Fakta-Fakta di Balik Satelit Nusantara Satu yang Habiskan Dana Rp 3 Triliun

4 menit
Roket Falcon 9 yang membawa satelit Indonesia Nusantara Satu. (Instagram/@spacex)
Roket Falcon 9 yang membawa satelit Indonesia Nusantara Satu. (Instagram/@spacex)

Ada kabar baik nih buat kamu wahai para pengguna internet. Sebab akses jaringan internet generasi keempat atau 4G bakal dinikmati secara luas di dalam negeri. Hal ini gak lepas dari adanya satelit Indonesia yang baru-baru ini mengangkasa tepat di atas Indonesia.

Seperti yang ramai diperbincangkan banyak orang, Presiden Joko Widodo lewat akun Instagram-nya mem-posting peluncuran satelit yang diberi nama Satelit Nusantara Satu di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Satelit Indonesia ini meluncur dengan menunggangi roket SpaceX Falcon 9 buatan perusahaan Elon Musk. Seperti yang kamu tahu, SpaceX adalah perusahaan antariksa milik pengusaha kaya raya Elon Musk yang punya tujuan membangun koloni manusia di Planet Mars.

Balik lagi ke satelit Indonesia Nusantara Satu, rupanya nih suksesnya peluncuran satelit ini pada 22 Februari 2019 menyimpan beberapa fakta menarik yang belum banyak orang tahu. Apa aja fakta-fakta tersebut? Yuk, disimak.

Baca juga: Dulu, Elon Musk adalah Orang yang Cari Duit dengan 5 Cara Ini

1. Berkat satelit Indonesia Nusantara Satu, jaringan 4G sampai wilayah pedesaan

satelit indonesia
Satelit Nusantara Satu akan berikan akses internet hingga pedesaan. (Spacex.com)

Adanya satelit Indonesia Nusantara Satu bertujuan agar jaringan internet 4G sampai ke wilayah-wilayah pedesaan. Dengan begitu, gak cuma orang-orang di kota besar aja yang bisa menikmati jaringan 4G, orang-orang di pedesaan pun juga bisa mengaksesnya.

Presiden Joko Widodo lewat akun Instagramnya menegaskan kalau Satelit Nusantara Satu ini bakal meningkatkan konektivitas internet broadband, komunikasi suara, data, dan video di Indonesia. Harapannya, supaya akses internet kita gak lagi lelet.

Baca juga: Mau Jadi Pengusaha Sukses? Ini 8 Cara Nyeleneh ala Elon Musk

2. Pengelolaannya di bawah PT Pasifik Satelit Nusantara

satelit indonesia
Di kelola PSN. (Spacex.com)

PT Pasifik Satelit Nusantara atau PSN menjadi pemilik sekaligus pengelola sah dari Satelit Nusantara Satu. PSN merupakan perusahaan yang bergerak di bidang informasi dan telekomunikasi satelit.

Seperti yang diinformasikan melalui website-nya, PSN tercatat sebagai perusahaan swasta dan salah satu dari lima operator di Indonesia. Dengan diluncurkannya Satelit Nusantara Satu, layanan Ubiqu dan Sinyalku bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Baca juga: Ada yang Rp 2,7 Triliun, Ini Deretan Rumah Mewah Para Bos Perusahaan Raksasa

3. Satelit Nusantara Satu dibekali teknologi High Throughput Satellite

satelit indonesia
Satelit Nusantara Satu dibekali teknologi high throughput. (Spacex.com)

PSN benar-benar serius mempersiapkan Satelit Nusantara Satu. Buktinya, satelit Indonesia ini dibekali teknologi canggih, yaitu High Throughput Satellite (HTS).

Keberadaan teknologi HTS ini tentu aja memberi keuntungan berupa naiknya kecepatan akses internet di Indonesia. Asal tahu aja nih, satelit Indonesia terbaru ini memiliki kapasitas akses data hingga 15 Gbps.

Sebanyak 26 satelit diketahui telah menggunakan teknologi ini. Salah satunya termasuk Satelit Nusantara Satu yang belum lama ini meluncur.

4. Satelit Nusantara Satu habiskan biaya US$ 250 juta atau Rp 3,49 triliun

satelit indonesia
Roket Falcon 9 SpaceX yang bawa satelit PSN. (Spacex.com)

Dana yang digelontorkan buat produksi Satelit Nusantara Satu disebut-sebut gak tanggung-tanggung besarnya. Diberitakan Detik, produksi satelit Indonesia ini menelan dana hingga US$ 250 juta atau Rp 3,49 triliun.

Itu pun baru menghitung dana produksinya aja lho. Sementara itu, biaya peluncurannya melalui SpaceX kabarnya menghabiskan dana sekitar US$ 60 juta atau Rp 838 miliar. Ditotal-total keseluruhan biayanya sekitar US$ 310 juta atau Rp 4,33 miliar.

5. Mengorbit di atas Papua selama 15 tahun

satelit indonesia
Nusantara Satu akan mengorbit di atas Papua sampai 15 tahun. (Spacex.com)

Lepas landas dari Amerika Serikat, Satelit Nusantara Satu mengorbit tepat di atas Papua. Posisinya berada di 146 derajat Bujur Timur. Namun, baru dua minggu setelah peluncuran satelit Indonesia ini akan berada di sana.

Nantinya begitu berada di atas Papua, jaringan internet 4G bisa diakses orang-orang dari semua wilayah di Indonesia. Satelit Nusantara Satu digadang-gadang mampu melayani kebutuhan internet dalam negeri selama 15 tahun.

6. Diluncurkan berdampingan pesawat Israel yang punya misi pendaratan di bulan

satelit indonesia
Diluncurkan bersamaan misi Israel. (Spacex.com)

Menariknya, roket SpaceX Falcon 9 meluncur gak semata-mata angkut Satelit Nusantara Satu, tapi juga membawa dua wahana lainnya. Dua wahana lain yang diangkut yaitu pesawat luar angkasa Amerika Serikat S5 dan pesawat luar angkasa Beresheet Israel.

Walaupun misi utama dari roket SpaceX Falcon 9 adalah membawa Satelit Nusantara Satu mengorbit, orang-orang justru menaruh perhatian pada misi pendaratan pesawat Israel di bulan.

Pendaratan pertama Israel di bulan punya tujuan menjalankan misi pencarian kandungan magnetik yang ada pada batu-batuan di bulan. Dengan suksesnya misi tersebut, Israel menjadi negara keempat yang mendarat di bulan setelah Rusia, Amerika Serikat, dan Cina.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik seputar peluncuran satelit Indonesia Nusantara Satu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan