Dijual Rp 104 Miliar, Ini Rumah Mantan Raja Inggris yang Nikah dengan Janda

3 menit
Edward VIII
Rumah bekas Pangeran Edward VIII dijual (Biography)

Familiar dengan nama Raja Edward VIII? Atau mungkin Pangeran Edward kali ya berhubung dia sudah turun takhta di tahun 1936 karena menikahi seorang janda sosialita asal Amerika Serikat, Wallis Simpson.

Setelah Edward turun takhta, pasangan ini memilih tinggal di Prancis. Dan di tahun 1952, mereka membeli sebuah hunian mewah yang bernama Le Moulin de la Tuilerie. Menurut informasi di situs Towns and Country, rumah itu sekarang sedang dijual dan belum laris.

Buat kamu yang ingin ngerasain hidup seperti raja, tentu saja kamu bisa membeli rumah bersejarah itu.

Tapi, tentunya harus siap juga dengan harganya yang luar biasa mahal, belum lagi dengan biaya-biaya lain sekaligus tetek bengek yang berkaitan dengan pembelian properti di Prancis.

Penasaran seperti apa rumah mantan Raja Edward VIII? Berikut, ulasannya:

1. Harganya Rp 104 miliar

Edward VIII
Rumah Edward VIII dijual Rp 104 M (lemoulindelatuilerie.co.uk)

Harga properti yang dulu ditempati oleh Edward VIII ternyata mencapai US$ 7,3 juta atau setara dengan Rp 104 miliaran. Lokasinya ada di dekat Kota Paris yang gak lain Ibu Kota di Negeri Mode ini.

Bangunan rumah ini memang bergaya klasik, wajar saja ini adalah bangunan era abad ke 18. Dan arsitekturnya Prancis kuno banget deh.

Rumah mewah ini letaknya ada di Gif-sur-Yvette. Untuk menuju Paris, kamu cuma butuh waktu 30 menit saja dari sini.

Pemandangan di sekitar wilayah ini juga terbilang sangat asri. Pantas sekali untuk dijadikan tempat liburan atau rekreasi.

Baca juga: Seluas 20 Hektare, Rumah Haji Isam 10 Kali Lipat Lebih Besar dari Kediaman Bob Sadino!

2. Luas tanahnya 10 hektare!

edward VIII
Luas tanah rumah Edward VIII 10 hektare (lemoulindelatuilerie.co.uk)

Asal kamu tahu, rumah ini terbentang di tanah yang luasnya 10 hektare. Usai dibeli oleh Edward VIII, properti ini disulap menjadi country house seperti di Inggris.

Ada empat bangunan di Le Moulin de la Tuilerie, pertama adalah The Lodge, The Stables, Le Pidgeonier, dan L’Orangerie.

Renovasi yang dilakukan Edward VIII bisa dibilang habis-habisan. Gosipnya sih menghabiskan dana sebesar 50 ribu Franc pada tahun 1950-an, dan prosesnya memakan waktu dua tahun.

Baca juga: Mewah dan Luas, Begini Penampakan Rumah Hitam Putih Tata Janeeta

edward VIII
Luas tanah rumah Edward VIII 10 hektare (lemoulindelatuilerie.co.uk)

Alhasil, Le Moulin de la Tuilerie jadi seperti ini. Edward membangun rumah-rumah kecil di tanah ini untuk dijadikan cottage-cottage dan guesthouse.

Sebut saja seperti The Stables yang dulu kandang kuda tapi sekarang jadi cottage dengan dua kamar. Lalu L’Orangerie yang dulu adalah sebuah tempat penyimpanan jerami, sekarang jadi ruang serba guna.

Edward VIII
Luas tanah rumah Edward VIII 10 hektare (lemoulindelatuilerie.co.uk)

Sementara itu The Lodge yang kerap disebut sebagai Maison du Gardien adalah bangunan bertembok batu yang sangat artistik. Bangunan ini berisikan 11 kamar dan sangat cocok untuk ditempati oleh dua keluarga.

3. Bisa jadi aset produktif

Edward VIII
Rumah Edward VIII bisa jadi aset produktif (lemoulindelatuilerie.co.uk)

Bisa dibilang, dengan membeli aset properti ini yang bisa mendatangkan uang. Buat resepsi pernikahan contohnya, buat dijadikan tempat liburan, atau mau dijadikan tempat party mewah juga bisa.

Gak usah khawatir karena mau seberisik apa event yang kamu gelar di sini, kamu gak akan mengganggu orang-orang di sekitar. Wong lokasi properti ini juga cukup jauh dari pusat kota.

Karena pada dasarnya, saat ini pun Le Moulin de la Tuilerie memang disewakan ke publik. Dan tentunya, yang menyewa tempat ini adalah para crazy rich atau seleb-seleb papan atas.

Siapapun yang berniat menggelar event untuk banyak orang di dekat Paris, maka Le Moulin de la Tuilerie bakal jadi venue yang tepat.

Itulah sekilas fakta dari tempat tinggal Edward VIII yang kini sedang dijual. Asal kamu tahu, sepeninggal Edward VIII, hunian ini dibeli pengusaha Swiss dan seorang dokter asal Lebanon sebelum akhirnya berpindah tangan ke bos investasi bernama Roland Duce.

Sekarang semuanya juga sudah direnovasi ulang, gak usah khawatir sama pasokan listrik di sini. Semuanya aman deh! (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.