Fakta-fakta Ajudan Ma’ruf Amin, Polisi Religius Berharta Rp 15 Miliar!

3 menit
Sabilul Alif
Fakta-fakta Ajudan Ma'ruf Amin, Polisi Religius Berharta Rp 15 Miliar!, (Facebook/@Kombes Pol M. Sabilul Alif, SH, SIk, MSi).

Sosok Kombes M Sabilul Alif tiba-tiba menjadi sorotan publik setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden kemarin (20/10). Pasalnya Sabilul yang menjabat sebagai Kapolresta Tangerang dipercaya untuk menjadi ajudan pribadi Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Dilihat dari berbagai sumber, Sabilul memiliki rekam jejak yang membanggakan. Selain itu, latar belakang pendidikannya juga dinilai pas untuk mengawal KH Ma’ruf Amin menjalankan tugas-tugas kenegaraan. 

Berikut ini fakta-fakta yang menginspirasi tentang Sabilul Alif yang perlu kamu ketahui. Simak ulasannya di bawah ini ya sobat MoneySmart. 

Baca juga: Ada yang Digaji Rp 20 Juta per Bulan! Dari Ajudan Risma Hingga Ibu Negara

Sabilul Alif dikenal sosok polisi yang religius 

Sabilul Alif
Ini dia sosok ajudan Ma’ruf Amin, (Facebook/Kombes Pol M. Sabilul Alif, SH, SIk, MSi).

Sosok Sabilul Alif dikenal sebagai polisi yang religius, hal ini bisa dilihat dari unggahan di sosial medianya selalu berdekatan dengan tokoh-tokoh agama. Selain itu, ia juga kerap memamerkan kegiatan keagamaan di lingkungan kepolisian yang dihadirinya. 

Hal ini wajar saja terjadi mengingat latar belakang pendidikannya yang merupakan seorang santri. Sabilul menempuh pendidikannya dari SD, SMP, dan SMA di Madrasah. 

Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) ditempuh di Nurul Ulum. Sementara Madrasah Aliyah (MA ) ditempuhnya di Kanjeng Sepuh, Sidayu, Gresik. Ia lulus dari MA pada tahun 1992 silam. 

Baca juga: Hari Ini Dilantik Jadi Wapres, Segini Harta Kekayaan KH Ma’ruf Amin yang Miliki Alphard

Mantan Kasatlantas Surabaya, Kapolres Jember, dan Kapolresta Tangerang 

Sabilul Alif
Ajudan Ma’ruf Amin dikenal sosok yang religius, (Facbook/@Kombes Pol M. Sabilul Alif, SH, SIk, MSi).

Pria kelahiran 1975 ini dikenal sebagai polisi berprestasi dan sosok yang terbuka. Sabilul Alif kerap membagikan momen-momennya terkait pekerjaan hingga kehidupan pribadinya di media sosial. 

Sejumlah jabatan penting pun pernah dipegangnya, seperti Kasatlantas Polrestabes Surabaya pada tahun 2012, Kapolres Jember 2016, dan Kapolresta Tangerang tahun 2017 hingga ditunjuk sebagai ajudan pribadi Ma’ruf Amin. 

Baca juga: Berlangsung Beberapa Jam, Segini Kisaran Biaya Pelantikan Presiden dan DPR RI

Aktif menjadi penulis dan memiliki tujuh buku yang diterbitkan 

sabilul alif
Dikenal sosok yang religius, ia pun didapuk sebagai ajudan Wapres RI Ma’ruf Amin, (Facebook/@Kombes Pol M. Sabilul Alif, SH, SIk, MSi).

Dikutip dari Tribun, pria lulusan Akpol tahun 1996 ini juga memiliki sambilan sebagai penulis. Bahkan sudah ada tujuh buku karangannya yang telah diterbitkan ke publik. Berikut ini daftar bukunya, 

  • ‘Why? Polda Jawa Timur Hanya Dalam Satu Genggaman’ (2012)
  • ‘Iki Suroboyo Rek Tertib Lalulintase’ (2013)
  • ‘Menggapai Mimpi Masyarakat: Memimpin dengan Harapan’ (2014)
  • ‘Jember Suwar Suwir (Jember Suasana Warga yang Aman, Religius, Bersahabat, Berwawasan, Intelektual dan Kreatif)’ (2015)
  • ‘From Jember to Our Nation Never Ending Innovation’ (2016)
  • ‘Down to Earth, Catatan Abdi Bhayangkara di Bumbu Pandalungan’ (2016)
  • ‘Sabilul Alif dan Orang Jember’ (2016)

Dapat rekor MURI karena nilang 1.131 kendaraan dalam 4 jam

Sabilul Alif
Dapat rekor MURI karena nilang 1.131 kendaraan dalam 4 jam, (Facebook/Kombes Pol M. Sabilul Alif, SH, SIk, MSi).

Saat menjabat sebagai Kasatlantas Polrestabes Surabaya, ia pernah memperoleh rekor MURI karena menindak 1.131 kendaraan dalam waktu 4 jam. 

Penindakan itu dilakukannya saat malam tahun baru 2013. Semua motor yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dihentikan dan ditilang. 

Harta kekayaannya Rp 15 miliaran 

Sabilul alif
Segini nih harta kekayaan milik ajudan Wapres RI Ma’ruf Amin, (LHKPN).

Dilihat dari LHKPN, Sabilul Alif termasuk polisi yang rajin melaporkan harta kekayaannya. Ia telah melaporkannya sejak tahun 2016,2017, dan 2018. 

Di laporan terakhirnya, tercatat Sabilul memiliki total kekayaan mencapai Rp 15, 5 miliaran. Sebagian besar asetnya berbentuk tanah dan kendaraan.

Tanah dan bangunannya yang tersebar di Gresik, Bekasi, Majalengka, Surabaya, Cilacap, Batu, dan Bondowoso memiliki nilai total Rp 8,1 miliar. Kendaraan pribadinya yang terdiri dari mobil Honda Jazz, Toyota Fortuner, dan Vellfire bernilai total Rp 1 miliaran. 

Itulah fakta-fakta mengenai Sabilul Alif. Semoga sosok polisi inspirasional ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik mengawal Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.