Cetak Perancang Busana Andal, Ini 5 Sekolah Fashion Design Ternama Indonesia!

4 menit
fashion design
Fashion design (Instagram/@bellashofie_rigan)

Banyak orang yang ingin belajar fashion design untuk mengasah kemampuannya. Pasalnya, berbisnis di industri fashion memang sangat menjanjikan dan bisa menghasilkan banyak uang. 

Berbagai merek terkenal terus merajai dunia fashion di seluruh dunia. Seperti brand Hermes, Louis Vuitton, Gucci yang meski harga per produknya sangat fantastis, tapi tetapi menjadi incaran banyak orang.

Sementara di Indonesia, ada Sebastian Gunawan, Biyan, Anne Avantie dan desainer ternama lainnya. Bahkan, beberapa karya perancang busana Tanah Air mulai dilirik artis papan atas dunia.

Misalnya, karya fashion desainer terkenal Tex Saverio yang pernah dipakai Jennifer Lawrence dalam film “The Hunger Games: Catching Fire”.

Namun, untuk menjadi seorang perancang andal yang karyanya diakui dunia, kamu harus memiliki kemampuan yang mumpuni agar dapat bersaing dengan para fashion desainer lain.

Untuk mengembangkan kemampuan tersebut, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menimba ilmu di sekolah khusus fashion design.

Bahkan, beberapa perancang busana terkenal Indonesia diketahui merupakan jebolan sekolah fashion lho. Salah satunya, Dian Pelangi yang merupakan alumni Esmod Jakarta.

Kali ini MoneySmart ingin memberikan rekomendasi sekolah fashion design favorit di Indonesia. Apa saja? Berikut, lima di antaranya:

1. LaSalle College International Jakarta

fashion design
Fashion design (Instagram/@lasalleindonesia)

LaSalle Collage International Jakarta (LCI) merupakan salah satu sekolah fashion yang menerapkan kurikulum atau program pengajaran di Kanada.

Sekolah bertaraf internasional ini juga sudah memiliki dua kampus yang berada di Jakarta dan Surabaya.

Ada beberapa program yang ditawarkan LCI, yakni fashion design, interior design, fashion business, artistic make-up, digital media design dan photography.

Itulah mengapa, sekolah fashion yang satu ini memang layak untuk diperhitungkan. Jika ingin tahu lebih lengkapnya, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya.

Baca juga: Ada Anaknya Prabowo! 5 Desainer Indonesia Ini Jadi Langganan Beyonce hingga Rihanna!

2. Akademi Seni Rupa dan Desain (ASRIDE) ISWI

fashion design
Fashion design (Instagram/@iswi_fashionacademy)

Akademi Seni Rupa dan Desain (ASRIDE) ISWI merupakan sekolah fashion pertama yang ada di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1981.

Sudah banyak sekali fashion desainer terkenal di Indonesia yang merupakan jebolah dari ASRIDE ISWI ini, seperti Lenny Agustin, Etty Bachetta, Dina Midiani hingga Susan Budiharjo.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs resminya, untuk pendaftarannya dibagi menjadi tiga gelombang yang masing-masing gelombang diberikan potongan diskon yang berbeda-beda.

Selain itu, kamu juga harus membayar biaya pendaftaran dan formulir sebesar Rp 400 ribu.

3. Bunka School of Fashion

fashion design
Fashion design (Instagram/@bunkaschooloffashion)

Bunka School of Fashion didirikan pertama kali di Tokyo, Jepang tahun 1919. Namun, karena kesuksesannya di dunia fashion, membuat sekolah mode yang awalnya bernama Namiki Dressmaking School ini membuka cabang di hampir seluruh belahan dunia.

Beberapa program yang ditawarkan oleh Bunka yaitu pembelajaran pola, fashion design, fashion handycraft, teknik menjahit, pop cutting hingga merchandising. Jadi, memang sengaja dibuat untuk murid yang belum bisa apa-apa sampai jago.

Salah satu desainer ternama Tex Saverio diketahui merupakan alumni dari Bunka School of Fashion lho.

4. Esmod Jakarta

fashion design
Fashion design (Instagram/@esmodjakarta)

Esmod Jakarta bisa dibilang menjadi salah sekolah fashion favorit yang banyak dipilih orang untuk mengembangkan bakatnya di dunia mode.

Sekolah yang berdiri sejak tahun 1996 ini juga sudah menelurkan banyak desainer sukses ternama, seperti Dian Pelangi, Restu Anggaraini hingga Oscar Lawalata.

Ada beberapa program yang ditawarkan dengan waktu belajar yang berbeda, seperti fashion design & creations (3 tahun), international fashion business (3 tahun), fashion design & pattern drafting (program intensif 1 tahun).

Gak cuma itu, sekolah mode yang berlokasi di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan ini juga membuka kelas kursus untuk tingkat pemula hingga expert selama empat hingga enam pekan.

5. Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo

fashion design
Fashion design (Instagram/@bellashofie_rigan)

Selanjutnya ada Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo yang tak lain adalah sekolah mode ternama di Indonesia. Nama Susan Budihardjo pun sudah sangat terkenal di dunia fashion Indonesia.

Sekolah mode yang berdiri sejak tahun 1980 ini juga telah melahirkan para desainer kondang Tanah Air, seperti Sebastian Gunawan, Chenny Han dan bahkan artis cantik Bella Shofie juga jebolah dari LPTB Susan Budihardjo .

Banyak sekali program belajar yang ditawarkan di LPTB Susan Budihardjo, mulai dari fashion design class, anatomy draring class, textile design class, fashion research dan masih banyak lagi.

Saking terkenalnya, gak heran kalau sekolah fashion yang satu ini tak hanya membuka sekolah di Jakarta, tapi juga di Surabaya dan Semarang.

Itulah lima sekolah fashion design favorit di Indonesia yang sudah menelurkan banyak para perancang busana terkenal di Indonesia. Tertarik menggali kemampuanmu di salah satu sekolah mode di atas? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.