Saingan Makin Banyak, 6 Franchise Makanan Ini Tetap Laku Keras

Tahu Jeletot Taisi (franchiseglobal.com)
Tahu Jeletot Taisi (franchiseglobal.com)

Usaha franchise makanan adalah pilihan yang tepat buat kamu yang baru terjun di dunia bisnis.

Kegemaran banyak orang pada makanan jadi kenapa usaha franchise ini selalu didatangi pembeli. Ditambah, yang kamu jual adalah makanan yang emang udah terkenal. Kamu gak perlu repot-repot lagi dari nol banget.

Namun di balik ramainya usaha franchise makanan, ternyata cuma sedikit yang sanggup bertahan dalam waktu yang lama. Ini jadi tantangan yang mesti kamu pertimbangkan.

Namun, jangan disalah artikan kalau usaha franchise makanan itu gak awet ya. Buktinya ada kok yang masih bertahan dan ideal banget buat usaha jangka panjang.

Gak perlu berlama-lama lagi, ini nih enam franchise makanan populer yang masih berdiri sampai sekarang.

1. Franchise makanan Kebab Baba Rafi

franchise makanan
Kebab Baba Rafi (insideretail.asia)

Franchise makanan yang satu ini udah terkenal banget. Kamu pun pasti pernah melihat gerobak yang bertuliskan Kebab Baba Rafi saat sedang di jalan.

Kebab Baba Rafi bisa dibilang termasuk salah satu franchise makanan yang sukses besar dan paling lama bertahan.

Dimulai dari 2005 dan masih menawarkan sistem waralaba hingga sekarang, Kebab Baba Rafi udah melebarkan sayapnya nih. Gak cuma di seluruh wilayah Indonesia, tapi sampai ke Malaysia dan Filipina.

Dari sini aja udah bisa ditarik kesimpulan betapa populernya franchise makanan ini.

Pengin bermitra dengan Kebab Baba Rafi? Kamu cukup sediakan uang mulai dari Rp 75 juta.

Dengan modal sebesar itu, kamu bakal dapat kedai dari model gerobak hingga kontainer, mendapat karyawan, bahkan bakal dicarikan lokasi tempat jualan.

Soal pendapatan, dalam website-nya, Kebab Baba Rafi per harinya bisa menghasilkan Rp 650 ribu. Ini berarti dalam sebulan omzetnya bisa Rp 19,5 juta.

2. Sabana Fried Chicken

franchise makanan
Sabana Fried Chicken (picluck)

Kamu yang suka banget makan ayam goreng tentu aja tahu franchise makanan yang satu ini dong.

Rasa ayamnya yang dibilang mirip-mirip KFC bikin Sabana Fried Chicken punya penggemar setia sendiri. Apalagi harga ayam goreng yang ditawarkan terbilang murah. Bayar Rp 15 ribu aja, kamu udah dapat paket ayam plus nasi.

Buat beli franchise ini, dibutuhkan modal sebesar Rp 16,7 juta. Selama tiga bulan pertama pihak Sabana bakal memantau perkembangan usaha kamu alias diasisteni.

Kalau sukses, dalam satu bulan kamu bisa mengantongi omzet hingga Rp 20 juta.

3. Martabak San Fransisco

franchise makanan
Martabak San Fransisco (daftarhargamenu)

Ada yang pernah dengar nama Martabak San Fransisco sebelumnya? Martabak ini asli dibuat orang Indonesia, meski namanya kebarat-baratan. Dan yang lebih menarik lagi, Martabak San Fransisco udah ada dari dulu banget, sejak 1965.

Bermula di Bandung, Martabak San Fransisco kini udah tersebar di wilayah Jabodetabek, bahkan hingga beberapa kota besar di Sumatra.

Nilai investasi di franchise satu ini lumayan besar. Kalau pengin bermitra dengan Martabak San Fransisco, kamu mesti siapkan modal mulai dari Rp 90 juta.

Namun meski begitu balik modalnya cepat. Dalam sebulan, omzet yang diraup Martabak San Fransisco bisa mencapai Rp 30 juta. Itu artinya cuma butuh tiga bulan buat balik modal.

4. Pecel Lele Lela

franchise makanan
Pecel Lele Lela (franchiseglobal)

Makan pecel lele nikmatnya emang bukan main. Makanan yang cuma ada di malam hari ini sekarang bisa kamu nikmati di siang hari lho, tapi makannya di Pecel Lele Lela.

Pecel Lele Lela udah ada  sejak 2006 dan masih eksis hingga kini dengan cabang mencapai 100. Konsep yang diusung franchise makanan yang khas dengan warna hijau ini adalah membawa sajian lele naik level dari makanan pinggir jalan jadi sajian restoran.

Menu yang disajikan Pecel Lele Lela bervariasi, mulai dari sajian dengan olahan lele, olahan ayam, hingga olahan bebek.

Modal yang harus disediakan buat memiliki franchise makanan ini besar banget, yaitu sekitar Rp 500-600 juta. Tapi kayaknya sebanding deh dengan omzet yang bakal didapat.

Buat info lebih lanjut, kamu bisa hubungi ke nomor 021 86 906 906.

5. Tahu Jeletot Taisi

franchise makanan
Tahu Jeletot Taisi (franchiseglobal)

Didirikan pada 2012, Tahu Jeletot Taisi kini udah memiliki lebih dari 200 gerai yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Surabaya, Tangerang, dan Bekasi.

Soal omzet, dijamin kamu bakal untung. Dalam sebulan, satu gerai Tahu Jeletot Taisi menghasilkan hingga Rp 24-45 juta.

Diperkirakan modal kamu akan balik dalam waktu 8-12 bulan.

Sementara paket kemitraannya mulai dari Rp 20 juta, Rp 49 juta, hingga Rp 55 juta. Malah ada yang mencapai Rp 250 juta buat kemitraan master franchise.

Modal tersebut udah mencakup kerja sama selama lima tahun, booth, peralatan usaha, survei lokasi, pelatihan karyawan, promosi, dan bahan baku.

6. Bakso Benhil

franchise makanan
Bakso Benhil (majalahfranchise)

Kalau kamu satu dari sekian banyak penggemar bakso, pasti tahu dong franchise yang namanya Bakso Benhil. Terkenal banget gitu lho.

Bakso Benhil mulai ada sejak 2011. Satu tahun kemudian, Bakso Benhil membuka peluang kemitraan buat siapa aja mengembangkan usaha.

Buat buka usaha Bakso Benhil, modalnya gak besar-besar amat kok.

Cukup Rp 4 juta aja, kamu udah bisa memiliki franchise makanan ini. Dijamin balik modalnya cepat.

Itulah enam franchise makanan yang masih populer hingga sekarang.

Oh, iya. Kamu perlu tahu nih. Franchise bisa bertahan atau gak dipengaruhi beberapa hal. Selain pemilihan makanan yang tepat, kamu juga harus menawarkan sesuatu yang berbeda pada pembeli. Sebab pembeli akan beralih kalau yang ditawarkan cuma gitu-gitu doang.

Kreasi dan inovasi juga diperlukan banget dalam mengembangkan usaha franchise.

Intinya, strategi penjual dan pengaturan cash flow yang baik bakal bikin usaha franchise makanan bisa bertahan lama. Apa kamu udah siap? Yuk dipilih.

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560