Ada yang Rp 43 Jutaan, Segini Tarif Sewa Apartemen di Negara-Negara Asia Tenggara

5 menit
Sewa apartemen yang lebih mahal dari Indonesia. (Shutterstock)
Sewa apartemen yang lebih mahal dari Indonesia. (Shutterstock)

Banyak yang bilang sewa apartemen di Jakarta terbilang mahal. Faktanya sih emang hunian yang satu ini punya tarif sewa yang lumayan tinggi nominalnya buat ukuran orang-orang di Indonesia.

Di Jakarta, sewa apartemen paling murah dikenakan tarif Rp 1 jutaan. Itu pun buat satu kamar dan lokasinya terletak di pinggiran kota. Semahal-mahalnya, tarif sewanya bisa mencapai Rp 10 jutaan lho di pusat kota.

Wajar sih kenapa orang-orang bilang tarif sewa apartemen di Jakarta mahal. Soalnya, tarif sewa tersebut mengambil sekitar 30 persen penghasilan rata-rata orang-orang yang bekerja di kota.

Kalau di Indonesia biaya tersebut dianggap mahal, gimana dengan biaya sewa apartemen di negara-negara lain, terutama di negara-negara Asia Tenggara? Cek yuk jawabannya dalam ulasan berikut ini seperti yang dikutip dari Numbeo.

Baca Juga: Penampakan Apartemen Minimalis Milik Cut Tari, Super Inspiratif!

1. Sewa apartemen Singapura

Sewa apartemen di Singapura. (Shutterstock)
Sewa apartemen di Singapura. (Shutterstock)

Banyak yang bilang biaya hidup di Singapura itu mahal. Biaya hidupnya aja mahal, apalagi tarif sewa apartemen di sana. Realitanya, hal ini memang benar. Tarif sewa hunian, khususnya apartemen, terbilang mahal di Negeri Singa ini.

Sebulannya, kamu mesti merogoh kocek S$ 2.466 atau Rp 26 jutaan buat sewa apartemen satu kamar di pusat kota. Sementara itu, di pinggiran kota tarifnya sekitar S$ 1.340 atau Rp 14 jutaan.

Lain lagi dengan apartemen tiga kamar. Tarif sewanya bisa mencapai S$ 4.153 atau Rp 43 jutaan di pusat kota. Sementara itu, di pinggiran kota tarif sewanya S$ 2.582 atau Rp 27 jutaan.

Baca Juga: Milenial Lebih Pilih Tinggal di Apartemen karena Alasan Ini

2. Brunei Darussalam

Sewa apartemen Brunei Darussalam. (Shutterstock)
Sewa apartemen Brunei Darussalam. (Shutterstock)

Di negeri yang kaya minyak ini, tarif sewa apartemen relatif mahal dibandingkan dengan Indonesia. Namun, gak semahal tarif di Singapura.

Per bulannya, apartemen satu kamar yang berlokasi di pusat kota negara ini dikenakan tarif S$ 772 atau Rp 8 jutaan. Lain dengan yang berada di pinggir kota, tarifnya S$ 504 atau Rp 5 jutaan.

Sementara apartemen tiga kamar di pusat kota punya tarif S$ 1.690 atau Rp 17 jutaan. Kalau di pinggir kota, tarifnya S$ 1.246 atau Rp 13 jutaan.

Baca Juga: Meski Mungil, Apartemen Milik Marion Jola Ini Terlihat Mewah

3. Thailand

Sewa apartemen Thailand. (Shutterstock)
Sewa apartemen Thailand. (Shutterstock)

Banyak orang yang bilang Thailand punya kemiripan dengan Indonesia dari segi wilayahnya. Namun, dari tarif sewa apartemen, kedua negara ini jelas berbeda.

Negara yang menyandang julukan sebagai Negeri Gajah Putih ini mengenakan tarif dengan besaran 14.332 bath atau Rp 6,4 jutaan buat sewa apartemen satu kamar. Sementara tarif apartemen satu kamar di negara ini sekitar 4.647 bath atau Rp 2 jutaan.

Kalau kamu memilih apartemen tiga kamar di pusat kota negara ini, kamu bakal dikenakan tarif sewa sekitar 42.395 bath atau Rp 18,9 jutaan. Lain dengan apartemen tiga kamar di pinggir kota, tarif sewanya sekitar 20.839 bath atau Rp 9,3 jutaan.

4. Filipina

Sewa apartemen Filipina. (Shutterstock)
Sewa apartemen Filipina. (Shutterstock)

Dibanding Thailand, tarif apartemen di negara tetangga Indonesia yang satu ini mirip-mirip sama Indonesia. Yap! Tarif sewa apartemen di sana beda-beda tipis dengan di sini.

