Secured Credit Card Indonesia: Jalan Pintas yang Ingin Apply Kartu Kredit

4 menit
secured credit card indonesia

 

Kalau ada yang bilang syarat utama bikin kartu kredit itu mesti berpenghasilan, itu tak sepenuhnya betul. Bank tak menjadikan itu sebagai patokan utama meluluskan permohonan kartu kredit.

 

Justru yang jadi pedoman bank itu adakah punya duit! Asalkan di mata bank seseorang nyata-nyata punya duit, peluang dia bikin kartu kredit terbuka lebar. Dan, duit itu dijadikan jaminan kepada bank agar bisa memegang kartu kredit.

 

Inilah yang disebut kartu kredit secured credit card Indonesia. Secured credit card merupakan sejenis kartu kredit yang diterbitkan bank kepada nasabah yang berani menjaminkan sejumlah uang. Di situlah kelebihan kartu kredit jenis ini karena cara mendapatkannya beda dengan kartu kredit pada umumnya.

 

Jenis kartu kredit ini tak mensyaratkan informasi status pekerjaan maupun besar penghasilan. Dua poin itu tak lagi diperhitungkan pihak bank bagi yang mengajukan secured credit card.

 

Bisa disebut, menjaminkan sejumlah uang dalam apply kartu kredit jadi jalan pintas. Asalkan syarat usianya terpenuhi ya, yakni minimum 21 tahun atau 18 tahun bagi yang sudah menikah.

 

Cara bikin secured credit card

Seperti yang disebutkan, secured credit card menawarkan kemudahan kepemilikan dan pembuatan kartu kredit di mana dalam proses pengajuannya tidak memerlukan berbagai macam persyaratan umum dalam pembuatan kartu kredit tanpa jaminan.

 

tumpukan uang rupiah yang mengendap

 

 

Langkah pertama pastinya siapkan dana dulu yang bisa ditempatkan dalam bentuk tabungan atau deposito. Besarannya minimal Rp 3 juta.

 

Besaran dana yang dijaminkan ini memengaruhi besaran limit kartu kredit. Kalau jaminkan dana Rp 10 juta, maka limitnya sampai Rp 10 juta. Kalau dananya Rp 20 juta, ya plafonnya Rp 20 juta. Sekali lagi ini tergantung kebijakan masing-masing bank ya.

 

Oh ya, besaran jaminan itu juga memengaruhi jenis kartu kreditnya. Kalau jaminannya di atas Rp 10 juta bisa dapat kartu kredit gold. Bahkan bisa dapat kartu kredit platinum kalau jaminannya di atas Rp 25 juta.

 

Sekali lagi, tergantung kepada kebijakan bank itu sendiri. Intinya sih, makin besar jaminannya maka makin besar limit dan makin tinggi level kartu kreditnya.

 

Selanjutnya, tinggal melipir ke kantor cabang bank yang menawarkan secured credit card. Tinggal pilih saja kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan relevan dengan gaya hidup yang dilakoni.

 

Tinggal buka rekening atau deposito dengan dana tadi dan katakan kepada petugas customer service bila dana itu ingin dijadikan jaminan mendapatkan kartu kredit.

 

Permintaan itu akan direspons dengan menyodorkan form aplikasi kartu kredit seperti biasa. Kolom pekerjaan atau penghasilan diabaikan saja. Toh, itu bukan lagi jadi ukuran yang dilihat bank. Bank cuma lihat berapa besaran duit yang dijaminkan, titik!

 

Maka itu, pengajuan jenis kartu kredit ini 100 persen bakal disetujui. Analis bank tak bakal dibuat sibuk untuk memverifikasi semua data di form aplikasi. Jadi jangan heran kalau bank enggak bakalan telepon untuk konfirmasi data.

 

Nasib uang yang dijaminkan

Semua fitur, servis, kelebihan, dan kegunaan secured credit card tak ada beda dengan kartu kredit lainnya. Apakah itu buat gesek, belanja online, tarik dana, nikmati fasilitas air lounge, atau tetek bengek lainya, tak ada yang beda. Semua sama!

 

_kartu kredit secured

 

Pembeda utama hanya diproses pembuatannya yang menjaminkan dana ke bank. Kartu kredit model ini menghapuskan kesan kartu kredit itu adalah utang. Lha, bagaimana mau disebut utang kalau transaksi yang digunakan lewat secured credit card ini sebenarnya dari duit kita sendiri.

 

 

Itulah alasannya kenapa mereka yang punya deposito atau saldo tabungan dengan nominal besar selalu dirayu agar bersedia dikirimkan kartu kredit jenis ini. Bahkan kalau mereka ini berhak kartu kredit platinum yang hanya bisa didapatkan lewat invitation only.

 

Lalu bagaimana nasib uang yang dijaminkan itu? Sebenarnya ada dua keuntungan. Pertama adalah duit jadi aman. Pasti aman karena dapat jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) asal nilainya tak lebih dari Rp 2 miliar.

 

Keuntungan kedua, tabungan atau deposito yang dijaminkan itu tetap mendapatkan bunga seperti biasa. Jadi uang yang dijaminkan itu tetap bisa beranak pinak karena tambahan bunga sesuai dengan ketentuan bank. [Baca: Akrabi Deposito yang Masih Menguntungkan]

 

Apakah tabungan atau deposito itu bisa dicairkan? Ya jelas bisa. Tentu dengan syarat, secured credit card yang dimiliki itu ditutup dulu.

 

Selain itu, pastikan juga tak ada tagihan tersisa yang belum dilunasi. Kalau pun belum dilunasi, biasanya akan dipotong dari uang jaminan itu. Alangkah baiknya sebelum menutupnya pastikan semuanya clear. jangansampai besok-besok ditagih padahal kartu kredit sudah ditutup. Belum lagi ada beban biaya tunggakan. [Baca: Hal yang Perlu Diketahui Lebih Jauh sebelum Apply Kartu Kredit]

 

tagihan kartu kredit lunas

 

 

Jenis kartu kredit ini jadi solusi bagi yang tak berpenghasilan atau pun penghasilannya tak tetap untuk mendapat kartu kredit sepanjang punya ‘duit’. Pendek kata, secured credit card menegaskan pernyataan kalau kartu kredit itu hak semua orang! [Baca: Jurus Ajukan Kartu Kredit buat Freelancer]

 

 

 

Image credit:

http://www.covesia.com/photos/berita/210115094514_dana-pnpm-kaltim-mengendap-rp16.jpeg

http://4.bp.blogspot.com/-MeGz0MM4Fr0/Up_oMA6_UPI/AAAAAAAAAtQ/rWfxBeTK4Yo/s1600/3D+Secure.jpg

http://cdn.moneycrashers.com/wp-content/uploads/2010/09/paid-invoice.jpg

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan