Pantes Jadi Impian! Begini Penampakan Rumah Joglo Irfan Hakim

3 menit
Rumah impian Irfan Hakim (Instagram/irfanhakim75)
Rumah impian Irfan Hakim (Instagram/irfanhakim75)

Irfan Hakim kini menghuni rumah impian di kawasan Jatiwaringin, Jakarta Timur. Rumah impian artis Indonesia ini berkonsep modern dan tradisional dengan desain bangunan rumah joglo khas Jawa.

Dengan desain bangunan joglo, suami Della Sabrina Indah Putri itu membagi ruangan di hunian yang awalnya hanya memiliki luas tanah 650 meter persegi ke beberapa bagian.

Pada bagian public area, untuk tamu yang berkunjung. Sementara itu, pada bagian private area atau ruang keluarga menggunakan perpaduan konsep modern dan tradisional.

Sementara itu, taman di halaman belakang rumah begitu unik dengan kursi tua dan sumur palsu untuk memberi kesan tua dan tetap alami. Taman ini juga dihuni beberapa hewan peliharaan seperti kura-kura, kelinci, dan burung kakatua.

Penasaran seperti apa penampakan rumah idaman Irfan Hakim? Yuk, simak lengkapnya seperti dilansir dari chanel YouTube Ria Ricis berikut:

Rumah joglo

Rumah joglo Irfan Hakim (YouTube/dehakimschannel)
Rumah joglo Irfan Hakim (YouTube/dehakimschannel)

Sebagai orang yang sangat sibuk, Irfan membutuhkan suasana rumah yang menyenangkan dan tenang. Tak heran jika Irfan menerapkan konsep ini untuk rumahnya yang memiliki konsep  tradisional Joglo.

Selain mengadaptasi konsep tersebut untuk bentuk rumahnya, dia juga menggunakan aksen joglo yang kental di bagian dalam rumah hingga interiornya.

Ayah empat anak itupun memiliki alasan memakai gaya tradisonal untuk huniannya yang berada di pusat kota tersebut.

Gue suka sesuatu yang klasik dan tradisional, dulu pernah belajar tarian daerah, musik daerah, pernah jadi duta seni juga, kecintaan gue pada segala sesuatu tradisional itu tinggi banget, makanya gue suka rumah joglo,” kata Irfan Hakim kepada Ria Ricis.

Kan pekerjaan gue keliling daerah, jadi ketika berkeliling itu sekalian ngisi acara gue juga hunting ke pasar-pasar barang-barang bekas. Sudah gitu ada rumah joglo dijual, ini dari Gunung Kidul Yogyakarta,” sambungnya menceritakan awal mula memilih rumah joglo.

Baca juga: Rumah Mewah Depe, Didominasi Warna Hitam dan Ada Kolam Renang di Dalamnya

Hunting barang-barang tradisional

Barang-barang tradisional di rumah Irfan Hakim (YouTube Ria Ricis)
Barang-barang tradisional di rumah Irfan Hakim (YouTube Ria Ricis)

Untuk melengkapi hunian tradisional miliknya, Irfan pun hunting hingga ke luar kota. Namun, itu dilakukannya bersamaan dengan momen pekerjaannya.

“Serunya membangun sebuah rumah unik tradisonal itu kayak bikin puzzle, semua-semuanya bekasan semua. Lebih seru hunting-nya (membeli barang bekas), tapi ini juga kebanyakan dari galeri-galeri yang mereka sudah hunting,” papar Irfan.

Meski rumahnya tampak banyak didominasi barang-barang jadul alias zaman baheula, pria berdarah Sunda ini justru merasa bangga. Apalagi, furnitur yang digunakannya didominasi unsur kayu yang hangat.

“Kita telat beli (barang lama), langsung simbil orang, dan secara historical juga lebih banyak ceritanya karena ini peninggalan leluhur kita. Kayak kursi ini kursi-kursi lama, lampunya juga, pagarnya,” imbuhnya yang hunting barang-barang tradisional selama bertahun-tahun.

Baca juga: Bergaya Modern Minimalis, Rumah BCL Dilengkapi Kolam Renang Pribadi!

Koridor rumah

Area koridor rumah Irfan Hakim (YouTube/dehakimschannel)
Area koridor rumah Irfan Hakim (YouTube/dehakimschannel)

Memasuki dalam rumahnya, Irfan memberi sentuhan nuansa semi modern di beberapa bagian huniannya tersebut.

Salah satunya, corak keramik yang berbentuk bunga, lampu berdiri, serta beberapa lukisan menambah kehangatan tersendiri di bagian koridor rumahnya.

Kamar

Kamar tidur anak Irfan Hakim (chanel YouTube/Ria Ricis)
Kamar tidur anak Irfan Hakim (chanel YouTube/Ria Ricis)

Memasuki kamar anak kembarnya Irfan Hakim, seluruh warna dinding dan furnitur didominasi warna putih.

Sedangkan beberapa perabot lain seperti gorden, gagang pintu, dan rak buku berwarna pink.

Dapur sederhana

Dapur di rumah Irfan Hakim (YouTube/dehakimschannel)
Dapur di rumah Irfan Hakim (YouTube/dehakimschannel)

Menyesuaikan konsep rumah yang asri, unik, dan tradisional, Irfan menggunakan area dapur rumah yang terbuka dan sederhana.

Meski membuat dapurnya lebih minimalis, area ini tetap nyaman karena langsung menghadap ke taman belakang rumah yang asri.

Dalam dapur tersebut juga ada meja makan berbahan marmer putih yang semakin mempercantik tampilannya.

Irfan sengaja menggunakan konsep terbuka untuk dapurnya agar sang istri lebih nyaman ketika memasak. Konsep ini juga membuat pertukaran udara di dapur menjadi lebih bebas, sehingga dapur tidak sumpek meski kecil.

Taman

Taman di rumah Irfan Hakim (YouTube/Ria Ricis)
Taman di rumah Irfan Hakim (YouTube/Ria Ricis)

Taman belakang ini penuh dengan berbagai tanaman hijau, membuat suasana dapur lebih segar dan nyaman.

Di area taman itu pula Irfan memelihara hewan-hewan peliharaan kesayangannya mulai dari kura-kura, burung, dan hewan lain yang sangat cantik.

Itulah rumah idaman Irfan Hakim yang kental nuansa tradisional. Sebagai bentuk syukur, Irfan telah menggelar syukuran untuk rumah barunya pada April 2018 lalu.

 

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.