Lebih Modern dan Futuristik, Inilah Calon Ibu Kota Korea Selatan yang Baru Lho!

4 menit
Ibu kota korea selatan
Lebih Modern dan Futuristik, Inilah Calon Ibu Kota Korea Selatan yang Baru Lho!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma Indonesia, Ibu Kota Korea Selatan juga bakal mengalami pemindahan. Proses pemindahannya pun sudah mereka lakukan sejak tahun 2011 silam, gimana sih pemandangan Ibu Kota Korea Selatan yang baru ini?

Polemik pemindahan Ibu Kota Indonesia belakangan emang menjadi sorotan banget nih! Nah, kali ini kita gak bakal membahas topik yang begitu rumit buat disaksikan oleh warga negara setempat, meskipun pemindahan Ibu Kota Korsel dari Seoul ke Sejong lebih modern dan futuristik. 

Sejong kini mulai berbenah diri untuk mendukung kegiatan-kegiatan administratif pemerintahan nantinya. Berikut ini beberapa alasan kenapa Ibu Kota Korea Selatan dipindahkan ke Sejong dan bagaimana perkembangannya sekarang. 

Baca juga: Ini 15 Artis Korea dengan Bayaran Termahal, Ada yang Sampai Rp 1,25 Miliar Lho!

Seoul sudah terlalu padat jadi alasan utama pindahnya Ibu Kota Korea Selatan

Ibu Kota Korea Selatan
Seoul sudah terlalu padat jadi alasan utamanya pindahnya Ibu Kota Korea Selatan, (sejong.go.kr).

Sama seperti Indonesia, alasan pemindahan Ibu Kota Korea Selatan ini karena soal kepadatan populasi. Sekitar 50 persen masyarakat Korsel tinggal di Ibu Kota Seoul. Artinya, ada 25 juta orang di kota seluas 5.000 mil persegi. 

Padatnya penduduk itu membuat berbagai permasalahan di Seoul menumpuk, seperti kemacetan, ancaman polusi udara, harga rumah yang melonjak tinggi dan sulit digapai masyarakat menengah ke bawah, dan beberapa permasalahan lainnya. Belum lagi ditambah banjirnya kunjungan para wisatawan yang setiap tahun semakin meningkat. 

Saking penuhnya, Seoul masuk dalam daftar kota terpadat di dunia bersama dengan New York dan Jakarta. 

Selain permasalahan populasi, pemerataan ekonomi juga menjadi pertimbangannya. Selama ini persebaran ekonomi terlalu terpusat ke kota Seoul yang artinya pemerataannya sangat kurang dirasakan oleh kota-kota lainnya. 

Baca juga: Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini Hal Terpenting yang Harus Dipahami Investor Saham

Rencana pemindahan Ibu Kota Korea Selatan sudah dari 2002 silam

Ibu Kota Korea Selatan
Sejong bakal lebih modern dan furturistik lho, (sejong.go.kr).

Pertimbangan untuk memindahkan Ibu Kota Korea Selatan sudah dibicarakan jauh sebelumnya. Tepatnya di tahun 2002, presiden saat itu Roh Made menjadikan agenda ini menjadi ambisinya. 

Pada tahun 2004, akhirnya rencana ini disetujui oleh para pejabat lainnya dan dipilihlah sebuah daerah baru di Provinsi Chungchong Selatan. Pertimbangannya adalah karena letak kota strategis dan aksesnya yang terbilang mudah, sehingga bisa tercipta konektivitas dengan daerah-daerah lainnya. 

Sementara rencana pembangunannya sebenarnya dimulai pada tahun 2007, namun realisasinya selalu mundur dan mulai dikerjakan pada tahun 2011. Sementara pemberian nama calon ibu kota ini baru disematkan di tahun 2012 dengan nama Sejong. 

Baca juga: Lampaui Jakarta, Ini 10 Kota Dunia yang Keamanannya Terjamin dan Kasih Gaji Besar

Beberapa fungsi administratif Ibu Kota sudah dipindah ke Sejong, termasuk kantor kementerian

Ibu Kota Korea Selatan
Sejong sudah mulai difungsikan sebagai ibu kota yang baru bagi Korsel, (sejong.go.kr).

Proses pembangunan Sejong sudah dilakukan sejak tahun 2011. Berbagai infrastruktur pendukung untuk pemerintahan dibangun, seperti jalan, gedung-gedung pencakar langit, perkantoran, apartemen, kafe, dan ruang terbuka hijau. 

Hingga kini, beberapa lembaga pemerintahan sudah berhasil dipindahkan sebagian, dari 18 kementerian 10 di antaranya telah memindahkan kantornya ke Sejong, mulai dari Kementerian Pendidikan, Tenaga Kerja dan Buruh, Lingkungan, dan Kementerian Dalam Negeri. 

Sejong mengusung konsep smart city

Ibu Kota Korea Selatan
Sejong mengusung smart city lho, jadi gak kalah dengan Seoul, (sejong.go.kr).

Sejong merupakan daerah yang dirancang dari nol dan hanya diisi oleh penduduk-penduduk desa. Tapi kemudian, kini daerah ini bakal menjadi kota metropolitan baru setelah Seoul. 

Sesuai zaman, konsep smart city bakal diterapkan sepenuhnya di calon Ibu Kota Korea Selatan satu ini. Contohnya seperti pengolahan sampah otomatis, gedung-gedung menggunakan tenaga surya, papan petunjuk digital, CCTV di sepanjang area, dan peringatan bencana. 

Selain itu, fokus perhatian pemerintah Korsel adalah menyediakan kota metropolitan, yang memiliki biaya hidup murah. Hal ini untuk menarik minat masyarakat khususnya di Seoul beramai-ramai hijrah ke kota Sejong. 

Pembangunannya belum sepenuhnya selesai dan masih banyak kekurangan

Ibu Kota Korea Selatan
Pembangunannya belum sepenuhnya selesai dan masih banyak kekurangan, (sejong.go.kr).

Meski sudah berjalan hampir 10 tahun pembangunan, sayangnya daerah ini masih belum bisa menarik minat warga Korsel seutuhnya. Hal ini karena ada beberapa kekurangan yang dinilai oleh para pakar sangatlah vital, yaitu kurangnya fasilitas publik. 

Sudah ada banyak warga yang menempati Ibu Kota Korsel yang baru ini. Setidaknya lebih sekitar 200 ribuan orang berhasil pindah ke Ibu Kota Korsel yang baru ini, tapi sayangnya, fasilitasnya belum memadai, seperti misalnya minim rumah sakit, hotel, ruang terbuka hijau masih kurang, dan puat perbelanjaan. 

Selain itu, kamu juga akan merasa kesulitan dengan akses transportasi umumnya. Hanya ada satu transportasi andalan yaitu bus, sementara Seoul memiliki jalur kereta dan kereta bawah tanah. 

Buat kamu yang berminat buat plesiran ke Ibu Kota Korsel baru ini bisa nih dari sekarang melirik agen traveling. Meskipun belum seramai layaknya Seoul, keindahan kota Sejong bisa kamu nikmati.

Wajar saja jika masih minim fasilitas, karena proses pembangunannya juga belum rampung seutuhnya. Berdasarkan rencana Pemerintah Korsel di tahun 2002 silam, proses pemindahan Ibu Kota Korea Selatan ini diperkirakan bakal rampung seutuhnya pada tahun 2030. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.