Banner ImageBanner Image

Seberapa Menguntungkannya Tabungan Saham dan Bagaimana Cara Daftarnya?

2 menit
Tabungan Saham (Shutterstocks).

Tabungan saham merupakan salah satu instrumen investasi yang dapat membuat kekayaanmu semakin beranak pinak.

Tabungan saham sebenarnya sama saja seperti tabungan emas, di mana kamu menyetor uang untuk membeli saham tapi dalam bentuk menabung.

Seperti yang kamu ketahui kalau saham merupakan salah satu investasi yang sangat menguntungkan alias return yang diberikan sangat besar dibanding dengan jenis investasi lain. Meski begitu, risikonya pun juga sebanding.

Tapi masih banyak orang yang menganggap saham itu ribet, sehingga enggan untuk terjun ke pasar modal. Padahal meraup banyak kekayaan dari tabungan saham itu gak ribet kok. Gimana caranya? Yuk, simak di bawah ini.

Cara daftar tabungan saham

Cara daftar tabungan saham cukup mudah.

Sebenarnya membuka tabungan saham itu sangat mudah lho. Jadi, calon nasabah hanya perlu datang ke bank yang jadi pilihan dan membuka rekening biasa.

Meski begitu, ada beberapa persyaratan yang harus kamu bawa saat datang ke bank yaitu:

  • Identitas diri seperti KTP, SIM, Paspor
  • NPWP
  • Mengisi formulir aplikasi
  • Menyetor sejumlah dana.

Nah, selanjutnya kamu hanya perlu membuka rekening investasi dengan membuat akun identifikasi investor (single investor identification/SID) di perusahaan sekuritas, broker atau perantara perdagangan saham.

Tapi kamu gak perlu khawatir, karena kini udah banyak sekali perusahaan sekuritas yang bekerjasama dengan pihak. Bahkan gak sedikit sekuritas yang menempatkan karyawannya di kantor bank. Jadi, kamu gak perlu tuh capek-capek pergi untuk membuka rekening dan SID.

Nah, nanti dana yang disimpan dalam rekening bank kamu itu akan dipotong secara otomatis atau autodebet untuk dibelikan saham atau produk reksadana yang disetujui oleh investor.

Calon nasabah juga gak perlu khawatir karena nilainya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan nasabah.

Misalnya saja, calon nasabah hanya bisa menabung setiap bulan sebesar Rp 200 ribu. Hal itu gak jadi masalah kok. Jadi, berapapun bisa.

Selain itu, calon nasabah juga bebas memilih saham yang akan dibeli. Ya, asalkan sesuai dengan jumlah setoran per bulannya. Lagipula, pembelian saham juga atas izin dari nasabah. Jadi, broker gak bisa tuh asal membeli saham.

Keuntungan tabungan saham

Keuntungan tabungan saham bisa dinikmati beberapa tahun ke depan.

Perlu kamu ketahui kalau investasi itu adalah jangka panjang. Jadi, keuntungannya baru bisa kamu nikmati di beberapa tahun ke depan.

Begitu juga halnya dengan tabungan saham yang sejatinya harus kamu lakukan antara 5 hingga 10 tahun. Dengan jangka waktu yang tergolong lama, kamu gak perlu khawatir soal harga saham harian. Jadi, gak perlu panik saat saham turun.

Selain itu, harga saham gabungan (IHSG) juga mengalami kenaikan dalam 10 tahun terakhir ini. Ya, coba aja kalau kamu bandingkan dengan bunga deposito yang tentu aja jauh berbeda kan?

Misalnya nih, kamu investasi saham sebesar Rp 200 ribu setiap bulan untuk saham selama kurun waktu 120 bulan atau 10 tahun. Berarti total nilai investasimu adalah Rp 24 juta.

Jika saham tempatmu menabung tumbuh sebesar 20 persen, maka kamu akan mendapatkan keuntungan Rp 4,8 juta. Total itu juga belum termasuk ke dalam dividen (bagi hasil keuntungan) ya.

Karena itu, disarankan agar kamu tidak terpatok pada satu investasi saja. Kamu bisa mengalokasikannya ke berbagai instrumen investasi, salah satunya adalah tabungan saham. Gimana udah tertarik untuk membuka rekening tabungan saham? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong