Dapat Rp 42 Juta Jika Jadi Wapres, Sandiaga Uno Tak Akan Terima Gajinya

2 menit
Sandiaga Uno Cawapres RI nomor urut 02 (Instagram/@sandiuno)
Sandiaga Uno Cawapres RI nomor urut 02 (Instagram/@sandiuno)

Sandiaga Uno berjanji akan memberikan seluruh gajinya jika dia terpilih menjadi wakil presiden (wapres). Dia berjanji seluruh gaji yang didapatkannya akan disumbangkan kepada orang miskin dan kaum dhuafa.

“Semua gaji saya akan diberikan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa. Allah sudah baik kepada saya, begitu juga Indonesia, sudah memberikan begitu banyak rezeki kepada kami dan keluarga,” katanya di Lapangan Pema, Tulungagung, Jawa Timur, Senin 18 Maret 2019.

Pernyataan cawapres nomor urut 2 itu pernah diucapkannya saat bertarung di kontestasi Pilgub DKI Jakarta. Saat itu, dia berpasangan dengan Anies Baswedan.

Dia mengatakan, jika terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, seluruh gaji yang didapatkannya akan disumbangkan ke Badan Amil dan Zakat.

Lantas, berapa sih besaran gaji yang bakal didapatkan Sandiaga jika dirinya menjabat sebagai wakil presiden?

Gaji Wapres RI Rp 42 juta

Sandiaga Uno dan Najwa Shihab (Instagram/@sandiuno)
Sandiaga Uno dan Najwa Shihab (Instagram/@sandiuno)

Seperti dilansir dari Suara.com jaringan MoneySmart, sesuai Undang-Undang No.7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif, presiden dan wakil presiden, dalam Pasal 2 UU tersebut, tercantum gaji pokok wakil presiden adalah Rp 20.160.000.

Angka tersebut berarti empat kali gaji pokok tertinggi pejabat selain wakil presiden. Sementara itu, besarnya tunjangan jabatan yang diterima Wakil Presiden setiap bulannya sesuai dengan Keputusan Presiden No. 68 Tahun 2001 yaitu sekitar Rp 22.000.000.

Jika digabung gaji pokok dan tunjangan, maka Wakil Presiden RI mendapatkan uang sekitar Rp 42.160.000.

Baca juga: Debat Cawapres: Kritik Sandiaga Uno soal Ujian Nasional, BPJS Hingga Kartu Pra-Kerja

Kata Gerindra

Sandiaga Uno Cawapres RI (Instagram/@sandiuno)
Sandiaga Uno Cawapres RI (Instagram/@sandiuno)

Ketua Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandiaga, M. Taufik mendukung suami Nur Asia Uno itu yang tak akan menerima gajinya sebagai wapres jika terpilih di Pilpres 2019.

Menurut Ketua DPW Partai Gerindra DKI Jakarta itu, harta yang dimiliki Sandiaga sudah cukup, sehingga pria berkacamata itu rela mengabdi kepada negara tanpa menerima gaji.

Hal senada seperti yang dijanjikan Sandiaga jika terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, seluruh gaji yang didapatkannya akan disumbangkan ke Badan Amil Zakat Infaq Shodaqoh (BAZIS).

“Sandi memang waktu jadi wagub dan (bila jadi) wapres kan bukan cari harta, kekayaan. Karena dia sudah cukup, dia benar-benar ingin mengabdi kepada masyarakat,” kata Taufik di Kantor Seknas Prabowo-Sandiaga, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 19 Maret 2019.

Baca juga:  Cuma Rp 600 Ribuan, Ini Jam Tangan Termurah Milik Sandiaga Uno

Prabowo melakukan hal sama?

Sandiaga Uno dan Prabowo (Instagram/@sandiuno)
Sandiaga Uno dan Prabowo (Instagram/@sandiuno)

Jika Sandiaga Uno tidak akan menerima gajinya, apakah calon Presiden Prabowo Subianto akan melakukan hal sama?

Taufik memperkirakan Prabowo juga akan mengikuti langkah Sandiaga jika terpilih jadi presiden.

“Saya kira enggak jauh beda karena memang (Prabowo) suka membantu orang. Saya belum tahu ya tapi enggak jauh beda,” ujarnya.

Itulah total gaji Wapres RI yang tidak akan diterima Sandiaga Uno jika nanti terpilih. Gimana menurut kamu soal langkah cawapres satu ini?

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.