Puasa Seharian Gak Lemas, Ini 6 Buah yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur

3 menit
makanan sahur
Santap buah ini saat sahur. (Shutterstock)

Saat sahur, menu makanan utama memang berperan penting dalam menjaga asupan nutrisi serta vitamin yang masuk ke tubuh. Tujuannya supaya tubuh gak gampang sakit dan lemas menjalani 13 jam lebih puasa. Selain menu utama, makanan pendamping seperti buah juga wajib kamu siapkan di meja makan.

Manfaat buah seringkali disepelekan oleh banyak orang karena harganya yang mahal. Karena itu mereka lebih memilih menggunakan uangnya untuk membeli makanan utama aja supaya perut bisa lebih kenyang. Sah-sah aja sih kalau ada yang beranggapan kayak gitu.

FYI nih, mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak memang terasa lebih mengenyangkan dibanding sekedar makan buah atau sayur. Tapi dampaknya baru akan terasa ketika menunggu berbuka.

Berbeda dengan nasi atau makanan berlemak lainnya, kandungan nutrisi serta vitamin yang ada pada buah gak memberikan efek samping seperti ngantuk atau tubuh lemas. Justru sebaliknya, buah bikin badan makin enteng dan pikiran jadi encer bekerja. Pengin ngerasin langsung?

Nih langsung aja liat 7 buah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Lezat dan Praktis! 3 Resep Olahan Telur Ini Cocok buat yang Telat Sahur!

1. Pisang

makanan sahur
Pisang. (Pexels)

Mengutip dari  Resep Oki, buah untuk sahur pertama yang bisa dipilih adalah pisang, boleh dari jenis apapun sesuai selera. Selain gampang dicari, harganya juga lumayan terjangkau buat semua kalangan.

Dalam 100 gram pisang mengandung sekitar 1,1 gram protein, 2,6 gram serat dan 89 kalori. Sedangkan vitaminnya ada A, B, B kompleks, C hingga vitamin K. Cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Nikmat dan Mudah, Ini 20 Menu Sahur Praktis untuk Sebulan Berpuasa!

2. Kurma

makanan sahur
Kurma. (Pexels)

Bukan bisa dikonsumsi pas berbuka doang, tapi kurma juga boleh dimakan ketika sahur lho. Pas bulan Ramadan, biasanya buah yang berasal dari jazirah Arab ini sangat mudah ditemui di mini market ataupun pinggir jalan.

Setiap 100 gram buah kurma terdapat 2,4 gram protein, 8 gram serat dan 282 gram kalori. Vitaminnya juga lumayan lengkap, ada vitamin A, C, D, E dan K.

Baca juga: Mau Cegah Lapar Saat Puasa? Konsumsi 20 Menu Ini Saat Sahur, Dijamin Kuat sampai Buka

3. Alpukat

makanan sahur
Alpukat. (Pexels)

Terkenal ampuh melancarkan saluran pencernaan, alpukat bisa menjadi referensi lain buah saat sahur kamu. Cara menikmati yang paling enak adalah dengan dijus ditambah krim kental manis cokelat.

Tiap 100 gram alpukat mengandung 2 gram protein, 6,7 gram serat dan 160 kalori. Serta vitamin A, B kompleks, C dan D yang baik untuk tulang.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

4. Apel

makanan sahur
Apel. (Pexels)

Buah selanjutnya yang layak masuk dalam menu sahur kamu adalah apel. Selain baik untuk kesehatan tubuh, apel juga dipercaya mampu menjaga kesehatan gigi. Asal kulitnya jangan dibuang, karena manfaat kulit apel ternyata sama baiknya dengan dagingnya.

Setiap 100 gram apel mengandung sekitar 0,3 gram protein, 2,4 gram serat dan 52 kalori sebagai tenaganya. Lalu nutrisi yang ada di dalamnya mencakup kalsium, zat besi dan magnesium yang baik untuk kesehatan peredaran darah.

5. Pepaya

makanan sahur
Pepaya. (Pexels)

Urutan selanjutnya ada pepaya yang punya kegunaan untuk melancarkan buang air besar, mirip dengan alpukat. Tapi bedanya, pepaya bisa dimakan langsung kalau udah dipotong kecil-kecil.

Pada 100 gram buah pepaya terkandung sekitar 0,4 gram protein, 1,7 gram serat dan 43 kalori. Sedangkan untuk nutrisinya terdapat fosfor, kalium dan kalsium yang lumayan tinggi.

6. Makan semangka saat sahur

makanan sahur
Semangka. (Pexels)

Buah terakhir yang bisa kamu sediakan saat sahur adalah semangka. Rasanya yang segar dan kandungan airnya yang banyak sangat cocok untuk menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa.

Dalam 100 gram buah semangka terkandung sekitar 0,6 protein, 0,4 serat dan 30 kalori. Nutrisi yang bisa dapatkan adalah magnesium, potasium dan sodium.

Nah itu dia 6 buah yang bisa kamu jadikann referensi menu sahur. Gimana, tertarik untuk mencobanya di rumah? (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!