Megah dan Lengkap, Berapa Biaya Pendidikan di Ponpes Azzikra Milik Arifin Ilham?

3 menit
Pondok Pesantren Megah Arifin Ilham (Instagram).
Pondok Pesantren Megah Arifin Ilham (Instagram).

Jenazah Ustadz Arifin Ilham dimakamkan di Pondok Pesantren Az-Zikra yang terletak di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Asal kamu tahu, ponpes yang satu ini adalah milik almarhum lho.

Jika A’a Gym punya Ponpes Daarut Tauhiid, maka Arifin Ilham punya Azzikra. Ponpes terkenal ini didirikan sejak tahun 2012 silam, dan lulusannya sudah banyak yang sukses.

Ponpes ini juga sering disebut-sebut menjadi ponpes terfavorit dan memiliki fasilitas yang cukup baik serta desain bangunannya pun megah. Penasaran dengan sederet fakta seputar pondok pesantren ini? Yuk simak di bawah sini.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Biaya pendidikannya segini

Pondok Pesantren
Ponpes Azzikra

Pertama-tama, kita akan bahas seputar biaya pendidikannya dulu ya. Menurut informasi di situs Ponpes Azzikra, biaya pendidikan di Azzikra jelas berbeda-beda, dan semuanya tergantung pada jenjang pendidikannya.

Bila kamu berniat menyekolahkan putra-putrimu di pondok pesantren ini, gak usah khawatir, mereka memfasilitasi pendidikan untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (SD), SMP Islam Terpadu, hingga Madrasah Aliyah (SMA). Berikut adalah rincian biaya pendidikan di Ponpes Azzikra.

Pondok Pesantren
Perincian biaya

Patut diketahui, dari biaya-biaya di atas ada yang sifatnya dibayar pertahun lho ya. Seragam tentunya juga bakal diganti seiring dengan berjalannya waktu.

Oh iya, jangan lupa, di luar biaya itu juga ada biaya formulir pendaftaran yang harus dibayarkan. Untuk Madrasah Ibtidaiyah sebesar Rp 100 ribu, SMP Rp 150 ribu, dan Madrasah Aliyah Rp 200 ribu.

2. Pondok pesantren megah dengan fasilitas yang komplit

Pondok Pesantren
Ponpes Azzikra

Sebagai tempat menuntut ilmu, ponpes ini terbilang cukup megah dan siap memfasilitasi para santri dengan sarana-sarana yang sangat mumpuni.

Selain masjid dan aula yang megah, dan representatif, Azzikra memiliki bangunan sekolah, asrama, perpustakaan, laboratorium komputer, dan ruang makan yang bersih dan seluruhnya menggunakan AC.

Untuk fasilitas olahraganya, ada lapangan futsal, basket, dan bulutangkis. Di dalam ponpes itu juga terdapat, kantin, mini market bertema Islami, ruang MCK yang bersih, ruang UKS, serta mobil ambulans untuk penanganan medis.

Wah lengkap banget ya, dengan biaya sebesar itu dijamin para orangtua santri tinggal terima beres saja. Staf pengajarnya juga merupakan lulusan sarjana dari luar dan dalam negeri, tingkat pendidikan mereka minimal setara dengan S1.

3. Kurikulumnya adalah perpaduan dari pendidikan nasional dan Islam

Pondok Pesantren
Ponpes Azzikra

Selain menyediakan materi sesuai dengan kurikulum nasional, Pondok Pesantren Azzikra juga menyediakan kurikulum berbasis Islami. Tujuannya tentu saja agar pemahaman Islam buah hatimu bakal makin mantap ke depannya.

Beberapa program pembelajaran bernuansa Islam yang ada di ponpes ini antara lain adalah Tahfidzul Quran, Aqidah Ahlus sunnah wal jama’ah, Fiqih praktis ibadah (Imam Syafi’i rohimmahulloh), dan Adat Islami (Akhlaqul Karimah).

Dan gak ketinggalan pula, di sini santri juga berkesempatan belajar Bahasa Arab. Wow, Bahasa Arab bisa dibilang merupakan bahasa yang sulit lho, tapi setelah seseorang bisa menguasainya, maka mau belajar bahasa di negara apapun pasti gampang deh.

Itulah sekilas fakta mengenai pondok pesantren megah milik almarhum Ustadz Arifin Ilham. Tertarik menyekolahkan buah hatimu ke sana? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.