Harta Rp 38 Miliar, Ini Perjalanan Karier Deddy Mizwar Hingga Sukses

3 menit
artis indonesia terkaya
[TEMPO/STR/Aditya Herlambang Putra]

Gak bakal ada yang menyangka kalau kekayaan artis senior Deddy Mizwar gak beda jauh sama Raffi Ahmad, yang sering disebut-sebut sebagai artis Indonesia terkaya.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) April 2018, disebutkan bahwa total kekayaan Deddy mencapai Rp 36 miliar.

Salah satu alasan kenapa pria kelahiran 1955 ini tajir banget adalah dia emang sukses banget sebagai aktor. Siapa yang gak tahu film Naga Bonar? Atau Lorong Waktu? Pasti tahu dong ya. Di sana Deddy Mizwar menunjukkan kematangannya berakting.

Gimana perjalanan hidupnya sampai seperti sekarang? Simak yuk.

1. Sempat kerja di Dinas Kesehatan

artis indonesia terkaya
Deddy Mizwar (Marwah Daud/Flickr)

Pria yang kini disebut sebagai artis Indonesia terkaya sekaligus politisi tajir ini bukan lulusan sarjana ilmu politik lho. Dia lulus dari Sekolah Asisten Apoteker dan awalnya bekerja di Dinas Kesehatan.

Sebagai pegawai negeri sipil (PNS), karier Deddy cuma bertahan dua tahun aja. Dia tampaknya lebih suka tampil di layar kaca dan jadi beken.

Keseriusannya di dunia akting ternyata juga diasah di sebuah institusi pendidikan. Kamu tahu Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ)? Itu lho yang sekarang lebih dikenal sebagai Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Deddy sempat kuliah di sana tapi gak sampai selesai.

2. Mulai main film di tahun 1970an dan jadi sutradara

artis indonesia terkaya
Deddy Mizwar dan istri (Sehat Negeriku/Flickr)

Akting adalah salah satu bakat yang dimiliki Deddy. Capaiannya mulai ia cicipi sejak tahun 1980an ketika membintangi film legendaris seperti Kejar Daku Kau Kutangkap dan Naga Bonar.

Sejak saat itu, ia terus menerus menerima penghargaan. Dia sempat jadi Pemeran Pembantu Terbaik, Pemeran Pria Terbaik, hingga Sutradara Terbaik versi Festival Film Indonesia (FFI).

Ketenarannya juga gak berakhir di film layar lebar aja. Deddy pun terjun ke dunia sinetron. Gak cuma sebagai pemain, ia juga menjadi seorang sutradara.

Kamu tahu sinetron religi berjudul Lorong Waktu? Sinetron itu bercerita tentang seorang bocah bernama Zidan, yang berkelana dengan menggunakan mesin waktu. Sementara Deddy berperan sebagai sutradara sekaligus pemain. Di sana dia jadi pak Haji Husin.

Sinetron yang muncul dari tahun 1999 hingga 2006 itu dinobatkan sebagai sinetron terlaris di Indonesia lho.

Deddy masih aktif bermain film pada tahun 2000an. Beberapa filmnya yang top adalah Naga Bonar Jadi 2 dan Ketika Cinta Bertasbih yang disutradarai oleh Chaerul Umam.

3. Sebagai artis Indonesia terkaya, Deddy juga jadi bintang iklan

artis indonesia terkaya
Mulai dari aktor, pengusaha film, entrepreneur, sekarang jadi politisi (Kipli DKK/Flickr)

Selain layar lebar dan sinetron, Deddy juga merupakan brand ambassador yang sering tampil di iklan-iklan merek Indonesia lho. Salah satu iklan yang dibintangi Deddy adalah Promag.

Yamaha Motor juga sempat menjadikannya bintang iklan. Selain itu ada pula produk Larutan Cap Badak hingga iklan makanan kudapan bernama Sozzis.

Iklan emang cuma beberapa detik, tapi jangan salah lho. Honor yang bisa diraih bintang iklan juga besar. Gak usah jauh-jauh deh, di tahun 2016, anaknya Rafi Ahmad yang masih kecil aja bisa meraup Rp 2 miliar cuma dari iklan.

Bayangin aja, iklannya pak Deddy ini kan gak sedikit. Wajar kan kalau jadi artis Indonesia terkaya.

4. Gak pernah meninggalkan keartisan walau berpolitik

artis indonesia terkaya
Multitasking, itulah kehebatan Deddy Mizwar (Huma Pemprov Jabar/Flickr)

Salah satu penyebab kenapa Deddy bisa jadi artis Indonesia terkaya adalah karena dia itu multitasking. Gimana gak, waktu udah jadi Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2014, dia masih sempat-sempatnya main film.

Deddy waktu itu bilang kalau aktivitas seninya itu sama sekali gak mengganggu kerjanya sebagai Wakil Gubernur.

Dia juga gak pernah dapat teguran dari Menteri Dalam Negeri karena terlalu sibuk ngurusin film. Malahan kinerjanya diapreasiasi banyak orang.

Buktinya, pasangan Aher-Deddy itu udah membukukan 250 penghargaan. Beberapa di antaranya adalah pemerintahan provinsi berkinerja terbaik pada 2016 hingga 2017. Lalu ada lagi, penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama enam kali berturut-turut mulai 2011 hingga 2016.

Itulah kisah singkat perjalanan Deddy Mizwar, politisi sekaligus salah satu artis terkaya Indonesia. Semua kerja keras yang dilakukan saat masih muda terbayar di masa tua.

Pengin sukses dan tajir kayak pak Deddy? Multitasking adalah kuncinya. Tapi asal kamu tahu nih, gak semua orang bisa fokus melakukan banyak hal bersamaan.

Bila emang kamu belum memiliki skil multitasking yang efektif, maka belajarlah buat fokus terlebih dulu. Secara perlahan, mulailah coba buat menyelam sambil minum air alias melakukan lebih dari satu tuga yang berbeda secara bersamaan.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.