Patut Dicontoh! 5 Rutinitas Pagi Ini Biasa Dilakukan Orang Sukses

3 menit
Orang sukses
Orang sukses biasa lakukan 5 rutinitas pagi ini (Pixabay)

Menjadi orang sukses, bukan cuma mindset yang butuh diubah, tapi juga rutinitas sehari-hari juga perlu disesuaikan agar tubuh bisa sehat rohani maupun jasmani.

Banyak kisah miliarder dunia merasa tertekan karena kehidupan pribadi dan kerjanya gak bisa dipisahkan dengan benar, meski harta udah melimpah. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, kamu bisa mulai dengan kegiatan sederhana di pagi hari. Apa aja?

Salah satu kunci sukses menjadi orang sukses adalah disiplin. Nilai disiplin bisa kamu pupuk dari beragam hal kecil yang kamu lakukan setiap pagi.

Namun, harus dibarengi dengan niat dan tekad serius untuk menjalankannya. Kalau gak, itu namanya hanya sekadar wacana.

Sebelum menjadi seseorang yang berhasil, gak ada salahnya melakukan rutinitas pagi yang bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.

Pasalnya, mengubah kebiasaan lama yang mungkin kita malas-malasan bangun pagi, berangkat kerja dengan waktu mepet dan kurang tidur terbukti bisa mengurangi produktifitas alam bekerja.  Bahkan, bisa menghambat diri untuk meraih kesuksesan.

Mengutip dari Readers Digest, lihat tujuh rutinitas pagi yang biasa dilakukan orang sukses berikut:

1.   Menyempatkan olahraga

Orang sukses
Menyempatkan olahraga salah satu kunci orang sukses (Pixabay)

Olahraga di pagi hari sebelum bekerja? Bagi sebagian orang, tampaknya rutinitas tersebut terdengar mustahil untuk dilakukan.

Pasalnya, waktu untuk berangkat kerja aja kadang masih suka terlambat. Gimana kalau olahraga dulu, bisa-bisa di kantor malah tidur.

Tapi, jangan salah kaprah, olahraga sebelum kamu mulai beraktivitas bisa membantu menyegarkan tubuh selama seharian penuh.

Contohnya, orang sukses yang rutin olahraga pagi adalah Sandiaga Uno, dia selalu menyempatkan waktu berolahraga sesempit apapun waktunya agar tubuh selalu fit ketika bekerja.

Satu jenis olahraga yang bisa kamu lakukan adalah berlari. Selain murah, lari juga bisa membantu kamu yang lagi diet supaya cepat kurus.

Baca juga: Soekarno Hingga Sri Mulyani! Ini 10 Quotes Orang Sukses yang Membuatmu Lebih Produktif

2.  Sarapan yang sehat

Orang sukses
Sarapan sehat sebagai salah satu kunci orang sukses (Pixabay)

Selanjutnya, mengonsumsi menu sarapan yang sehat supaya badan gak gampang sakit. Orang sukses sangat menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Pasalnya, bila sekalinya jatuh sakit, banyak waktu dan uang yang harus dikorbankan. Belum lagi, harus keluar biaya yang mahal untuk berobat.

Gak perlu mahal, kamu bisa memulainya dengan makan buah yang berkhasiat menjaga kesehatan seperti pisang, apel atau pepaya yang kaya akan vitamin dan mineral. Susu juga bisa melengkapi menu sarapan kamu.

Pemilik perusahaan Virgin, yakni Richard Branson rutin mengonsumsi minyak ikan setiap pagi untuk menjaga peredaran darah dalam tubuhnya.

Baca juga: Orang-Orang Sukses yang Gak Doyan Baca Buku, Salah Satunya Seorang Presiden!

3.  Memiliki jadwal yang harus dilakukan

Orang sukses
Memiliki jadwal yang harus dilakukan sebagai salah satu kunci orang sukses (Pixabay)

Orang sukses tahu apa yang mau ia kerjakan pada hari itu, jadi rata-rata dari mereka memiliki daftar aktivitas yang akan dilakukan. Berbeda dari orang pada umumnya yang hanya melakukan kegiatan karena mengikuti arus aja.

Hal ini menggambarkan bahwa seorang yang berhasil punya rencana jangka pendek, menengah, bahkan jangka panjang bisa merencanakan segala sesuatu dengan matang.

Kamu bisa membuat jadwal semalam sebelumnya jika mengalami kesulitan di saat pagi hari.

4.  Melakukan multitasking

Orang sukses
Melakukan multitasking sebagai kunci orang sukses (Pixabay)

Waktu adalah uang, mungkin ini merupakan kata-kata yang tepat menggambarkan aktivitas pagi nomor 4 ini.

Orang sukses selalu melihat berbagai kesempatan yang ada untuk menghasilkan hal produktif. Termasuk, ketika memulai aktivitasnya di pagi hari.

Salah satu orang terkaya di dunia sekaligus pendiri Microsoft yakni Bill Gates suka melakukan olahraga treadmill sambil menonton DVD. Cara jenius seperti ini bisa kamu lakukan juga mungkin ketika sedang nge-gym.

Dalam sebuah riset yang dilakukan Stanford University, Amerika Serikat, mengemukakan multitasking akan lebih efektif saat dilakukan pagi hari dibandingkan dengan ketika bekerja di kantor.

5.  Meditasi sejenak

Orang sukses
Meditasi sejenak sebagai salah satu kunci orang sukses (Pixabay)

Setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri, gak terkecuali orang sukses. Yang membedakan mungkin cuma cara menyelesaikannya aja.

Ada yang diluapkan dengan cara marah-marah, curhat kepada teman dan berdiam diri untuk meditasi mencari solusi.

CEO LinkedIn, Jeff Weiner gemar melakukan meditasi di pagi hari karena menurutnya kegiatan tersebut mampu meningkatkan kinerja otak dan menurunkan tingkat emosional. Dari sisi kesehatan mental juga ikut terbantu dengan melakukan meditasi setiap hari.

Itulah lima rutinitas pagi yang biasa dilakukan oleh orang sukses. Kalau kamu pengin seperti mereka bisa melakukannya sekarang juga, karena lebih baik terlambat daripada gak melakukan sama sekali. Terus semangat! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1