lantainya, meja, kursi, sampai jendelanya.

Ruang keluarga yang hangat 

Rumah Donald Trump
Ruang keluarga

Salah satu ruangan utamanya atau ruang keluarga terasa sangat hangat dengan keberadaan sofa dan dua kursi. Lagi-lagi nuansa klasiknya juga berasa karena material lantai dan furniturnya masih didominasi dengan kayu. 

Kalau musim dingin, ini adalah spot favorit bagi keluarga Trump, karena terdapat perapian. 

Perpustakaan kecil tapi mewah

Rumah Donald Trump
Perpustakaan

Rumah masa kecil Presiden AS ini juga memiliki ruang membaca yang sangat klasik. Materialnya, mulai dari rak buku sampai mejanya menggunakan kayu. Arsitektur ini mengingatkan kita akan perpustakaan-perpustakaan di Eropa pada masa abad ke-18. 

Ruang makan yang sederhana 

Rumah Donald Trump
Ruang makan

Ruang makannya terlihat sederhana, tidak banyak perabotan-perabotan yang tersimpan. Kalau dilihat dari gambar, cuma ada meja panjang, beberapa kursi, dan lampu gantung. 

Dapur kecil 

Rumah Donald Trump
Dapur

Meski orang tua dari Trump dari dulu sudah menjadi bos properti, rumah pertama Trump ini gak didesain terlalu mewah. Bisa dilihat dari dapurnya gak terlalu besar, tapi cukup untuk digunakan sebagai ruang memasak.

Itulah kondisi rumah Donald Trump pada masa kecil yang kini kembali dilelang. Proses pelelangan dilakukan di laman resmi perusahaan properti Paramount Realty USA. Lelang akan ditutup pada 14 November mendatang. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.