Seharga Rp 145 Triliun, Yuk Intip Kapal Perang Termahal di Dunia Ini

3 menit
Kapal perang termahal di dunia ternyata milik Amerika Serikat.

Harga kapal yacht memang luar biasa mahal, tapi mau gimana juga kapal perang lebih mahal ketimbang kapal mewah tersebut. Lha wong isinya saja senjata hingga bisa jadi landasan pesawat tempur.

Bicara soal kapal perang termahal di dunia, ternyata kapal perang Amerika Serikat yang berhasil menyandang predikat itu.

Adalah USS Gerald R. Ford, kapal tempur yang harganya mencapai US$ 10 miliar atau setara dengan Rp 145 triliun! Tapi tetap saja, angka sebesar itu masih di bawah total kekayaan keluarga Hartono yang mencapai US$ 35 miliar atau Rp 511 triliun.

Ingin tahu fakta-fakta soal kapal perang termahal di dunia ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Bingung Kembangkan Karier di Perusahaan Ternama Atau Startup, 5 Hal Ini Bisa Meyakinkanmu

1. Diambil dari nama Presiden Amerika Serikat ke 38

Gerald Ford (Shutterstock).

Walaupun ada embel-embel Ford di nama kapal perang ini, bukan berarti ini adalah kapal buatan produsen mobil Ford ya. Nama ini diambil dari nama Presiden AS yang ke 38 yaitu Gerald Rudolf Ford.

Ford berkuasa di Negeri Paman Sam pada 1974 hingga 1977, menggantikan Richard Nixon yang mundur karena skandal Watergate. Saat dia naik ke tampuk kekuasaan, Ford menunjuk seorang tajir dari keluarga berpengaruh di Amerika untuk menjadi wakilnya. Dialah Nelson Rockefeller.

Semasa mudanya, pria yang wafat pada 2006 silam ini adalah seorang pemuda gagah yang jago main sepakbola. Saat Perang Dunia II pecah, dia pun bergabung dalam dinas militer di divisi Angkatan Laut.

Usai perang berakhir, dia justru memilih karier politik dengan bergabung di DPR. Hingga akhirnya, Ford berhasil menduduki kursi Wapres usai Spiro T. Agnew (wakil Nixon) mengundurkan diri.

Saat menjabat sebagai presiden, Ford yang memberi restu pada Presiden Soeharto menginvasi Timor Timur agar wilayah itu gak jatuh ke tangan komunis, seperti halnya Vietnam.

2. Pembangunannya menelan waktu enam tahun

USS Gerald R. Ford (Navy Times).

Proses perakitan dan pembangunan kapal ini berlangsung pada 2009 lalu. Dan kabarnya, ongkos produksi itu pada awalnya diprediksi cuma US$ 8,4 miliar.

Tapi siapa sangka, karena ada satu dan lain hal, maka ongkos produksi itu jadi meningkat US$ 1,6 miliar. Alhasil ya mencapai US$ 10 miliar itu deh. Dan asal kamu tahu, pembuatan kapal ini melibatkan 5 ribu teknisi lho!

Setelah kapal ini jadi, USS Gerald R Ford diuji coba pada 2016. Dan setelah diuji coba, kapal itu di pulangkan ke markasnya yang terletak di Virginia. Dan saat uji coba, kapal itu memang sempat bermasalah. Alhasil dibuatlah memo oleh Angkatan Laut soal kapal perang itu.

Baca juga: 7 Hal Boros yang Sering Kamu Lakukan Tanpa Sengaja, Hentikan Mulai Sekarang

3. Kapal perang ini canggih parah

USS Gerald R. Ford (Alphacoders).

Jangan ditanya ya soal fitur dan kecanggihan USS Gerald R Ford. Kapal perang ini canggih abis, dan memang pas digunakan buat menjaga kedaulatan Negeri Paman Sam.

Bayangin saja, dek pesawat ini luasnya sampai 2 hektare! Udah sama kayak rumahnya Bob Sadino. Dan sanggup mengangkut 4.667 pasukan, dan 75 pesawat tempur.

Selain itu, kapal perang USS Gerald Ford juga dilengkapi sistem komputer yang mutakhir dan dilengkapi oleh dua reaktor nuklir.

Belum lagi, kapal ini juga dikabarkan sanggup melontarkan 220 serangan misil dalam satu hari! Atau kalau diitung-itung ya setiap enam menit dia bisa melakukan serangan udara. Kabarnya kemampuan itu memang dimiliki USS Gerald Ford karena perangkat elektromagnetik yang dia miliki.

Belum lagi nih, USS Gerald Ford juga sering kali sulit terdeteksi oleh radar musuh. Jadi ibarat kayak kapal perang siluman saja. Keren kan.

Baca juga: Berani Terima Kritik, Salah Satu Kunci Sukses Taylor Swift yang Wajib Diterapkan

Seperti itulah kapal perang termahal di dunia. Kira-kira gimana guys kalau Indonesia punya kapal perang kayak gitu? Apakah masuk akal buat negara kepulauan kayak kita?

Tapi kalau dipikir-pikir, kapal dengan senjata seperti ini apakah berguna ya di era saat ini? Toh kita mau perang sama siapa?

Amerika jelas negara adidaya. Pasukannya saja tersebar kemana-mana. Tentu mereka butuh sistem persenjataan yang mumpuni buat melindungi negaranya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan