Prabowo Punya Rumah 4,8 Hektare di Hambalang, Begini Penampakannya

3 menit
Prabowo punya rumah 4,8 Hektare di Hambalang (Tempo)

Prabowo Subianto memiliki dua rumah, salah satunya terletak di Desa Bojongkoneng, Hambalang, Bogor. Meski terletak di wilayah pedesaan, Prabowo membeli tanah yang luas banget.

Prabowo dikabarkan membeli lahan luas di Hambalang itu pada tahun 2001. Tanah di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra itu diprediksi seluas 4,8 hektare.

Saking luasnya, tempat itu bisa dipakai buat mendirikan landasan helikopter alias helipad. Calon presiden (capres) nomor urut 2 itu juga memiliki peternakan kuda, sapi, kambing, hingga bebek di rumahnya itu.

Nama Hambalang menjadi identik salah satunya sebagai tempat tinggal Prabowo. Mantan Panglima Kostrad itu tinggal di kawasan perbukitan tersebut sejak akhir 2008.

“Ya antara Desember 2008 atau awal 2009 lah,” kata Prabowo.

Dia menuturkan, tanah tersebut dibelinya secara bertahap sejak 2003 dari Istarto Subagio.

“Itu senior saya (di Kopassus). Dia ada kebutuhan uang, maka ditawarkan ke saya. Saya juga enggak ada uang banyak, makanya kalau boleh saya cicil bertahap. Diizinkan. Cicilan terakhirnya baru lunas 2011 atau 2012 lalu,” ungkapnya.

Dia mengaku, waktu awal dibeli harganya Rp 20.000 per meter. Saat pembayaran terakhir, oleh pemilik sebelumnya sudah dihargai Rp 80.000 per meter.

Seperti apa kediaman Prabowo? Yuk, simak pemaparannya dari Kumparan jaringan MoneySmart berikut:

Rumah Hambalang

 

Semula Prabowo hanya menjadikan kediamannya di Hambalang ini untuk istirahat saja. Dia punya rumah lain di Jl. Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tapi, Prabowo kemudian menjadikan Padepokan Garuda Yaksa tempat mendidik dan mengajar. Berbagai pengetahuan kepada siapa saja.

Selain kiprah politiknya di Partai Gerindra, Prabowo juga sudah empat periode sejak 2004, didapuk menjadi Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Dia juga punya anak-anak binaan di bidang olahraga polo berkuda.

Di antara beragam obsesinya, adalah ingin punya perguruan tinggi yang terbaik di Asia Tenggara. Saat ini, dia membina sebuah perguruan tinggi di Bandung, yakni Universitas Kebangsaan Republik Indonesia.

“Uang saya enggak banyak, jadi sedikit-sedikitlah kita perbaiki. Sekarang saya sudah tunjuk rektornya yang bagus. Kalau saya enggak terus di politik, mungkin kampus di Bandung itu sudah jadi,” papar Prabowo.

Ruang kerja dipenuhi buku

Prabowo
Ruang kerja menjadi salah satu ruang di rumah Prabowo (Tempo)

Sebelum masuk ke kediaman Prabowo, sebuah gerbang kayu lebar dengan tinggi sekitar 2,5 meter menjadi aksesnya.

Di salah satu sudut ruangan, terdapat meja kerja Prabowo. Sebuah meja kayu solid yang lebar. Di atasnya tersimpan tumpukan-tumpukan buku.

Di sebelah kanan meja itu, terdapat bendera merah putih dan bendera Partai Gerindra, masing-masing terikat di pucuk tiang yang tegak berdiri.

Di dinding di belakang kursi yang menjadi pasangan meja kerja, tergantung lukisan Jenderal Sudirman dalam sebuah bingkai besar. Sementara dinding kiri dan kanan, terdapat rak yang disesaki buku. Topiknya sangat beragam.

Tumpukan buku juga terdapat di sebuah meja tamu besar yang dikelilingi sofa. Masih di ruangan yang sama.

Baca juga: Luas Sampai 4,8 Hektare, Ini 3 Tips Bangun Rumah ala Prabowo Subianto

Banyak ruang

Prabowo menata huniannya di Hambalang dengan banyak ruang (Tempo STR/Dhemas Reviyanto Atmodjo)

Padepokan Garuda Yaksa di Hambalang itu, memang punya banyak bangunan dan ruangan.

Dari pendopo, tampak sebuah ruangan seperti tempat transit, semacam lobi di hotel. Lantainya marmer hitam mengkilap. Dari situ ada lift untuk mengakses ruangan di bawahnya.

Pada dinding sepanjang alur tangga, tergantung banyak foto dan lukisan. Salah satunya, foto Prabowo muda menenteng senapan. Pada foto itu, tak ada keterangan lokasi dan waktu pengambilan foto.

Di atas bingkai foto seukuran A3 itu, terdapat foto Soeharto bersama keluarga besarnya. Prabowo masih ada dalam foto tersebut.

Baca juga: Ramai Pembahasan Unicorn di Topik Debat Capres, Prabowo Ingatkan soal Regulasi

Di antara banyak foto dan lukisan, yang paling besar adalah lukisan wajah Soemitro Djojohadikusumo, ayah Prabowo.

Pada bagian pojok, tercantum tanda tangan pelukisnya yang masih terbaca, Djoko Susilo. Di sebelah lukisan ini, ada foto Dora Marie Sigar, ibunda Prabowo.

Di ujung bawah tangga, ada sebuah ruangan besar diberi nama Wisma I. Ruang yang disediakan bagi tamu padepokan yang akan menginap.

Terlihat ada beberapa kasur dengan sprei licin, terhampar di atas karpet tebal. Bagian ruangan ini berlantai kayu parket. Licin dan mengkilap. Menandakan selalu dibersihkan dan terawat baik.

Peternakan dan ladang pertanian

Prabowo
Prabowo menata huniannya dilengkapi peternakan dan ladang pertanian (YouTube)

Selain peternakan, tanah di rumah Prabowo juga dimanfaatkan sebagai ladang pertanian. Bisa dibilang, tanah di rumah itu tergolong subur.

Kabarnya, di sana ada tanaman cabe, tomat, pepaya, kacang tanah, daun bawang, timun, dan sayur mayur lainnya.

Menurut laporan Detik, petugas keamanan di rumah tersebut pernah bilang kalau ketika musim panen, maka hasil perkebunan itu dibagi-bagikan ke warga. Warga boleh masuk dan dipersilakan memetik sendiri. Kegiatan yang menyenangkan pastinya!

Itulah hunian milik capres yang bersama calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno baru saja mengikuti debat capres terakhir bertemu capres nomor urut 1, Jokowi dan Ma’ruf Amin. Bagaimana menurut kamu?

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan