Dijual Rp 106 M, Begini Penampakan Hunian Mewah Legenda Grunge Kurt Cobain

3 menit
rumah kurt cobain
Rumah Kurt Cobain di Seattle. (Shutterstock)

Bekas rumah sang legenda musik grunge, Kurt Cobain dijual. Buat yang ingin memilikinya, harus menebus bayaran sebesar US$ 7,5 juta atau Rp 106 miliaran. 

Rumah yang terletak di jantung Seattle, AS itu dibeli sang pentolan grup Nirvana pada tahun 1994 silam. Di sanalah ia tinggal bersama dengan sang istri, Courtney Love, dan sang putri Frances Bean Cobain. 

Tapi sayangnya, Kurt dan keluarga kecilnya tidak bisa tinggal lama, karena sang megabintang pergi untuk selama-lamanya di tahun yang sama karena overdosis obat-obatan terlarang. 

Berikut ini fakta-fakta bekas rumah Kurt Cobain yang kini dijual oleh perusahaan property Ewing and Clark. 

Baca juga: Masih Hasilkan Rp 1,4 Miliar Walau Sudah Tiada, Ini Fakta Kurt Cobain

1. Rumah bergaya Queen Anne, dibangun tahun 1902 

rumah kurt cobain
Bergaya Queen Anne. (Wolfnet.com)

Bekas rumah Kurt Cobain ini ternyata umurnya sudah lebih dari 100 tahun lho. Bagaimana tidak, rumah yang letaknya di taman Denny Blaine ini dibangun pada tahun 1902. 

Pada masa itu, rumah bergaya Queen Anne tengah marak di negeri Paman Sam. Queen Anne merupakan desain arsitektur rumah yang berasal dari Inggris di era 1700-an. Tapi kemudian, gaya rumah ini mulai populer di AS pada tahun 1800-1900-an awal. 

Bentuk khasnya adalah atap yang lancip, ada cerobong asap, dinding yang berpola, halaman luas, dan tentunya banyaknya jendela yang berfungsi untuk mengatur cahaya ke dalam rumah. 

Baca juga: 9 Vokalis Band Rock Legendaris yang Hartanya Rp 1 Hingga Rp 9 Triliunan

2. Halamannya luas 

rumah kurt cobain
Halamannya luas banget. (Wolfnet.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumah vokalis Nirvana ini memiliki halaman yang luas. Inilah yang menjadi ciri desain arsitektur hunian Queen Anne pada masanya. Lahan berumput hijau nan luas, pepohonan rimbun, dan kolam buatan membuat suasana rumah menjadi teduh.  

Berdasarkan keterangan dari pihak perusahaan properti yang menjualnya, luas bangunannya mencapai 8.000 kaki persegi atau sekitar 743 meter persegi. Sementara itu, luas lahan keseluruhannya sekitar 3.000 meter persegi. 

Baca juga: Dianggap Produk Gagal, 5 Lagu Ini Justru Bikin Musisinya Tajir Melintir

3. Sempat ada rumah kacanya, tapi dihancurkan 

rumah kurt cobain
Bagian rumah kacanya sudah dirobohkan. (Wolfnet.com)

Kurt Cobain juga mengakhiri hidupnya di properti ini, tepatnya di bagian rumah kaca. Tapi karena hal tersebut, sang istri memutuskan untuk menghancurkan rumah kaca itu demi menghilangkan kenangan buruk bersama sang legenda. 

4. Menghadap langsung ke gemerlapnya pemandangan kota Seattle 

rumah kurt cobain
Pemandangan Kota Seattle dari balkon. (Wolfnet.com)

Hunian yang usianya sudah lebih dari 100 tahun ini memiliki empat ruang tidur dan empat kamar mandi. Sayangnya, pihak penjual tidak membocorkan penampakan bagian dalam rumah ini secara detail. Jadi, tidak ada bayangan gimana suasana dalamnya. 

Tapi yang ditonjolkan oleh pihak penjual adalah salah satu spot pemandangan yang bisa dilihat dari balkon rumah, yaitu laut dan gedung-gedung pencakar langit Seattle. 

Sepeninggal Kurt Cobain, Courtney Love masih tinggal di hunian ini bersama dengan putrinya hingga tahun 1997. Kemudian ia memutuskan untuk menjualnya ke pihak lain dengan harga US$ 2,5 juta atau Rp 35 miliaran. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.