Banner ImageBanner Image

Sambut Libur Panjang, Begini Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

4 menit
Tiket pesawat murah (Ilustrasi).

Memasuki musim liburan, kamu pasti sudah merencanakan pelesiran ke suatu tempat. Biasanya, saat high season seperti ini, semua harga tiket pesawat maupun akomodasi bakal naik.

Ketika ingin bepergian, mendapatkan tiket pesawat murah bisa gampang-gampang susah. Meskipun pada kenyataannya ada banyak maskapai penerbangan yang bisa dijadikan pilihan, di mana perang harga antar-maskapai bisa jadi membuat kamu diuntungkan.

Namun tetap saja, hal itu hanya akan terjadi jika kamu jeli dan bisa memilih tiket dengan cara yang tepat. Pastikan kamu memanfaatkan layanan sistem online untuk menemukan harga tiket terbaik di pasaran.

Pasalnya, saat ini, hampir semua maskapai penerbangan telah menerapkan sistem penjualan online untuk tiket mereka. Bagaimanapun juga, kamu tentunya menginginkan mendapat harga tiket termurah, bukan?

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk mendapatkannya? Berikut beberapa trik yang bisa dicoba seperti dilansir laman Suara.com.

1. Gunakan Aplikasi yang Menawarkan Harga Khusus

aplikasi buat traveling
Aplikasi travel

Pada umumnya situs penjualan tiket menyediakan aplikasi khusus untuk memudahkan penggunanya mengakses layanan mereka. Bukan hanya aplikasi biasa, penggunaan aplikasi ini biasanya dibarengi dengan sejumlah penawaran menarik, termasuk potongan harga.

Kamu bisa memanfaatkan penggunaan aplikasi ini untuk mendapatkan harga tiket terbaik di pasaran. Kamu juga bisa memilih e-commerce yang melayani penjualan tiket secara online dengan memberikan diskon atau harga khusus.

2. Dapatkan Harga Terbaik

Cari tiket pesawat murah
Harga terbaik beli tiket

Situs penjualan tiket juga pada umumnya akan menyediakan beragam penawaran menarik dan potongan harga untuk setiap akun baru di situs mereka. Jika kamu baru saja membuka akun di situs tersebut, maka bisa jadi akan ditawari potongan harga menarik untuk tiket yang hendak dibeli.

3. Lakukan Perbandingan Harga

tiket pesawat murah - 6
Lakukan perbandingan harga (Jetairways)

Ada banyak situs maskapai penerbangan yang tersedia di pasaran, lengkap dengan layanan penjualan tiketnya. Tentu akan sangat merepotkan untuk mengunjungi satu persatu situs ini dan mengecek harga tiket di sana.

Untuk memudahkan pengecekan tiket, manfaatkan situs agen perjalanan yang pada umumnya menyediakan tiket pesawat dari berbagai maskapai berbeda secara sekaligus. Hal ini akan sangat membantu, di mana kamu bisa menyimak harga tiket untuk semua maskapai penerbangan sekaligus.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menemukan lebih banyak pilihan, serta lebih leluasa melakukan perbandingan. Dengan demikian, kamupun bisa menemukan harga terbaik untuk tiket pesawat yang dibutuhkan.

4. Manfaatkan Poin atau Kupon yang Dimiliki

tiket pesawat murah - 11
Punya kartu kredit banyak untung kok (Traveller.com.au)

Untuk pengguna setia, situs penjualan tiket juga kerap memberikan penawaran menarik berupa poin atau kupon. Jika kamu termasuk pelanggan setia dan sudah mengumpulkan banyak poin di situs tersebut, maka bisa menggunakannya untuk mendapatkan potongan harga dalam pembelian tiket.

5. Manfaatkan Layanan Private Browsing

tiket pesawat murah - 4
Pakai mode incognito (Independent)

Semakin sering kamu mengakses suatu layanan atau situs penjualan tiket, maka kemungkinan semakin tinggi juga harga tiket yang ditawarkan. Ini karena cookies pada browser akan menunjukkan aktivitas pencarian yang sering dilakukan.

Hal itulah yang bisa saja dimanfaatkan oleh pihak penyedia tiket, di mana mereka menyimpulkan bahwa saat ini kamu memang sedang sangat membutuhkan tiket pesawat.

Dengan melihat riwayat tersebut, maka bukan tidak mungkin penyedia tiket akan menaikkan harga tiket yang ditawarkan. Untuk mengatasi hal ini, cobalah manfaatkan layanan private browsing yang terdapat pada gadget.

6. Beli Tiket Pulang dan Pergi di Waktu Berbeda

harga tiket pesawat

Membeli tiket keberangkatan sekaligus dengan tiket pulang, biasanya memang lebih praktis. Akan tetapi, umumnya harganya juga akan lebih mahal. Kamu harus menyiasati ini dengan cara yang tepat, yakni dengan membeli tiket secara terpisah.

Belilah tiket keberangkatan terlebih dahulu, lalu tiket pulang setelahnya. Hal ini juga berlaku untuk pembelian tiket dalam jumlah banyak, sebab membeli banyak tiket sekaligus biasanya bisa lebih mahal daripada saat membeli secara terpisah.

7. Pilih Layanan Pembayaran Terbaik

gesek kartu kredit

Ada banyak layanan pembayaran (debit/kredit) yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan, di mana mereka memiliki program dan harga khusus untuk pembelian tiket pesawat. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk mendapatkan potongan harga terbaik ketika membeli tiket.

Tiket pesawat saat ini sudah lebih mudah ditemukan secara online, sebab ada banyak situs yang menyediakannya. Jika menginginkan tiket dengan harga terbaik, pastikan kamu cermat dan jeli sejak awal dalam memilih harganya di pasaran. Manfaatkan semua fasilitas yang kamu punya untuk membeli tiket tersebut. (Editor: Winda Destiana Putri)

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan