Secured Credit Card Jadi Bukti bahwa Punya Kartu Kredit Bukan Berarti Cuma Bisa Ngutang

5 menit
secured credit card

Merasa frustasi ditolak saat ajukan kartu kredit bukan berarti dunia kiamat. Masih ada alternatif lainnya mengantongi kartu kredit tanpa harus capek-capek memenuhi ketentuan bank penerbit kartu kredit.

 

Alternatif yang dimaksud adalah secured credit card. Mungkin sudah ada yang familiar sama sebutan secured credit card alias kartu kredit dengan jaminan.

 

Pengertian singkatnya, secured credit card adalah penerbitan kartu kredit yang dijamin langsung approve sama bank tanpa lewat analisa kartu kredit. Cukup bermodalkan sejumlah duit untuk dijaminkan.

 

Jadi, pengajuan secured credit card enggak seperti kartu kredit pada umumnya yang utamanya ada bukti penghasilan bulanan. Bank enggak bakalan melirik syarat itu kalau memproses secured credit card.

 

[Baca: Pengajuan Kartu Kredit Ditolak Terus Karena Bukan Karyawan Tetap? Coba Secured Credit Card Dong!]

 

Terus, bagaimana nasib uang yang dijaminkan itu? Enggak usah khawatir. Bank enggak bakalan utak-atik karena itu hanya agunan saja dan enggak bakalan didebet bank saat ada tagihan.

 

Uang yang dijaminkan itu sekadar untuk meyakinkan bank kalau si pemilik kartu akan mengembalikan uang bank yang digunakan dalam transaksi kartu kredit.

 

Maka itu, sasaran dari secured credit card ini adalah mereka yang cemas-cemas gelisah tak bakal lolos analisa bank saat pengajuan kartu kredit. Contohnya ya mereka yang tak punya penghasilan tetap seperti ibu rumah tangga atau pelaku usaha kecil, punya sejarah hitam dalam pinjam-meminjam di bank, atau berbagai sebab lainnya.

 

Berbagai masalah itu bisa diabaikan saat mengajukan secured credit card. Asalkan syarat utamanya punya duit terpenuhi. Bukti punya duit itu mesti ditunjukkan kalau ada tabungan atau deposito di bank yang kemudian digunanan sebagai jaminan.

 

[Baca: Punya Duit Namun Bukan Gaji Tetap, Apply Secured Credit Card Aja, Tapi Tetap Perhatikan Poin-Poin Ini Ya!]

 


secured credit card

Walaupun namanya beda, tapi fungsi Secured credit card itu sama aja kok dengan kartu kredit lainnya

 

 

Di lain pihak, secured credit card hanya sebutannya saja. Sedangkan fungsi, fitur, servis, kelebihan, kegunaan dan besaran bunganya pun tidak beda jauh dengan kartu kredit pada umumnya.

 

Secured credit card bisa digunakan untuk tarik tunai, gesek di merchant, shopping online, atau pun untuk verifikasi layanan PayPal.

 

Kadang bagi sebagian orang merasa butuh kartu kredit bukan dengan limit yang besar tapi ‘sekadarnya’ untuk membantu transaksi sehari-hari. Alhasil, secured credit card ini bisa jawaban atas kebutuhan itu.

 

Dengan adanya penawaran secured credit card ini bisa dinilai mempermudah dalam kepemilikan dan pembuatan kartu kredit. Jelas lebih mudah karena dalam prosesnya tak perlu berbagai macam persyaratan umum seperti kartu kredit pada umumnya.

 

Pokoknya asalkan saldo tabungan atau deposito yang mengendap di bank mencukupi, yang lainnya enggak usah dipikir.

Nah, bank apa saja yang punya produk secured credit card ini? Apa saja bedanya? Cekidot di bawah ini ya.

 

BCA Secured Card

BCA Secured Card cukup popular di kalangan orang yang ingin punya kartu kredit tanpa ribet lewat proses analisa kredit segala. Calon pemohon cukup menggunakan jaminan dana di rekening BCA atau depositonya. Limit yang diberikan pun mengacu pada jumlah dana yang dijaminkan itu.

 

Bagaimana cara bikinnya? Ya yang pasti mesti penuhi syarat dulu sebagai nasabah BCA. Dana yang dijaminkan untuk secured credit card kan mesti ‘dipegang’ pihak bank.

 

Rekening yang bisa dijadikan jaminan antara lain Tahapan, Tapres, dan Deposito Berjangka. Minimal besaran dana yang dijaminkan adalah Rp 3 juta.

 

Berikut ini cara mengajukannya.

  1. Datangi kantor cabang terdekat atau di mana tempat pembukaan rekening/deposito
  2. Isi formulir aplikasi kartu kredit BCA
  3. Lengkapi dokumen yang diminta (salinan KTP)
  4. Kembalikan formulir dan dokumen ke petugas BCA

 

Kartu kredit jenis ini pas banget dimiliki mereka yang enggak punya penghasilan tetap. Sebagai contoh yang suka jual beli online bisa andalkan Secured Card BCA untuk transaksi. Bisa pula para blogger yang memerlukan kartu kredit untuk bertransaksi di PayPal.

 

 

secured credit card

Gak semua bank nyediain fasilitas secured credit card, cek dulu ke bank yang bersangkutan. Bank BCA adalah contoh bank yang punya fasilitas ini. 

 

Pihak lain yang bisa memanfaatkan Secured Credit Card BCA adalah mereka yang sedang merintis usaha di mana membutuhkan kepraktisan dalam bertransaksi. Bisa juga mereka yang selama ini enggak punya credit history jadi selalu gagal bikin kartu kredit konvensional.

 

Oh ya, jangan lupa melunasi tagihan tepat waktu. Lebih oke lagi kalau pilih layanan autodebet di mana rekening bakal terpotong otomatis kalau jatuh tempo.

 

Lalu apakah di tengah jalan duit yang dijadikan jaminannya bisa diambil? Jawabannya tergantung.

 

Bila rekam jejak pembayaran tagihan atau credit history-nya bagus selama satu atau dua tahun belakangan, maka nasabah berhak meminta jaminan dikembalikan secara utuh. Tinggal datangi saja kantor BCA tempat pembukaan rekening.

 

Secured Card Bank Sinar Mas

Pada prinsipnya, mengajukan Secured Card Bank Sinar Mas sama dengan BCA. Utamanya punya duit yang dijaminkan di rekening atau deposito di Bank Sinar Mas. Duit itu nanti di-lock sebagai agunan. Enaknya punya tabungan di Bank Sinar Mas itu dapat ‘bonus’ kartu kredit!

 

Bedanya cuma di besaran nilai uang yang dijaminkan saja. Di Bank Sinar Mas, duit yang di-lock itu minimal Rp 2 juta dan maksimal Rp 2 miliar. Kenapa maksimal Rp 2 miliar? Bisa jadi biar aman karena itu besaran dana yang dijaminkan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

Besaran limit secured credit card-nya adalah 80% dari dana yang dijaminkan. Misalnya tanam duit Rp 10 juta sebagai jaminan, maka limit kartu kredit yang disetujui adalah Rp 8 juta.

 

Kalau Rp 100 juta yang dijaminkan, limitnya pun bisa Rp 80 juta. Begitu seterusnya.

 

Selama masih pakai secured credit card, duit itu enggak bisa dicairkan.  Caranya gampang banget. Bisa datang langsung ke kantor cabang atau apply online di pihak ketiga yang menjadi mitra bank tersebut.

 

 

1. Buka deposito atau rekening dengan nilai minimal yang ditentukan. Makin besar maka limit kartu kredit pun makin besar pula.

2. Isi form yang disediakan

3. Sertakan salinan identitas diri

4. Tunggu kabar

 

Cuma sebelum mengajukan, ada baiknya paham dulu ketentuannya. Misalnya usianya sudah di atas 21 tahun. Terus pahami juga mekanisme dalam pembayaran tagihannya di mana harus full payment. Artinya, tagihan itu enggak bisa pembayaran minimum.

 

Tenang saja, selama bayar maka dana di tabungan tetap utuh. Kecuali kalau terjadi penunggakan sampai lewat 14 hari maka pembayaran bakal memotong dana tabungan sebesar tunggakan. Bila ini terjadi, maka kartu kredit diblokir dan tak bisa digunakan lagi.

 

[Baca: Secured Credit Card Indonesia Emang Menggiurkan, Tapi Bukan Berarti Bebas Aturan Main]

 

 

secured credit crd

Pastiin kamu memilih secured credit card dari bank yang sesuai dengan kebutuhan 

 

 

Kira-kira ini kartu kredit cocok buat siapa ya? Pastinya yang punya duit! Kan harus ada saldo tabungan dulu. Setelah itu, kartu kredit ini bisa jadi pegangan mahasiswa atau pun freelancer yang enggak punya pendapatan tetap.

 

Mudah banget kan! Jangan khawatir bakal ditolak bank kalau mengajukan secured credit card. Dijamin, 100% approved. Yang tak kalah penting, duit yang dijaminkan itu tetap mendapatkan bunga deposito/rekening seperti biasa.

 

Ketika secured credit card sudah di tangan dan minimal sudah setahun digunakan, bisa jadi modal untuk apply kredit tanpa agunan (KTA) maupun kartu kredit di bank lain.

 

 

Tak tertutup kemungkinan dapat limit kartu kredit di bank lain yang besarannya dua sampai tiga kali lipat dari secured credit card. Hanya yang perlu ditekankan, Secured Credit Card itu bukan alat pembuat utang ya tapi sebagai alat penunda pembayaran.

 

 

 

Image credit :

  • http://www.akki.or.id/images/Kontan20141212.jpg
  • http://photo.kontan.co.id/photo/2011/12/16/802645395p.jpg
  • http://1.bp.blogspot.com/-UMMSWrPCsYs/Vfb1Cq2DIhI/AAAAAAAADDk/FZzL96oXn60/s1600/Credit%2Bcard%2Bonline%2Bkartu%2Bkredit%2Bsinarmas.jpg
MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.