Mulai dari Rp 400 Ribuan, Ini 6 Rumah Pohon yang Enak Banget buat Menginap

4 menit
rumah pohon
Rumah pohon Molenteng. (Shutterstock)

Selalu ada aja yang baru dan unik dari destinasi wisata di Indonesia. Salah satunya adalah pilihan berwisata dengan menginap di rumah pohon.

Walaupun namanya rumah pohon, jangan dibayangkan bangunannya berdiri di atas pohon ya. Soalnya rumah pohon yang dimaksud di sini berupa bangunan yang dikelilingi banyak pohon dan material yang digunakan dominan berbahan kayu.

Kalau kamu lagi pengin liburan yang bertemakan alam, menginap di rumah seperti ini bisa menjadi pilihan yang pas banget nih. Dijamin liburan bakal berkesan banget deh.

Di Indonesia ada beberapa rumah pohon yang kece dan cocok banget buat berlibur bersama pasangan ataupun keluarga. Di mana dan berapa tarifnya? Cek yuk daftarnya berikut ini.

Baca juga: Pelesiran di Bulan Ramadan, Kenapa Enggak? Ini 10 Destinasi yang Bisa Dipilih

1. Rumah Pohon Leo

rumah pohon
Rumah pohon Leo Taman Buah Mekarsari. (Instagram/@mekarsari_fruitgarden)

Di Taman Buah Mekarsari kamu gak cuma bisa melihat buah-buahan aja, tetapi juga bisa menginap di rumah pohon yang ada di sana. Berlokasi di tengah hutan, Taman Buah Mekarsari menyediakan cottage yang diberi nama Rumah Pohon Leo.

Bangunannya benar-benar dominan kayu yang ditopang beton-benton besar. Uniknya beton-beton dibuat persis seperti batang pohon. Kamu juga bakal disuguhkan pemandangan indah kebun buah dari teras rumah.

Taman Buah Mekarsari menyediakan lima unit rumah yang telah diberi fasilitas AC, shower, water heater, televisi, kulkas mini, hingga sarapan. Berapa tarif menginapnya?

  • Weekdays: Rp 770 ribu
  • Weekend: Rp 990 ribu

Baca juga: Yuk! Liburan ke 5 Tempat Wisata yang Ada di Pecahan Uang Kertas Rupiah

2. Safari Lodge Tree House

rumah pohon
Safari Lodge Tree House. (Instagram/@tsi_safarilodge)

Jauh ke Cisarua, Bogor, kamu bisa menemukan rumah pohon yang berlokasi di Taman Safari Indonesia. Penginapan yang diberi nama Hotel Safari Lodge Tree House ini merupakan bangunan bertingkat dengan kapasitas empat orang.

Selain menyuguhkan keindahan alam, Hotel Safari Lodge Tree House juga menyediakan fasilitas, seperti dua double bed, kamar mandi, televisi, lahan parkir (satu mobil), dan api unggun.

Taman Safari Indonesia memasang tarif menginap di Tree House ini, yaitu:

  • Weekdays: Rp 1,8 juta
  • Weekend: Rp 2,2 juta

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Bandung Terbaru yang Mesti Kamu Datengi Nih!

3. Omah Kayu Batu, Malang

rumah pohon
Omah Kayu, Batu, Malang. (Shutterstock)

Di Kota Batu, Malang, ada rumah pohon Omah Kayu. Lokasinya berada di ketinggian 1.340 meter di atas pemukaan laut. Pastinya udaranya sejuk dan bikin kamu rileks sepanjang hari.

Sejauh ini Omah Kayu menyediakan enam unit rumah. Fasilitas yang disediakan di sana terdiri dari air mineral, sarapan, kamar mandi, air panas (water heater), hingga handuk.

Berencana mau menginap di sana? Segini tarif per malam di Omah Kayu Batu Malang.

  • Weekdays: Rp 400 ribu (Omah Kayu Mini), Rp 800 ribu (Omah Kayu Family)
  • Weekend: Rp 500 ribu (Omah Kayu Mini), Rp 900 ribu (Omah Kayu Family)

4. Terminal Wisata Grafika Cikole

rumah pohon
Terminal Wisata Grafika Cikole. (Instagram/@officialgrafika/@robbyleedjohari)

Rumah pohon lainya yang oke banget jadi pilihan berlokasi di Terminal Wisata Grafika Cikole. Destinasi wisata yang berada di Lembang, Bandung ini emang dikenal sebagai pondok wisata alam di sana.

Dengan lokasinya yang berada di atas bukit, berlibur di sini dijamin bakal bikin kamu nyaman banget. Sebab udara sejuknya datang dari Gunung Tangkuban Perahu.

Fasilitas yang tersedia di Terminal Wisata Grafika Cikole ini mulai dari televisi, ketersediaan sarapan, air mineral, api unggun, kamar mandi, air panas, balkon hingga jungle tracking.

Tarif menginap di Terminal Wisata Grafika Cikole, yaitu:

  • Weekdays: Rp 1,1 juta (Pinus, Damar, Cemara)
  • Weekend: Rp 1,1 juta (Pinus, Damar, Cemara)

5. Green Village Bamboo House

rumah pohon
Green Village Bamboo House. (Instagram/@greenvillagebali_)

Mau yang lebih kece? Nginap aja di Green Village Bamboo House di Bali. Rumah pohon yang berlokasi di Badung, Bali ini sepenuhnya berbahan dasar bambu.

Saking uniknya dan indahnya konsep yang ditampilkan, Green Village Bamboo House pernah dapat ulasan dari media luar negeri lho. Bangunannya sendiri terdiri dari enam lantai serta dilengkapi empat kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang santai, dan ruang makan.

Buat menginap di sana, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 4,67 juta per malam hingga Rp 11,42 juta per malam. Lumayan mahal ya?

6. Molenteng Tree House

rumah pohon
Molenteng Tree House. (Instagram/@nusapenidaholiday/@suyanthy)

Rumah pohon yang satu ini menawarkan pemandangan lautan lepas yang amat luar biasa. Soalnya, bukan cuma birunya laut yang bisa kamu lihat, namun juga bukit-bukit karang yang bertebaran dan kental aroma eksotis!

Molenteng tree house ini terletak di kawasan wisata Raja Lima, Nusa Penida, Bali. Dikutip dari Kompas, ada tiga rumah panggung yang tersedia di sini. Nah, salah satunya berbentuk rumah di atas pohon. Udah jelas, rumah di atas pohon-lah yang paling diminati wisatawan, karena kita bisa melihat pemandangan matahari terbit dari kabin yang satu ini.

Karena jumlah unit yang terbatas dan tingginya peminat, kamu harus booking jauh-jauh hari kalau mau merasakan sensasi menginap di sini. Soalnya, ketika MoneySmart coba melihat ketersediaan kamar di salah satu situs pemesanan akomodasi, rumah pohon Molenteng sudah penuh hingga akhir bulan Oktober 2019 lho!

Tiap rumah panggung punya kapasitas maksimal dua orang saja. Di situ juga ada toilet umumnya. Untuk makanan, kamu bisa memesan dari warung makan yang ada di sekitar situ. Bahkan, minta diantarkan langsung ke tempat menginap pun bisa.

Tarif menginap di Molenteng tree house:

  • Weekdays dan weekend: Rp 550 ribu.

Nah, itu tadi beberapa rumah pohon yang bisa kamu jadikan pilihan buat berwisata alam. Gimana nih? Ada gak dari salah satu pilihan di atas yang bikin kamu kepincut? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!