Asal tahu aja nih, di Filipina, menyewa apartemen satu kamar di pusat kota bakal dikenakan tarif 12.794 peso atau Rp 3,5 jutaan. Sementara itu, apartemen satu kamar di pinggiran kota, tarifnya mencapai 7.327 peso atau Rp 2 jutaan.

Berbeda dengan apartemen tiga kamar di pusat kota yang punya tarif sewa sekitar 27.984 peso atau Rp 7,6 jutaan, di pinggiran kota, kamu bakal dapat tarif 14.985 peso atau Rp 4,1 jutaan.

5. Malaysia

Sewa apartemen Malaysia. (Shutterstock)
Sewa apartemen Malaysia. (Shutterstock)

Rupanya nih, tarif sewa apartemen di Malaysia lebih mahal ketimbang di Indonesia. Lho, memangnya seberapa mahal tarif sewa hunian ini di sana?

Di Malaysia, apartemen satu kamar di pusat kota disewakan dengan tarif 1.533 ringgit Malaysia atau Rp 5,3 jutaan. Sementara itu, di pinggiran kota tarifnya 974 ringgit Malaysia atau Rp 3,3 jutaan.

Nah, apartemen tiga kamar di pusat kota punya tarif sewa 2.692 ringgit Malaysia atau Rp 9,3 jutaan. Lain dengan di pinggiran kota, tarifnya 1.666 ringgit Malaysia atau Rp 5,8 jutaan.

6. Vietnam

Sewa apartemen Vietnam. (Shutterstock)
Sewa apartemen Vietnam. (Shutterstock)

Di Vietnam, tarif sewa apartemen jauh lebih mahal ketimbang di Indonesia. Buat apartemen satu kamar di tengah kota, tarifnya 8,8 juta dong Vietnam atau Rp 5,5 jutaan. Sementara itu, apartemen satu kamar di pinggir kota, tarifnya 5,7 juta dong Vietnam atau Rp 3,5 jutaan.

Apartemen tiga kamar di pusat kota punya tarif sebesar 19,2 juta dong Vietnam. Beda dengan di pinggir kota, tarif sewa apartemen tiga kamar di sana mencapai 12 juta dong Vietnam atau Rp 7,4 jutaan.

7. Kamboja

Sewa apartemen Kamboja. (Shutterstock)
Sewa apartemen Kamboja. (Shutterstock)

Sewa apartemen di Kamboja ternyata lebih mahal ketimbang sewa apartemen di Indonesia. Apartemen satu kamar yang berlokasi di pusat kota disewakan dengan tarif Rp 6 jutaan. Sementara yang berlokasi di pinggiran kota kenakan tarif sewa Rp 3,4 jutaan.

Kalau apartemen tiga kamar yang berlokasi di pusat kota, sewa per bulannya Rp 14 jutaan. Di pinggiran kota apartemen tiga kamar disewakan Rp 7,8 jutaan per bulannya.

8. Laos

Sewa apartemen Laos. (Shutterstock)
Sewa apartemen Laos. (Shutterstock)

Tarif sewa apartemen di negara ini juga lumayan mahal lho. Per bulannya kamu mesti bayar Rp 9,2 jutaan buat apartemen satu kamar. Kalau di luar kota, tarif per bulan apartemen satu kamar sekitar Rp 5,6 jutaan.

Gimana dengan apartemen tiga kamar di pusat kota? Kalau apartemen yang satu itu, tarif sewanya sekitar Rp 25 jutaan. Beda dengan yang di pinggiran kota, tarifnya Rp 19 jutaan.

9. Myanmar

Sewa apartemen Myanmar. (Shutterstock)
Sewa apartemen Myanmar. (Shutterstock)

Di Myanmar pun demikian. Tarif sewa apartemen di negara ini juga cukup mahal. Apartemen satu kamar di pusat kota dikenakan tarif Rp 9 jutaan. Kalau di pinggiran kota, tarifnya Rp 5,5 juta.

Buat apartemen tiga kamar di pusat kota, tarifnya Rp 24 jutaan. Di pinggiran kota, sewa apartemen tiga kamar dikenakan tarif Rp 16 jutaan.

Ternyata, dibandingkan dengan Indonesia, tarif sewa apartemen di negara-negara Asia Tenggara di atas gak mahal-mahal amat ya.

Buat kamu yang berpikiran mau kerja di salah satu negara di atas, pertimbangkan gaji yang didapat per bulannya ya. Dengan begitu, kamu nantinya jadi gak berat-berat amat bayar keluarkan uang buat bayar sewa apartemen. (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!