Membandingkan Samsung Galaxy S10 dengan Iphone XS, Harganya Beda Jauh!

4 menit
Samsung Galaxy S10 (Shutterstock).

Setelah lama Iphone mengeluarkan varian terbarunya yaitu Iphone XR dan XS, kini giliran pesaingnya yang unjuk gigi. Samsung, pada tanggal 21 Februari 2019 telah resmi membuka pre-order untuk Samsung Galaxy seri S terbaru yaitu S10.

Rumor kemunculannya ini sudah beredar sejak Desember tahun lalu. Tapi, sayang kabar tersebut masih simpang siur hingga akhirnya di Februari ini semuanya mulai terungkap. Soal desain, sama dengan ponsel-ponsel saat ini yang mengusung full layar tanpa bezel dan tombol.

Ponsel tercanggih dari Samsung saat ini sudah diluncurkan di acara  ‘Samsung Unpacked Event 2019’ di San Francisco, Amerika Serikat. Berbeda dengan S9 yang hanya memiliki dua varian, yaitu S9 dan S9 Plus, S10 memiliki 4 varian, ada S10, S10e, dan S10 Plus. Harganya pun berbeda-beda, namun yang termurah ada di varian S10e dengan harga Rp 10 jutaan.

Seberapa canggih sih ponsel Samsung Galaxy terbaru ini? Bagaimana jika dibandingkan dengan Iphone XS? Yuk simak ulasannya berikut ini dikutip dari Wired.co.uk!

Desain

Samsung Galaxy S10 (Shutterstock).

Secara sepintas keduanya gak memiliki perbedaan yang mencolok. Sama-sama mengusung desain pinggiran bulat dan layar yang full tanpa bezel merupakan keharusan bagi ponsel pintar masa kini. Tapi layar S10 masih lebih memiliki ruang yang lebih banyak ketimbang XS yang harus terpotong dengan ruang untuk kamera depan.

Gak kayak XS, S10 memiliki banyak varian warna, ada hijau, putih, hitam, biru, dan kuning. Sementara warna-warna tersebut hanya dimiliki di Iphone XR.

Untuk urusan bobot, Samsung Galaxy S10 juga unggul karena dinilai lebih ringan. S10e memiliki berat 150 gram, S10 157 gram, dan S10 Plus 175 gram. Iphone XS memiliki berat 177 gram dan XS Max 208 gram.

Soal rasio layar, keduanya tidak memiliki perbedaan yang lebih. Kalau Samsung Galaxy S10 memiliki rasio 19:9 sedangkan XS memiliki rasio 19,5:9. Keduanya sama-sama baik dan tidak mengecewakan. Tapi secara pemanfaatan layar memang S10 lebih unggul karena kamera depannya hanya memakan sedikit ruang ketimbang XS.

Kamera

Samsung Galaxy S10 (Shutterstock).

Kali ini coba membandingkan kamera belakang antara Samsung Galaxy S10 dan Iphone XS. Seperti biasanya, Samsung selalu menampilkan jumlah kamera yang anti-mainstream. Jika biasanya ponsel pintar hanya disematkan 2 lensa belakang, S10 memiliki tiga lensa.

Masing-masing memiliki ukuran dan kegunaan yang berbeda-beda. Kamera utama memiliki 12 megapiksel, sementara kamera zoom yang biasa digunakan untuk membuat foto dengan efek bokeh juga 12 megapiksel.

Sementara kamera ketiga adalah kamera dengan ultra wide-angle dengan resolusi 16 megapiksel, jadi memungkinkan kamu untuk mengambil gambar pemandangan secara luas. Kalau kamera depan Samsung Galaxy S10 memiliki resolusi 10 megapiksel yang didukung dengan fitur Dual Pixel AF UHD.

Iphone XS, dari jumlah lensa belakang jelas kalah dengan S10, XS hanya memiliki dua lensa, telephoto dan juga wide-angle dengan ukuran yang sama dengan S10 yaitu 12 megapiksel. Sedangkan kamera depannya disematkan dengan lensa Truedepth 7 megapiksel.

Soal kualitas, kamera S10 jauh lebih baik ketimbang XS untuk mengambil gambar dengan di tempat dengan pencahayaan yang kurang.

Performa

Samsung Galaxy S10 (Shutterstock).

Samsung Galaxy S10 ditenagai dengan chipset Exynos 9820 8-nanometer dan Qualcomm Snapdragon 855 dengan 8 GB RAM. Sedangkan Iphone XS menggunakan chip A12 Bionic 7-nanometer. Kedua jenis chipset untuk ponsel terbaru Samsung dan Iphone ini sudah dijamin kualitasnya dan mumpuni untuk menjalankan segala jenis aplikasi dengan sangat cepat.

Kalau kapasitas baterai, Samsung Galaxy S10 bisa lebih diunggulkan ketimbang Iphone XS. S10 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.400 mAH. Iphone XS hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2.685 mAH. Soal baterai memang sudah menjadi kelemahan Apple ketimbang brand-brand ponsel pintar lainnya.

Harga

Samsung Galaxy S10 (Shutterstock).

Salah satu pertimbangan orang membeli ponsel selain kualitas adalah harganya. Samsung. Soal harga, Samsung jelas masih lebih murah ketimbang Apple yang memang dari dulu selalu mengusung ponsel eksklusif nan mahal.

Untuk Samsung Galaxy S10, dengan kapasitas 8 GB RAM  dan penyimpanan 128 GB dibanderol dengan harga Rp 12.999.000. Dan jangan kaget kalau dibandingkan dengan harga Iphone XS ya. Iphone XS dengan ukuran RAM 4 GB dengan kapasitas penyimpanan 64 GB dihargai Rp 20.499.000.

Itu tadi beberapa perbandingan Samsung Galaxy S10 dengan Iphone XS. Keduanya adalah sama-sama keluaran terbaru dari Apple dan Samsung, jadi masih layak untuk disandingkan. Dan kalau ditanya soal spesifikasi keduanya sangat mumpuni untuk digunakan di era saat ini.

Tapi soal pemilihan ponsel, pertimbangannya sangat banyak, ada yang dari spesifikasi, harga, dan yang terakhir adalah desain interfacenya. Ada beberapa orang yang lebih menyenangi tampilan interface Samsung Galaxy, tapi gak sedikit pula yang menyenangi Apple. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.