Rumah Sule Seharga Rp 15 Miliar, Ternyata Kayak Gini Isinya

4 menit
rumah sule

Rumah Sule tampaknya asyik buat kita bahas nih. Kenapa gitu? Karena katanya harga rumah orang asli Sunda ini jauh lebih mahal ketimbang rumahnya Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia itu. Wah!

Tapi emang sih, kalau dilihat lagi rumah Buffett emang gak istimewa banget. Harga rumahnya “cuma” Rp 3,3 miliar. Kalau segitu sih banyak banget orang di Jakarta yang harga rumahnya jauh lebih mahal dari Buffett. Tapi jelas orang-orang itu gak sekaya Buffett.

Oke baiklah, kita balik lagi ke rumah Sule ya.

Sebagai komedian, pria bernama asli Entis Sutisna ini emang punya honor yang besar. Konon kabarnya satu bulan bisa sampai Rp 1 miliar.

Gak heran Sule bisa beli rumah mahal. Menurut situs Rumahku sih, harga rumah komedian yang suka tandem dengan Andre Taulany ini mencapai Rp 15 miliar.

Jika dilihat dari luar, rumah tersebut emang kelihatan mahal. Tamannya juga cukup luas. Ketika masuk ke dalam, maka kamu bakal melihat banyaknya pilar berukuran besar yang menambah kesan mewah rumah ini. Kayak istana raja-raja deh.

Penasaran sama isi rumah yang katanya berharga Rp 15 miliar itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kolam renang

rumah sule
Kolam renang rumah Sule (Tribunnews)

Rumah orang kaya tentunya identik dengan kolam renang. Gak afdol aja kalau gak punya yang satu ini.

Nah punya kolam renang itu gak murah. Biaya pembuatannya mahal, biaya perawatannya juga. Kalau gak dipakai ya sia-sia.

Sule punya kolam renang yang besar di rumahnya. Dan di dekatnya ada gazebo buat bersantai. Gazebonya juga memiliki pilar kayu yang dihiasi batu alam di bawahnya.

Kalau diperhatikan, sepertinya kolam renang di rumah tersebut terdiri dari dua jenis yaitu yang cetek dan dalam. Sekilas bentuknya mirip dengan kolam renang di Admiralty Residence, Fatmawati, Jakarta Selatan.

[Baca: Rumah 7 Orang Terkaya di Dunia Ini Masih Kalah Mahal dari Pangeran Arab]

2. Studio rekaman

rumah sule
Studio Sule (Instagram)

Sampai kapan pun, seorang seniman emang selalu bermimpi punya studio rekaman sendiri. Jadi, sewaktu-waktu mereka pengin kerja atau cuma iseng-iseng main alat musik ya tinggal masuk ke studionya aja.

Studio mini milik Sule emang gak dilengkapi peredam suara. Konsep studionya adalah home recording digital.

Lewat video di Instagramnya, kita tahu kalau di studio mini itu cuma ada mixer, michrophone buat rekaman, dan laptop. Mungkin Sule emang gak butuh beli drum, gitar, bass, DJ, atau peralatan musik lainnya kali ya. Atau mungkin aja punya tapi disimpen di ruangan lain.

Tapi dengan perangkat seperti itu seseorang udah bisa kok berkarya dengan bikin lagu satu album. Sekarang kan digital recording udah canggih. Suara drum aja bisa diprogram lewat perangkat lunak. Gitu juga dengan alat musik lain.

3. Ruang kerja yang mirip ruangan bos!

rumah sule
Ruang kerja Sule (Tribunnews)

Sule punya ruang kerja sendiri lho di rumahnya. Dan ruangannya mirip banget kayak ruang kerja seorang bos di film-film.

Material kayu yang dipilih Sule bikin ruangan itu terasa hangat, dan di ruangan tersebut terpampang penghargaan-penghargaan yang telah dia dapatkan. Selain itu, ada juga hiasan berupa boneka cepot, cicin akik, dan sebagainya.

Kursi kulit berwarna oxblood tampak terlihat serasi dengan material kayu yang mendominasi ruangan itu. Pokoknya keren deh ruangannya.

4. Interior ruang keluarganya agak berlebihan

Jika ruang kerjanya terlihat klasik, maka ruang keluarganya malah terlihat modern. Emang sih rumah Sule ini terlihat gado-gado, belum lagi dengan pemilihan sofa berwarna merah yang benar-benar ngejreng.

Pintu berwarna putih dan dinding bermotif tampaknya mengeluarkan kesan berlebihan. Tapi ya namanya juga selera.

Bisa jadi itu bukan selera kamu, tapi kalau Sule sukanya gitu ya gimana lagi. Menurutnya, perpaduan warna itu merupakan warna yang menarik.

Kursi merah tampaknya juga bisa kamu temukan di bagian ruang makan rumah Sule. Kayaknya Sule emang senang sama kursi berwarna merah deh.

[Baca: 5 Rumah Mewah Artis Hollywood Ini Masih Kalah Mahal dari Rumah Setnov]

5. Tangga berwarna putih bersih yang terlihat kokoh

rumah sule
Ini tangga putih rumah Sule yang gede (LINE)

Tangga berwarna putih yang ada di dekat ruang makan menambah kesan mewah di rumah tersebut. Tangga itu tanpa disadari juga bikin semua orang yang datang ke sana jadi penasaran pengin naik ke atas.

So, pengin tahu apa yang ada di lantai dua? Simak poin selanjutnya.

6. Balkon mirip-mirip istana

rumah sule
Wow kayak istana (Tribunnews)

Berhubung di rumah Sule ada pilar besar, maka ketika kamu jalan-jalan di balkonnya, kamu serasa jalan di istana. Dindingnya berwarna putih bersih, pagarnya terbuat dari logam hitam. Dan dari atas balkon, apalagi pemandangan yang bisa kamu nikmati selain kolam renang. Pokoknya enak dipandang banget deh.

7. Ada supercar McLaren di rumah Sule

rumah sule
Oo ini dia supercarnya Sule (liputan 6)

Selain kolam renang, kira-kira apalagi sih yang biasanya ada di rumah orang kaya? Tentu aja ada kendaraan yang harganya luar biasa mahal.

Kamu tahu mobil sport apa yang dimiliki Sule? MCLaren MP4-12C! Sama seperti milik superstar sepak bola asal Portugal, ristiano Ronado.

Mobil sport itu udah masuk dalam kategori supercar ya. MCLaren MP4-12C menggendong mesin twin-turbocharged V8 berkapasitas 3,8 liter. Dengan mesin ini, mobil tersebut bisa melesat dari kecepatan 0 hingga 100 km per jam cuma dalam waktu 3,2 detik.

Sebenarnya mobil ini kisaran harganya adalah Rp 2,2 miliar. Tapi kalau masuk ke Indonesia, tentu bakal ada pajak dan sebagainya kan. Oleh karena itu jangan kaget kalau varian MP4-12C ini harganya sampai Rp 7 miliar.

Kira-kira seberapa sering ya si Sule jalan-jalan naik supercar asal Inggris itu?

[Baca: 6 Rumah Artis dengan Harga Fantastis, Dijamin Bikin Melongo!]

Jadi, itulah tujuh hal yang bisa kamu temukan di rumah Sule.

Kira-kira, setelah udah tahu isinya, gimana pendapatmu tentang rumah tersebut? Sesuai sama perkiraan harganya gak tuh yang sampai Rp 15 miliar? Share pendapatmu yuk ke MoneySmart.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.