Rumah Type 21 Bob Sadino Harganya Rp 500 Miliar! Kok Bisa?

4 menit
rumah type 21
Bob Sadino (TEMPO/ Rully Kesuma, 1993)

Rumah type 21 umumnya dijual relatif murah. Per Mei 2018, kamu bisa beli rumah seperti ini yang ada di Bekasi dengan harga Rp 380 juta.

Itu rumah biasa. Tapi kalau rumah type 21 milik almarhum Bob Sadino di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, harganya bisa di atas Rp 500 miliar! Kok bisa?

Gini, sebuah rumah disebut type 21 karena memiliki ukuran luas bangunan 21 meter persegi. Tapi kalau rumahnya om Bob, angka dua maksudnya adalah luas lahannya yang dua hektare, dan rumah yang cuma ada satu.  

Harga tanah per meter persegi di kawasan Lebak Bulus pada Mei 2018 diprediksi ada di kisaran Rp 13 juta. Kalau dua hektar, mungkin bisa di kisaran Rp 260 miliar!

Sementara rumah om Bob sendiri luasnya mencapai 1.500 meter persegi, sama seperti rumah Setya Novanto di Pondok Indah yang harganya Rp 220 miliar.

So, anggap aja harga rumah om Bob adalah Rp 300 miliar. Maka harga tanah plus hunian mungkin bisa mencapai Rp 560 miliar. Atau bisa aja lebih dari itu.

Terus apa aja sih isi rumah itu? Yuk kita telisik berdasarkan wawancara Kompas dengan om Bob tahun 2015 lalu.

1. Gak ada kolam renang

rumah type 21
Walau gak ada kolam renan tetap saja luas dan mahal (KapanLagi)

Tanah dua hektar di rumah type 21 ala Bob Sadino ini sebenarnya adalah kebun yang digunakan olehnya buat mencari nafkah lewat agrobisnis.

Di tanah seluas dua hektare itu, Bob Sadino gak membangun kolam renang yang merupakan obyek wajib yang harus ada di rumah orang kaya.

Selain gak ada kolam renang, tanaman-tanaman yang ada di sana juga gak ditata secara profesional. Tapi om Bob mengatakan bahwa dirinya emang suka dengan tatanan seperti itu.

Dia sendiri yang memilih tanamannya, dia juga yang turun tangan dalam menata tanaman tersebut.

2. Perabotan rumah type 21 om Bob gak mewah, tapi…

rumah type 21
Mewah sih enggak tapi mahal (kompas)

Hal lain yang harus kamu ketahui adalah, di rumah seluas 1.500 itu, material, produk mebel atau perabotannya bukanlah perabotan mahal. Dikabarkan bahwa perabotan-perabotan di rumahnya juga terlihat rustic. Ada yang emang udah dimakan rayap, dan yang gak diserut.

Namun, perabotan dan material rumahnya didapat oleh om Bob dari berbagai negara. Jadi, walau emang gak mewah, tetap aja harganya mahal.

a. Ubin dari Italia

Ubin di rumahnya bukan ubin marmer mewah, melainkan dari tanah liat yang gak mengkilap. Meski gitu, ubin itu didatangkan langsung dari Italia. Jadi kesimpulannya ya dia harus bayar mahal buat pengiriman ubin-ubin itu.

b. Batu California

Belum lagi hiasan batu california di bagian tengah yang didatangkan langsung dari California, Amerika Serikat. Konon kabarnya bahan ini gak diangkut dengan kapal melainkan dengan pesawat terbang. Wow, berapa juta ya ongkirnya?

Batu itu emang terlihat seperti layaknya batu bata bekas. Namun sebenarnya, batu itu disebut sebagai cultured stone dan emang sengaja dibuat seperti itu.

Meski kelihatan usang dan biasa-biasa aja, almarhum tampaknya suka dengan gaya tersebut. Menurutnya, perabotan dalam kondisi seperti itu malah terlihat artistik. Keindahan bakal muncul jika perabotan itu tampil apa adanya.

3. Pembantunya ada 20 orang

rumah type 21
Jelas saja, tanah 2 hektar kalau diurus sama 2 pembantu mana cukup bos (Kontan)

Jangan heran kalau ada 20 orang pembantu di rumah type 21 om Bob Sadino ini. Rumahnya aja gede, masa iya cuma ada satu pembantu? Belum lagi pekarangannya luar biasa luas. Tentu butuh lebih dari satu tukang kebun.

Menurut Bob Sadino, puluhan pembantu di rumahnya ini masih kurang. Kenapa gitu?

Soalnya, saat musim kemarau tiba, om Bob tentu butuh tenaga ekstra buat merawat tanaman-tanaman kesayangan. Mereka bakal kewalahan lantaran tanamannya om Bob luar biasa banyak. Kalau gak dirawat, ya yang ada mati semua tuh tanaman.

4. Angka 2121 di gerbang dan plat mobil Bob Sadino

rumah type 21
Semuanya serba 21 ternyata artinya sepele banget (Merdeka)

Keunikan lain yang bisa ditemukan di rumah type 21 ala om Bob Sadino adalah angka 2121 di gerbang. Angka tersebut juga ditemukan di plat mobil miliknya.

Apa sih sebenarnya maksud dari angka tersebut?

Bagi om Bob, bila diartikan dalam bahasa Inggris, maka 2121 adalah two-one, two-one atau kalau dibaca ya jadi “tuan-tuan.”

Sederhana banget ternyata ya artinya.

Rumah type 21 itu jelas mencerminkan karakter Bob Sadino

Seperti itulah rumah type 21 versi Bob Sadino. Kalau dipikir-pikir, rumah itu benar-benar mencerminkan karakter om Bob itu sendiri lho.

Dia adalah orang kaya, tapi kalau dilihat dari penampilan emang nyentrik dan nyeleneh banget. Gitu juga dengan rumahnya.

Selain itu, rumah itu juga dibangun sesuai dengan selera om Bob. Walaupun ada yang mengkritik kalau tanamannya gak rapi atau tatanannya kurang oke, tetap aja itu adalah seleranya. Soal selera gak bisa disalahkan dong.

Di saat Bob Sadino wafat, rumah besar itu pun dibanjiri karangan bunga. Jokowi dan Prabowo yang saat itu masih memperebutkan kursi Presiden RI juga ikut mengirim karangan bunga.

Tertarik punya rumah type 21 seperti almarhum Bob Sadino? Bisa kok, asal komitmen dalam membuka usaha dan berbisnis seperti om Bob.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan