Bangunkan Sahur Pakai Pesawat Tempur, Segini Harga F-16 yang Digunakan TNI

3 menit
Sahur
Sahur dibangunkan pesawat tempur F-16 milik TNI (Shutterstock)

Bangun telat saat sahur karena gak ada yang membangunkan atau lupa setel alarm di smartphone biasa terjadi. Tapi, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki cara unik untuk membangunkan warga di bulan puasa, yakni menggunakan pesawat tempur F-16. 

Pertama-tama, jangan salah kaprah pesawat tempurnya akan menembakkan rumah kita. Lebih tepatnya, memanfaatkan suara supersonik yang ditimbulkan mesin pesawat tersebut. Selain suara, getaran yang dihasilkan juga diharapkan bisa membangunkan kita tepat waktu

Selain membangunkan masyarakat, sebenarnya tujuan utama penerbangan di saat sahur untuk mengakali latihan terbang para pilot yang beragama muslim.

Misi utama bukan membangunkan sahur, tapi maintain kemampuan terbang malam atau subuh bagi penerbang tempur TNI AU,” jelas Kepala Subdinas Penerangan Umum TNI AU Kolonel Sus M. Yuris, seperti dikutip dari Kompas.com.

Cara yang anti-mainstream kayak gini bukan pertama kalinya dilakukan  TNI di bulan Ramadan. Akan ada beberapa kota yang bakal dilewati mereka, yakni Surabaya, Solo, Sragen, Klaten, Yogyakara, Papringan, Wirobrajan, Gejayan, Tukangan, Maguwo dan Kotagede.

Salah satu pesawat yang digunakan untuk latihan serta sahur adalah F-16 buatan Amerika Serikat. Penasaran dengan spesifikasi, dan harganya?

Pesawat F-16 milik TNI AU dibanderol sekitar Rp 418 miliar per unit

Sahur
Pesawat F-16 milik TNI AU untuk membangunkan sahur masyarakat (Shutterstock)

Didesain dan dirakit oleh perusahaan General Dynamics serta Lockheed Martin di Amerika Serikat, F-16 menggunakan mesin General Electric F110 Turbofan.

Dengan bobot total sekitar 9,2 ton, mesin itu mampu mencapai kecepatan maksimal di angka 2.414 kilometer per jam.

Melalui spesifikasi secanggih itu, pesawat F-16 mampu menghasilkan suara hingga 200 desibel bagi yang mendengar di sekitarnya. Pantas dipakai untuk membangunkan orang sahur!

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

Untuk negara yang pengin menggunakan produk yang satu ini harus menyiapkan anggaran paling gak sekitar Rp 418 miliar per unitnya.

Dan, biaya perawatan sebesar Rp 100 jutaan hingga Rp 350 jutaan per operasional tergantung aktivitas yang digunakan.

Merupakan jenis pesawat tempur Air-to-Air combat

Sahur
Pesawat F-16 milik TNI AU untuk membangunkan sahur merupakan jenis pesawat tempur air to air combat (Shutterstock)

Pembuatan suatu tipe pesawat tempur biasanya disesuaikan kebutuhan misi yang bakal dijalankan.

Untuk mengincar target yang ada di dataran biasanya disebut dengan Air-to-Ground combat, sedangkan untuk mengejar target pesawat lain yang ada di udara biasa disebut dengan Air-to-Air combat seperti yang ada pada F-16 ini.

Ini gak lepas dari desain bodi ramping, dan senjata misil yang disiapkan di bagian sayapnya. F-16 memiliki jenis roket AIM-7 Sparrow yang bisa mengunci target dari jarak sedang. Untuk senjata gatling pesawat sepanjang 15 meter ini punya M61 vulcan.

Guna menunjang kemampuan pesawat di udara, desain kokpit pilot dibuat khusus supaya bisa melihat keadaan sekitar 360 derajat penuh. Kece banget ya!

TNI AU juga menyiapkan pesawat T50i untuk latihan

Sahur
Pesawat T50i untuk membangun sahur (flightsim.com)

Selain pesawat F-16 TNI Angkatan Udarra juga menyiapkan pesawat lainnya untuk latihan serta membangunkan orang sahur yakni T50i. Pesawat yang dibuat bersama antara Korea Aerospace Indsutries dan Lockheed Martin ini mulai diperkenalkan tahun 2005.

Satu unit pesawat T50i harganya sekitar US$ 21 juta atau sekitar Rp 300 miliaran. Ada juga tipe paling mahalnya yakni FA-50 seharga US$ 30 juta atau setara Rp 430 miliar.

Pesawat tempur ini emang dibuat untuk latihan para pilot yang udah mencapai tingkat advanced. Sedangkan untuk kemampuan bertempur di medan sesungguhnya, T50i hanya mampu mengatasi pertempuran dengan intensitas rendah saja.

Itulah harga serta spesifikasi pesawat yang digunakan TNI AU untuk latihan sekaligus membangunkan sahur warga sekitar. Apakah itu ide yang bagus supaya gak telat bangun lagi? (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan