Secured Credit Card VS Debit Card – Jangan Percaya Gosip, Yuk Kupas Tuntas Perbedaannya!

3 menit

Banyak yang penasaran dengan secured credit card tapi malu-malu kucing buat cari tahu. Ada juga yang emang males cari info karena dapet kabar, katanya, secured credit card gak ada bedanya dengan debit card alias kartu debit.

 

Kabar yang katanya…katanya…banyak gak benernya. Soalnya gak jelas dasar informasi itu. Bisa aja kabar itu tersebar di grup rumpi atau arisan dengan sumber berupa gosip.

 

Padahal perbedaan secured credit card dengan debit card itu kayak batu item di dalem gelas kaca transparan: terlihat jelas banget. Perbedaan ini terutama terletak pada keuntungan dalam penggunaannya.

 

[Baca: Secured Credit Card Indonesia: Jalan Pintas yang Ingin Apply Kartu Kredit]

 

 

Gak percaya? Yuk, kupas tuntas perbedaan secured credit card vs debit card.

 

1. Periode pembayaran

Secured credit card: Saat bertransaksi pakai kartu kredit itu, rekening tabungan gak langsung dipotong. Soalnya ada grace period alias waktu tenggang dalam periode pembayaran. Kalau udah lewat grace period tagihan gak dilunasi, barulah bank mencokok duit di rekening.

 

Debit card: Saat bertransaksi, duit di rekening tabungan langsung dipotong. Gak ada grace period. Kalau duit di rekening gak cukup buat transaksi, ya gagal transaksi itu.

 

2. Penerimaan merchant

Secured credit card: Semua merchant baik di dalam maupun luar negeri yang menerima pembayaran dengan kartu kredit bisa kita bayar dengan secured credit card. Asalkan jaringan kartu kredit kita dengan merchant sama. Kalau kartu kredit Visa tapi merchant terimanya American Express, berarti gak bisa.

 

Debit card: Gak semua merchant punya mesin EDC bank yang sesuai dengan kartu debit kita. Kalau pakai mesin EDC beda bank, bisa kena charge. Selain itu, merchant di luar negeri jaraaaang banget yang nerima transaksi pakai debit card Indonesia.

 

secured credit card vs debit card

Pahami dulu bahwa gak semua EDC bisa menerima transaksi kartu kita lho

[Baca:Cara Kerja Mesin EDC: Ngambil Duit Gak Perlu ke ATM, Cukup Gesek Kartu]

 

3. Belanja online

Secured credit card: Belanja online lebih gampang pakai kartu kredit. Tinggal masukin kode nomor di belakang kartu, udah. Transaksi beres, tinggal tunggu barang datang.

 

Debit card: Bisa juga sih buat belanja online, tapi harus lewat transfer antarbank.

 

4. Fitur manfaat

Secured credit card: Sama kayak kartu kredit biasa, ada sederet fitur manfaat dari kartu ini. Di antaranya cashback, cicilan 0 persen, reward point, miles reward, dan diskon merchant.

 

Debit card: Karena berupa kartu debit, gak ada manfaat yang sama dengan kartu kredit. Kalaupun ada, misalnya, cashback, jarang sekali itu kalau dibandingin ama program kartu kredit.

 

Secured credit card amat berguna kalau kita tahu selanya. Buat ibu-ibu rumah tangga, kartu ini amat direkomendasikan. Soalnya gak ada syarat harus karyawan tetap atau berstatus pengusaha buat dapetin secured credit card.

 

[Baca: Dear Ibu Rumah Tangga, Mau Tahu Cara dan Syarat Bikin Kartu Kredit Milik Sendiri?]

 

Sebagai ganti syarat apply kartu kredit umum itu, bank mewajibkan peminat secured credit card menyetor sejumlah duit ke tabungan sebagai jaminan. Gunanya, kalau tagihan secured credit card gak bisa dilunasi, bank tinggal ngambil duit itu untuk melunasi tagihan.

 

Kalau dibandingin ama debit card, tentunya secured credit card lebih punya banyak keunggulan seperti terlihat di atas. Sedangkan kalau dijejerin ama kartu kredit biasa, keduanya kurang-lebih sama dalam hal manfaat.

 

 

secured credit card vs debit card

Biar makin maksimal dalam penggunaan kartu debit, pelajari dan pahami bener-bener ya bahwa secured credit card itu beda banget sama debit card

 

 

Tapi dalam hal pengaturan penggunaan, secured credit card vs debit card sama aja. Keduanya harus sama-sama dimanfaatkan dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan peruntukannya.

 

Jika manfaat kartu-kartu multiguna dari bank itu disalahgunakan, yang rugi kita sendiri sebagai nasabah. Bank? Tinggal ambil alih tabungan atau bawa kasus ke pengadilan untuk melakukan penyitaan aset sebagai ganti rugi.

 

[Baca: Jangan Apply Kartu Kredit Online Kalau Mindset Masih Begini]

 

 

 

Image Credit : 

  • http://www.creditcard-revolution.com/wp-content/uploads/2014/03/Tips-kartu-kredit.jpg
  • http://hijabspeak.com/wp-content/uploads/2013/11/hijabspeak-tipsbijakkartukredit-1.jpg
MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan