Wow, Hunian Mandra Nyaris Seluas Rumah Bob Sadino dan Ada Kuburannya!

5 menit
rumah mandra
Mandra dan sang istri di depan kediaman mereka. (Instagram/@mandra_ys)

Bukan cuma jadi tempat tinggal, rumah Mandra yang terletak di kawasan Cimanggis, Jawa Barat, ini kabarnya jadi tempat “persinggahan jiwa”. Selain itu, pastinya ukuran rumah itu juga sangat luas.

Gak heran sih kalau komedian asli Betawi ini punya rumah yang berukuran besar. Mandra memang memiliki karier yang sukses di dunia hiburan.

Asal kamu tahu, karier pria kelahiran 1966 silam ini dimulai dari Lenong Betawi. Berkat sinetron Si Doel Anak Sekolahan, nama Mandra pun melejit.

Di tahun 2000, dia bahkan tampil di sebuah sinetron komedi yang terinspirasi dari serial action Barat Renegade yang diperankan oleh Lorenzo Lamas. Nama sinetron itu dibikin mirip yaitu “Mandragade.” Di sana, Mandra jadi pemeran utama yang setiap harinya menunggang moge lho.

Beberapa sinetron lain yang dibintanginya adalah Tarzan Betawi, Juleha, Janggo Betawi, Kabayan Anak Betawi, hingga Dunia Terbalik. Gak hanya sinetron, Mandra juga tampil di banyak iklan hingga film layar lebar lho.

Berkat kesuksesan itulah Mandra yang lahir dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan, mampu membeli sebuah aset properti yang luar biasa keren. Penasaran sama rumah Mandra? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Raffi Ahmad Boyong Nagita Slavina Huni Rumah Rp 70 M, Begini Penampakannya

1. Luasnya nyaris 2 hektare dan bergaya Betawi Tempo Doeloe

rumah mandra
Luas banget halamannya ya. (Tangkapan layar tayangan Trans 7)

Wuih, kalau luasnya saja sampai 2 hektare berarti rumah ini gak jauh beda sama rumahnya almarhum Bob Sadino.

Halaman rumah Mandra memang sangat luas, dipakai buat main bola pun bisa banget. Bisa jadi Mandra memang membeli tanah lapang, yang akhirnya dia jadikan hunian.

rumah mandra
Mandra di depan rumahnya. (Tangkapan layar tayangan Trans 7/TransMedia)

Terlihat bahwa di halaman rumah ini ada beberapa bangunan berukuran kecil. Desain bangunan itu terlihat klasik dan memiliki unsur Betawi.

Baca juga: Desy Ratnasari Artis Kawakan Berharta Miliaran, Gini Potret Rumahnya yang Super Mewah!

2. Interior cukup mewah

rumah mandra
Interiornya lumayan mewah. (Tangkapan layar tayangan SILET)

Gimana dengan interiornya? Bisa dibilang nuansa interiornya mirip seperti rumah-rumah Indonesia pada umumnya dan tergolong cukup mewah.

Dari segi penataan, perabotan-perabotan di rumah itu tersusun rapi alias gak berantakan. Hiasan-hiasan rumahnya juga gak lebay.

rumah mandra
Ada lemari besar untuk simpan boneka. (Tangkapan layar tayangan SILET)

Mungkin satu benda yang terlihat eye catchy di rumah itu adalah sebuah lemari besar yang ternyata dijadikan tempat menyimpan boneka. Bisa jadi itu boneka milik putri Mandra.

rumah mandra
Mandra dan keluarga bersantap bersama. (Tangkapan layar tayangan SILET)

Ruang makan di rumah artis itu juga sepertinya bisa menjamu banyak orang. Jelas saja, saat Ramadan atau lebaran pasti ponakan hingga cucu Mandra pada main ke rumah yang megah itu.

Baca juga: Rumah Lapis Emas Muzdalifah Dijual Rp 32 M? Lebih Mahal dari Andre Taulany dan 7 Seleb Ini

3. Ada bangunan yang dijadikan tempat nongkrong

rumah mandra
Ini bangunan khusus buat duduk-duduk dan kongkow. (Tangkapan layar tayangan Trans 7/Trans Media)

Di rumah Mandra, ada satu bagian yang terlihat cukup lapang, yang katanya sering digunakan sebagai tempat nongkrong. Kalau diperhatikan, bangunan ini didominasi unsur kayu dan terlihat kosong melompong tanpa perabotan.

