Sambil Nunggu Persalinan, Ibu Hamil Bisa Lakukan 5 Ide Usaha Ini dari Rumah

3 menit
Ide usaha untuk ibu hamil bisa dilakukan dari mana saja (Shutterstock).

Ide usaha gak selalu sulit dan berat kok. Banyak yang bisa dilakukan meski hanya dari dalam rumah saja. Misalnya saja seorang wanita hamil yang terpaksa mengundurkan diri dari pekerjaannya. Itu dilakukan semata-mata hanya untuk memfokuskan perhatian kepada calon buah hati.

Ketika hamil, seorang wanita yang biasanya aktif di luar rumah pasti akan mengurangi kegiatan tersebut. Mereka justru memilih lebih banyak melakukan aktifitas dari rumah. Meski jenuh, hal itu memang perlu dilakukan agar mereka tidak mudah capai, yang akan berimbas pada kandungannya di kemudian hari.

Tetapi, meski begitu, mereka bisa kok tetap mencari uang, meski gak harus keluar rumah. Di era digital seperti saat ini, ide usaha sudah bervariasi. Gak semua kegiatan yang menghasilkan uang itu perlu banyak keringat.

MoneySmart merangkum apa saja ide usaha, atau pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil sambil menunggu persalinan. Cek yuk ulasan berikut ini.

Baca juga: Begini Cara Ibu Menyeimbangkan Karier dan Keluarga, Jangan Kelewat Baper!

1. Dropshipper

Dropship barang jadi alternatif mudah usaha bagi ibu hamil (Shutterstock).

Kamu gak harus punya stok barang di rumah kalau mau mulai jualan online. Saat ini sudah banyak platform yang menawarkan kesempatan untuk menjadi reseller atau dropshipper.

Modal kamu hanya media sosial dan jaringan internet. Sementara pengemasan barang sampai pengiriman sudah dilakukan oleh supplier barang yang sudah kamu pilih. Kamu cukup duduk manis, memasarkan produk saja.

Variasi barang yang dijual pun beragam. Meskipun yang mengirimkan barang itu dari supplier, tapi nama yang akan dicantumkan pada informasi pengiriman tetap harus toko online-mu. Mudah kan?

2. Jualan pulsa

Jualan pulsa (Shutterstock).

Kalau kamu berpikir usaha ini tidak menguntungkan, lebih baik hentikan deh. Intinya kamu bangun dulu jaringan konsumen yang ada.

Setelah itu kalau mau berbisnis yang lebih besar lagi terserah. Daripada kamu gak mulai mulai usaha kan? Lebih baik mulai dari yang mudah dulu dan tanpa modal gede.

Kalau kamu telaten, bisa jadi besar kok usaha pulsa ini. Nantinya bisa kamu tambah dengan jualan aksesoris ponsel dan sebagainya.

Baca juga: Pilih Tinggal di Apartemen Superblok atau Tunggal? Kenali dulu Untung Ruginya Ini

3. Kerajinan tangan

Sambil nunggu waktu persalinan, ada baiknya kamu membuat prakarya atau kerajinan tangan (Shutterstock).

Nah, ini cocok banget dilakukan untuk ibu hamil yang kreatif. Sambil nunggu waktu persalinan, ada baiknya kamu membuat prakarya atau kerajinan tangan kan.

Bisa membuat syal, sarung tangan bayi, atau taplak meja. Apalagi kalau kamu memang memiliki keahlian ini.

Setelah itu, kamu promosikan di media sosial, atau bisa juga kamu tawarkan ke ibu-ibu komplek perumahanmu. Gak susah kok.

4. Penerjemah

Ibu hamil bisa membuka usaha translator (Shutterstock).

Kalau kamu memiliki keahlian dalam berbahasa asing, jangan lewatkan kesempatan ini. Kamu bisa menjadi freelance penerjemah yang ada di internet. Bisa juga kamu gunakan keahlian tersebut untuk menerjemahkan buku, film asing, atau bahkan karya tulis seorang tokoh.

Kemampuan berbahasa asing kamu semakin terasah, dan janin yang dikandungan pun akan merasa manfaatnya. Kata orang, jika selama mengandung seorang ibu itu tetap belajar, bayi di kandunganpun akan terlahir cerdas.

Baca juga: Pengin Sukses Jawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja? Ini Triknya, Mudah Kok!

5. Youtuber

Menjadi youtuber (Shutterstock).

Saat ini, profesi youtuber sangat menjanjikan loh. Penghasilan menjadi seorang youtuber ini mengalahkan gaji pegawai kantoran biasa. Wah, menarik banget kan? Meski uang yang didapat murni berasal dari iklan Adsense, tapi cukup besar loh.

Nah, kamu bisa membuat konten yang mudah. Misalnya resep memasak, membuat kue, atau menjaga kesehatan selama kehamilan.

Bisa juga kamu membuat tips seputar kehamilan hingga bagaimana merawat bayi yang baru lahir. Dijamin, kalau kamu serius menekuni profesi ini penghasilan yang didapat bakalan puluhan sampai ratusan juta.

Intinya, selama menunggu persalinan, jangan sia-siakan waktu luangmu ya. Kamu bisa pergunakan untuk memulai usaha kecil-kecilan dulu. Siapa tahu, saat bayimu sudah lahir, usaha itu makin berkembang, dan kamu gak perlu lagi kan kerja kantoran.

Malah enak, kamu bisa tetap bersama si kecil setiap hari, dompetpun makin tebal. Gak perlu lagi deh nunggu uang bulanan dari suami, karena setiap hari sudah ada uang yang masuk rekeningmu.

Siapa sih yang gak pengin menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap cari uang? Semoga membantu ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan