Yuk Intip Rumah SBY di Kuningan yang Harganya Tembus Rp 100 Miliar

4 menit
rumah modern

Sebagai Presiden ke-6 Indonesia, Soesilo Bambang Yudhono (SBY) diberikan sebuah rumah modern dari negara. Rumah yang diberikan pada tahun 2016 ini letaknya di Mega Kuningan alias pusatnya Jakarta.

Rumah pak SBY ini cukup ramai dibicarakan lantaran harganya yang konon mencapai Rp 300 miliar. Kabar itu sendiri udah dibantah sama pak SBY. Meski demikian, harganya tetap ratusan miliar rupiah kok. Ya tetap aja mahal sih.

Rumah itu mulai ditempati pada awal 2017. Udah dijaga Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) juga. Intinya, selain mewah rumah ini juga dijamin aman banget.

Penasaran dengan rumah mewah yang letaknya di dekat Kedutaan Besar Qatar itu? Mari kita kupas tuntas.

1. Luas tanahnya gak sampai 1.500 meter persegi

rumah modern
Banyak yang bilang lahannya 4 ribu meter persegi, tapi hal itu sudah dibantah SBY (Merdeka)

Kenapa rumah modern ini harganya mencapai ratusan miliar? Menurut pantauan MoneySmart, harga pasaran tanah di Mega Kuningan bisa mencapai Rp 90 juta per meter persegi per Juni 2018.

Sempat beredar kabar kalau luas tanah di rumah itu mencapai 4 ribu meter persegi. Tapi kabar itu udah ditampik. Disebutkan bahwa luas tanahnya gak mencapai 1.500 meter persegi, tapi sayangnya gak disebutkan sih ukuran jelasnya.

Sebut aja luasnya cuma 1.200 meter persegi. Jika 1.200 meter persegi x Rp 90 juta = Rp 108 miliar. Itu pun udah lumayan mahal bukan?

2. Rumah modern gaya praktis

rumah modern
Halaman rumah SBY (Detik)

Secara arsitektur, rumah modern ini terlihat lebih praktis dan fungsional. Pastinya juga kelihatan mewah.

Kalau ada waktu, coba aja kamu main ke wilayah itu. Mega Kuningan adalah kawasan yang penuh dengan kedutaan besar negara asing. Alamat rumah modern pak SBY ini ada di Jl. Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan.

Pemilihan material kayu terlihat mendominasi penampilan eksterior rumah ini. Kesan modernnya pun jadi makin kelihatan. Selain itu ada jendela besar yang terlihat mencolok karena bentuknya unik.

Bangunan rumah SBY ubu semakin kelihatan mencolok karena dua rumah di sampingnya jauh lebih kecil dibanding rumah ini.

Bedanya lagi, di pekarangan depan rumah modern ini ada bendera Indonesianya.

3. Banyak jendela

rumah modern
Jendela rumah SBY (Detik)

Rumah modern ini punya atap yang pendek, gak seperti rumah-rumah yang ada di negara tropis pada umumnya. Meski begitu jendelanya cukup banyak dan besar, ada yang tingginya sampai tiga meter.

Cukup cerdas sih membuat rumah model gini. Dengan banyaknya jendela, maka mustahil deh kalau orang yang ada di dalam rumah ini kegerahan.

Sirkulasi udaranya banyak, pasti terasa lebih adem.

4. Kamar mandinya serasa di hotel

rumah modern
Kamar mandi rumah sby (bintang)

Namanya juga rumah mewah, udah pasti isinya mewah juga. Termasuk kamar mandinya.

Kamar mandi di rumah pak SBY ini mirip banget sama kamar mandi hotel mewah.

Dalam kamar mandi itu juga ada jendela besar yang membatasi dengan pemandangan di luar. Tenang aja, walau dari dalam kamar mandi pemandangannya terlihat jelas, bukan berarti yang dari luar bisa ngintip kamar mandi kok.

Rumah modern itu menggunakan kaca yang terlihat gelap dari luar.

5. Ada liftnya

rumah modern
Lift di rumah SBY (Merdeka)

Mungkin satu hal yang bikin kamu melongo ketika melihat rumah pak SBY adalah adanya lift di rumah tersebut. Udah kayak di mal aja ya, padahal cuma dua lantai.

Tapi kebayang gak sih seberapa urgent keberadaan lift di dalam rumah itu? Apa iya pasti terpakai terus? Belum lagi nih, perawatan lift juga kan gak boleh sembarangan.

Gak usah jauh-jauh deh, coba kamu main ke Gedung Proklamasi, Menteng. Di sana ada lift yang usianya udah tua dan gak terawat. Coba aja iseng-iseng kamu naikin liftnya, pencet lantai lima, dan rasakan sensasinya. Serem cuy.

6. Cat di dalam rumahnya berwarna putih

rumah modern
Cat putih untuk interior (Poskota)

Interior rumah modern ini berwarna putih, bikin bagian dalam jadi terasa lebih lapang.

Pemilihan warna putih menimbulkan kesan minimalis. Walaupun belum diisi perabotan, kamu pasti udah bisa membayangkan deh seperti apa jadinya kalau diisi.

Mungkin kalau isinya gak kayak rumahnya nenek Raffi Ahmad, pasti bakalan elegan dan keren. Media sempat menampilkan foto-foto rumah megah tersebut sebelum diisi oleh furnitur. Dua kata yang pasti terucap adalah “luas banget.”

Bayangin aja bangunan sebesar itu, catnya putih, dan gak ada isinya. Ditaruh gawang futsal mungkin seru kali ya.

7. Interior ruang makan serba kayu

rumah modern
Ruang makan rumah SBY (Bintang)

Unsur rustic tampak diaplikasikan di rumah modern ini. Buktinya di ruang makan unsur material kayunya cukup dominan.

Pengin punya interior kayu seperti yang ada di rumahnya pak SBY? Nabung dulu ya bos. Ini gak murah pastinya, apalagi kalau kamu perhatikan mejanya tuh yang bentuknya artistik banget. Harga meja seperti itu aja udah pasti jutaan Rupiah.

Seperti itulah penampakan rumah modern milik pak SBY. Tertarik punya rumah seperti itu? Jadi presiden dulu kalau pengin dapat gratis.

Meskipun mewah, rumah modern itu juga katanya sih jarang ditempati oleh SBY dan keluarga. Mereka lebih betah di Cikeas.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.