Mandra bilang, ketika bagian rumah yang ini diisi perabotan, kadang perabotan itu dipindahkan lagi oleh orang rumah. Alhasil lebih baik dibiarkan kosong saja.

Secara kasat mata, ruangan ini memang pas dijadikan tempat lesehan. Jendelanya yang besar tentunya membuat sirkulasi udara di ruangan ini jadi lebih baik. Adem pastinya ya.

Baca juga: Makan di Pinggir Jalan dan Tinggal di Rumah Sederhana, Ini Gaya Hidup Duta Sheila On 7 yang Jauh dari Kata Mewah!

4. Makam orangtua dan kakak pertamanya

rumah mandra
Bangunan yang dijadikan makam kerabat. (Tangkapan layar tayangan Trans 7/Trans Media)

Mengapa rumah Mandra disebut sebagai tempat persinggahan jiwa? Tentu saja karena di halaman belakang rumahnya yang luas, terdapat sebuah bangunan dengan pagar kayu yang ternyata difungsikan sebagai makam.

Keberadaan makam keluarga inilah yang memperkuat unsur Betawi di rumah Mandra. Memakamkan kerabat di tanah sendiri, merupakan kebiasaan yang kerap dilakukan oleh warga asli Betawi.

rumah mandra
Makam kerabat Mandra. (Tangkapan layar tayangan Trans 7/ Trans Media)

Makam keluarga ini juga dibuat senyaman mungkin oleh Mandra. Tujuannya agar para keluarga yang berziarah ke makam orangtua Mandra, bisa duduk santai lesehan di sini.

Intinya, makam di rumah Mandra jauh dari kata seram deh. Mandra sendiri yang bilang lho, justru saat lebaran tiba, tempat ini ramai oleh para sanak saudara Mandra.

5. Garasi mobil dengan atap tertutup

rumah mandra
Garasi mobil di halaman rumah.(Tangkapan layar tayangan Trans 7/ Trans Media)

Garasi mobil di rumah artis Indonesia itu memang gak dilengkapi dengan gerbang. Buat apa juga pakai gerbang, kan garasinya ada di halaman.

Akan tetapi, mobil-mobil tersebut ditempatkan di satu bangunan dengan atap tertutup.

Sejatinya, halaman rumah Mandra juga sudah cukup jadi parkiran banyak mobil. Hanya saja, kalau semua mobilnya diparkir di bawah terik matahari tentu lama kelamaan catnya bisa jadi kusam.

Kita akan bahas koleksi mobil Mandra di kesempatan selanjutnya ya.

6. Ada peternakan ayam, bebek entok, dan penangkaran gurame

rumah mandra
Peternakan milik Mandra. (Tangkapan layar tayangan Trans 7/ Trans Media)

Nah ini dia wilayah terpenting di rumah Mandra. Mandra ternyata punya peternakan unggas dan penangkaran gurame lho di rumahnya.

Dia memang sengaja beternak ayam kampung. Jadi, ketika ingin menyantap daging ayam, tinggal masuk ke kandang, ambil ayamnya dan potong. Mau bikin telur dadar, juga tinggal ambil telur di kandang saja, praktis kan?

Gak usah beli daging ayam di supermarket pun jadi. Dagingnya juga dijamin lebih segar karena ayamnya baru dipotong.

Begitupun jika Mandra ingin makan Pecak Gurame dan lainnya. Ikannya tinggal ambil dari kolam rumahnya saja.

7. Di rumah Mandra ada juga mushola

rumah mandra
Mushola di rumah Mandra. (Tangkapan layar tayangan SILET)

Lokasi Mushola di rumah Mandra juga ada di pekarangan rumahnya. Tentu saja, tempat ini bakal menjadi tempat ternyaman untuk beribadah.

Itulah penampakan rumah Mandra yang sangat luas dan bernuansa Betawi tempo dulu. Kira-kira tertarik gak membangun rumah kayak Mandra?

Kalau memang tertarik, tipsnya utamanya adalah membeli dulu tanahnya. Setelah itu, nabung untuk membeli beberapa beberapa petak tanah lainnya agar luas tanahmu bertambah.

Jika tanahmu sudah cukup luas, mulailah menabung untuk membuat bangunan di tanah lapang itu. Pelan-pelan saja, gak usah buru-buru. Intinya ketika pemasukan kita lagi besar, kita bisa mencicil pembangunan rumah. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.