3 Orang Beken Ini Punya Rumah Joglo di Jakarta, Siapa Aja Mereka?

3 menit
3 Orang Beken Ini Punya Rumah Joglo di Jakarta, Siapa Aja Mereka?, (Instagram/@joglohousepuspitek ).

Selain megah dan artistik, bangunan rumah Joglo khas Jawa juga tergolong lebih tahan gempa ketimbang rumah lain. Bahkan rumah Joglo ini desainnya banyak digemari oleh orang lho, bahkan pesohor negeri ini memilih modelnya.

Sejatinya gak ada satupun rumah di dunia ini yang tahan gempa. Kalau gempanya udah parah ya bangunan sekokoh apapun pasti ambruk.

Tapi kalau cuma skala kecil, bisa dibilang rumah Jawa kuno ini memang tergolong lebih kuat. Struktur rumah ini memang terbilang cukup kokoh, penempatan besinya juga gak bisa sembarangan.

Bisa dibilang, kalau punya rezeki berlebih maka gak salah kok untuk membangun rumah Joglo di Jakarta.

Kalau dipikir-pikir, ada tiga orang terkenal yang membangun rumah khas Jawa ini di Jakarta. Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Hingga Rp 21 Triliun, Ternyata Ini 6 Rumah Termewah dan Termegah di Dunia!

1. Irfan Hakim

Rumah Joglo
Irfan Hakim emang doyan banget nih dengan rumah dengan unsur etnik, salah satunya Joglo, (Instagram/@irfanhakim75).

Rumah Joglo yang terletak di Jatiwaringin, Jakarta Timur, ini didesain dengan menggunakan konsep modern dan tradisional. Rumah ini berdiri di atas tanah seluas 650 meter persegi.

Irfan bahkan rela hunting barang-barang bekas buat mempercantik dan memperkuat unsur Jawa di huniannya.

Uniknya, penampakan luar rumah ini memang tradisional banget. Tapi kalau sudah masuk ke dalamnya, baru deh terlihat desain modernnya.

Irfan sendiri mengaku bahwa dirinya memang suka hal-hal yang berbau klasik dan tradisional. Oleh karena itu, konsep Joglo memang digunakan olehnya buat membangun rumah.

Baca juga: Pesta Pernikahan Ratusan Miliar hingga Punya Ribuan Mobil, Ini 7 Wanita Muslimah Terkaya di Dunia

2. Anies Baswedan

Rumah Joglo
Anies Baswedan memilih bangunan Joglo sebagai huniannya, (Instagram/@aniesbaswedan).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga memiliki rumah Joglo yang terletak di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dan penampakannya terbilang cukup stand out lantaran rumah itu ada di kelilingi bangunan hunian lainnya dengan model modern dan kekinian.

Luas tanah di rumah itu mencapai 1.600 meter persegi. Tanah ini dibeli Anies pada tahun 2009, dan dia pun menyerahkan urusan pembangunan rumahnya kepada teman SMA-nya. Akses menuju rumah ini terbilang cukup sempit karena ada di wilayah perkampungan.

Material kayu yang digunakan Anies untuk membangun rumahnya adalah kayu-kayu berusia ratusan tahun. Itu semua berasal dari Kota Surakarta lho.

Konsep Joglonya adalah Satrio Pinayungan yang seringkali ditemukan di Kraton Surakarta. Dan konsep ini juga di fungsikan 100 persen di rumah Anies.

Bagian atas atau lantai dua rumah Anies digunakan buat kegiatan masyarakat. Pada akhir pekan, banyak anak-anak kecil di lantai dua rumah Anies. Karena lantai itu dialihfungsikan sebagai tempat PAUD (pendidikan anak usia dini). Sementara itu bagian bawahnya ya digunakan untuk ruang keluarga.

Baca juga: Miliki Interior Sederhana, Begini Penampakan Rumah Megah Crazy Rich Bali Ajik Krisna

3. Muhammad Romahurmuziy

Rumah Joglo
Romahurmuziy juga memilih bangunan Joglo sebagai huniannya, (Instagram/@romahurmuziy).

Nah, politisi yang saat ini menjadi tahanan KPK ternyata juga memiliki rumah Joglo terletak di kawasan Condet, Jakarta Timur.

Namun, menurut laporan LHKPN, Rommy memiliki bangunan seluas 200 meter persegi dan 250 meter persegi. Bisa jadi, bangunan yang dimaksud adalah rumah ini.

Bangunan yang terletak di samping bangunan beratap Joglo ini sepertinya adalah rumah utama. Desain rumah tersebut memang menjulang tinggi, pintu masuknya pun terlihat keren banget menyerupai istana.

Di bangunan tersebut terdapat pintu penghubung yang dapat menghubungkan rumah inti ke bangunan beratap Joglo persis di sebelahnya.

Bisa jadi bangunan beratap Joglo ini emang dijadikan ruang serba guna oleh keluarga Rommy. Ruangan tersebut mungkin digunakan buat rapat atau acara keluarga.

Itulah ketiga pesohor yang membangun rumah Joglo di Jakarta. Sejatinya, cocok-cocok saja kan rumah khas Jawa yang dibangun di Jakarta. Rumah dengan kearifan lokal ini tentunya juga bakal terlihat unik dan menonjol dari rumah-rumah lain. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.